Windows 11/10 memiliki kunci layar untuk mencegah pengguna lain mengakses perangkatmu — sudah dilengkapi dengan PIN, password bahkan Windows Hello. Namun, kadang muncul masalah yang cukup mengganggu dimana setelah beberapa detik tidak aktif, layar perangakt akan mengunci secara otomatis dan kamu harus memasukan PIN, password dan Windows Hello untuk mengaktifkannya kembali.

Nah, dikesempatan kali ini WinPoin ingin membagikan cara untuk memperbaiki hal yang menjengkelkan tersebut dan diharapkan, solusi dari WinPoin kali ini dapat memperbaiki Windows 11/10 milikmu dari masalah mengunci layar secara otomatis.

1. Meningkatkan Waktu Lock Screen

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat memulainya dengan memverifikasi durasi waktu tunggu layar kunci yang sudah diatur pada PC kamu. Windows akan terus mengunci jika durasi yang diatur olehmu adalah 1 atau 2 menit. Jadi, silakhkan ubah durasinya menjadi lebih lama dan kalau kamu tidak tahu caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pergi ke Settings > System > Power & battery
  • Pada menu tersebut, silahkan cari opsi Screen and sleep
  • Selanjutnya, kamu tinggal ubah aja durasi layar kunci di perangkatmu menjadi lebih lama atau kamu juga dapat mengatur durasi waktu tersebut ke “Never” agar Windows tidak membuat PC kamu tertidur.

2. Matikan Dynamic Lock

Dynamic Lock adalah sebuah fitur yang cukup bagus di Windows yang mana akan secara otomatis mengunci PC ketika kamu meninggalkannya tanpa pengawasan. Ini dapat dilakukan setiap kali perangkat Bluetooth yang sudah dipasangkan menjauh atau keluar dari jangkauan.

Baca juga:

Jadi, jika kamu telah mengaktifkan Dynamic Lock, maka Windows akan terus mengunci sendiri secara otomatis, terlepas dari batas waktu layar kunci yang sudah kamu tetapkan. Kalau kamu gak suka dengan hal ini, kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut.

3. Modifikasi Power Option

Jika solusi yang WinPoin bagikan di atas belum membantu kamu mengatasi masalah kamu, maka kamu bisa coba mengakses opsi daya untuk mengubah ‘System unattended sleep timeout’.

  • Buka Control Panel
  • Navigasi ke Power Options dan kemudian pilih klik ‘Change plan’ pada menu tersebut
  • Diikuti dengan Change advanced power settings
  • Di jendela Power Options, klik ikon (+) pada Sleep untuk memperluas menunya.
  • Kemudian, klik ikon (+) di opsi Sleep After untuk melihat durasi yang sudah disetel.
  • Ubah batas waktu layar sesuai keinginan kamu dan klik Terapkan untuk menyimpan perubahan.

Itulah dia beberapa tips dari WinPoin untuk mengatasi masalah layar yang mengunci otomatis, semoga tips dari WinPoin kali ini dapat membantumu mengatasi masalah tersebut. 😁

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.