via WindowsCentral

Dari Zac Bowden di Windows Central, terungkap bahwa Microsoft pernah akan merilis sebuah ponsel fitur berbasis Windows Phone, dan perangkat tersebut ternyata sudah mendapatkan sertifikasi di Indonesia pada tahun 2015 yang lalu!

Sayangnya, tahun itu juga menandakan masa transisi yang berat di mana Microsoft mulai tidak yakin dengan bisnis ponsel ini dan akhirnya Satya Nadella membatasi upaya perilisan handset baru, termasuk perangkat feature phone yang sebenarnya menurut saya punya masa depan cerah ini. Perangkat tersebut tidak jadi dirilis di Indonesia melalui Nokia Indonesia sebagaimana diungkap dalam dokumen resminya.

Ponsel ini diberi kode RM-1182. Dari tampilannya, sebenarnya ponsel ini cukup inovatif dengan menggunakan skema tile – saya menyebutnya tile saja karena tidak seperti Windows Phone, tile ini bersifat setengah ‘live’ alias hanya menampilkan keterangan angka saja jika ada pesan atau notifikasi masuk, tidak dapat menampilkan isi pesan seperti halnya Windows Phone yang sesungguhnya. Tentu saja ini bisa dipahami karena konsepnya bukanlah sebuah ponsel pintar, akan tetapi dumb phone. Meskipun demikian, penerapan tile pada sebuah ponsel fitur sebenarnya merupakan ide yang brilian. Saya yakin banyak orang-orang yang merasa bahwa konsep ini intuitif, utamanya orang tua yang suka melihat ikon atau tombol besar-besar dan jelas.

Perangkat ini juga memiliki action center cepat yang mengambil inspirasi dari desain Notification Center dari Windows 10 Mobile. Sayangnya, meskipun sekilas cantik dan canggih, hardware-nya seperti halnya feature phone, yaitu bentang layar 2,5 inci, bodi plastik, kamera 1,92 MP di belakang dan baterai 1200 mAh. Sepertinya bahkan banyak feature phone yang memiliki spek lebih tinggi dari ini. Bagian belakangnya juga dari plastik yang senada dengan smartphone Microsoft keluaran sekitar 2015-2016 (Lumia 640 dan Lumia 950)

via Windows Central

Sayang beribu sayang, perangkat ini tidak jadi dirilis. Sepertinya UI-nya yang unik punya peluang untuk populer di Indonesia. Bagaimana pendapat kamu?

 

Sumber: WindowsCentral

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.