Ini merupakan hal yang cukup umum dan mungkin kamu pernah mengalaminya. Saat kamu membuka aplikasi atau game, muncul Windows Firewall yang menyatakan bahwa Windows Defender telah ‘memblokir beberapa fitur aplikasi ini’. Apakah kamu tahu apa maksudnya dan haruskah kamu mengizinkan akses?

Alasan Pesan Ini Muncul

Pesan ini akan muncul saat aplikasi yang kamu buka ingin bertindak sebagai server dan menerima koneksi. Kamu tidak akan melihat prompt ini untuk sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan seperti browser dan klien email. Biasanya ini terjadi jika kamu menggunakan file yang terkait dengan server media, game dengan multiplayer online, alat berbagi file online, dan aplikasi tipe server lainnya.

Secara default, Windows Firewall akan memblokir koneksi yang masuk. Tapi ini hanya terjadi jika pertama kalinya kamu membuka aplikasi. Jika kamu memilih untuk mengizinkan aplikasi ini, maka koneksi selanjutnya akan langsung lolos tanpa perlu mengonfirmasi ulang.

Haruskah Kamu Mengizinkan Akses?

Jika kotak ini muncul, kamu punya beberapa pilihan. Kamu bisa mengklik “Allow Access” dan mengizinkan koneksi masuk melalui firewall, atau kamu bisa mengklik “Cancel” dan firewall akan terus memblokir koneksi masuk untuk aplikasi itu.

Kamu bisa memilih tipe jaringan mana yang ingin kamu beri izin koneksi. Misalnya, kamu bisa mengizinkan aplikasi server media hanya di jaringan pribadi. Jadi, saat kamu menggunakan laptop untuk terhubung di Wi-Fi publik, maka aplikasi yang bertipe server media tidak akan terkoneksi dengan laptop kamu.

Saat kamu terhubung ke jaringan, kamu bisa memilih apakah jaringan ini bersifat publik atau pribadi. Windows tidak akan mengetahuinya secara otomatis. Kamu bisa mengubah opsi untuk jaringan ini nanti di Control Panel atau di Pengaturan.

Jika kamu mempercayai aplikasi itu dan ingin menggunakan semua fiturnya, maka kamu perlu mengizinkan akses. Jika kamu menolak izin akses untuk game PC, maka kamu tidak akan bisa menjadi host untuk game multiplayer. Aplikasi seperti klien Torrent juga memerlukan akses ini untuk mengunggah data ke sistem lain di Internet.

Jika kamu tidak mengenali nama aplikasinya, maka kamu perlu mencari di web untuk menemukan informasi lebih lanjut. beberapa tipe malware menyamar sebagai server dan mungkin memicu peringatan firewall. Jalankan pemindaian dengan program antivirus kamu jika kamu merasa PC kamu mungkin kemasukan malware.

Cara Mengizinkan atau Tidak Mengizinkan Akses Nanti

Windows Firewall tidak akan menanyakan dua kali dalam aplikasi yang sama, namun kamu bisa mengubah pengaturan untuk mengizinkan atau menolak aplikasi semacam ini di masa mendatang. Untuk melakukan ini, buka Control Panel > System and Security > Windows Defender Firewall > Allow. Setelah mengikuti petunjuk itu, kamu bisa mengizinkan aplikasi tertentu untuk melewati Windows Defender Firewall.

Klik “Ubah Pengaturan” untuk membuka kunci pengaturan. Letakkan aplikasi di daftar, lalu kemudian klik kotak centang Publik atau Pribadi untuk mengatur apakah aplikasi tersebut ‘diizinkan’ atau ‘ditolak’. Kalau kamu tidak mencentang kotak di sebelah aplikasi, maka aplikasi itu tidak akan diizinkan untuk terhubung, baik ke jaringan publik maupun jaringan pribadi. Kalau dicentang kedua-duanya, maka baik saat kamu berada di jaringan publik maupun pribadi, aplikasi kamu akan tetap terhubung.

Cara Menonaktifkan Notifikasi

Kalau kamu memilih untuk tidak melihat notifikasi ini meskipun Windows tetap secara otomatis memblokir koneksi yang diminta, caranya gampang. Kamu cukup menuju Control Panel > System and Security > Windows Defender Firewall > Change notification.

Untuk menonaktifkan notifikasi, hapus centang pada opsi ” Notify me when Windows Defender Firewall blocks a new app”. Ada dua opsi di sini, yang satu untuk jaringan pribadi, dan satunya lagi untuk jaringan publik.

Dengan melakukan ini, maka kamu tidak akan lagi diganggu oleh notifikasi yang menyatakan bahwa Windows Defender memblokir beberapa fitur aplikasi yang kamu gunakan.

Sumber: HowtoGeek

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.