Home Editorial #WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

#WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

#WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

Pernah melihat file thumbs.db, desktop.ini atau .DS_Store? Kalau belum, coba aktifkan hidden file maka kamu akan melihat file-file tersebut. Kebanyakan orang mengira kalau file-file itu adalah file sampah dan tidak sedikit orang mengabaikan keberadaan mereka. Sistem menciptakan file-file ini untuk mempercepat penyimpanan pengaturan ke depannya, tapi kamu bisa mencegah beberapa dari file ini untuk dibuat kembali.

Kali ini dalam seri #WinExplain WinPoin akan menjelaskan; apa itu file thumbs.db, apa itu file desktop.ini, dan apa itu file .DS_Store. Semoga seri kali ini akan memuaskan pertanyaan yang selama ini kamu simpan dalam-dalam.

 

Apa itu thumbs.db?

#WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

File thumbs.db sebenarnya adalah sebuah database thumbnail, ya itu adalah nama sebenarnya. Setiap kali kamu membuka sebuah folder di Windows Explorer atau File Explorer yang memiliki gambar atau foto, Windows akan membuat thumbnail dari gambar tersebut. Ini berguna untuk kedepannya agar lebih cepat ketika kamu mencari file gambar tersebut. Kemudian Windows menyimpan thumbnail dari gambar-gambar tersebut di dalam thumbs.db. Setiap kali kamu membuka folder yang ada gambar atau foto, thumbnail akan tercipta dari thumbs.db.

Jadi kamu tidak perlu kawatir dengan adanya file thumbs.db, ini sangat wajar. Apalagi file ini dibuat oleh sistem dalam keadaan hidden file. Tapi untuk beberapa orang, misalnya seorang web server atau desainer web, thumbs.db adalah masalah. Ketika mereka mencoba mengupload gambar ke server, file thumbs.db mungkin akan ikut.

Untuk mencegah Windows membuat file thumbs.db secara otomatis, kamu bisa mengaturnya di Group Policy Editor atau Registry Editor (tapi tidak untuk setiap orang).

Jika kamu menggunakan Group Policy Editor, caranya tekan Win+R dan ketikkan gpedit.msc dan tekan Enter. Kemudian buka User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > File Explorer. Lalu klik dua kali pengaturan Turn off the caching of thumbnails in hidden thumbs.db files dan pilih opsi Enabled.

#WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

 

Kalau kamu menggunakan Registry Editor, tekan Win+R dan ketikkan regedit dan tekan enter. Setelah itu buka HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Explorer\Advanced. Klik dua kali pada DisableThumbnailCache dan atur value menjadi 1. Kalau kamu tidak melihat DisableThumbnailCache, buat sendiri dengan cara klik kanan dan pilih New>DWORD dan atur value menjadi 1.

#WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

File thumbs.db adalah sebuah database thumbnail gambar di dalam folder tersebut

Apa itu desktop.ini?

Windows membuat file desktop.ini secara otomatis dan secara tersembunyi. Bukan hanya tersembunyi saja, mereka juga dilindungi oleh sistem operasi. Kamu tidak akan bisa melihat file ini jika tidak mematikan Hide Protected Operating System Files (Recommended) di pengaturan File Explorer.

Windows menggunakan file desktop.ini untuk mengetahui folder mana yang harus ditampilkan. Sebagai contoh, ketika kamu ingin memindahkan folder system maka Windows akan memberitahu kamu kalau folder tidak perlu dipindahkan. Beberapa folder sistem juga memiliki icon unik milik mereka sendiri. Ini adalah sedikit informasi yang disimpan pada file desktop.ini.

Kita tidak perlu menghentikan Windows untuk membuat file seperti ini, kalau kamu tidak ingin melihatnya, maka atur Windows untuk tidak menampilkannya.

File desktop.ini dibuat Windows untuk mengatur Folder

Apa itu .DS_Store?

Kalau file yang satu ini kamu tidak akan melihatnya di Windows, kamu bisa menemukannya di Mac OS X. File .DS_Store adalah file yang dibuat Mac OS X untuk pengaturan foldernya sama seperti file desktop.ini di Windows. File ini dimuali dengan huruf a dan disembunyikan oleh sistem operasi Mac OS X dan sistem operasi Unix lainnya. Kamu tidak akan bisa melihatnya di Mac kecuali jika kamu menggunakan cara advance untuk melihatnya.

File .DS_Store berisi tentang informasi posisi icon dalam folder, background folder, dan informasi lainnya. Ketika kamu membuka sebuah folder di Finder, Finder akan membaca file ini dan menampilkan isi dari folder tersebut. Ketika kamu mengganti pengaturan ini, Finder akan menyimpan pengaturan di file .DS_Store.

#WinExplain: Apa itu File thumbs.db, desktop.ini dan .DS_Store?

Mac biasanya akan membuat file .DS_Store bahkan di folder shared network, dan ini bisa menjadi masalah. Sebagai contoh, file .DS_Store hanya akan menjadi tambahan yang membingungkan bagi pengguna Windows di network tersebut.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Mac OS X memberikan cara untuk mencegah file .DS_Store dibuat tetapi hanya untuk folder share network. Caranya dengan membuka Terminal (tekan Command+Space, ketikkan Terminal dan tekan Enter). Kemudian ketikkan perintah di bawah ini dan tekan enter.

defaults write com.apple.desktopservices DSDontWriteNetworkStores true

Untuk mengembalikan pengaturan diatas seperti pengaturan semula, ketikkan perintah seperti di bawah ini.

defaults write com.apple.desktopservices DSDontWriteNetworkStores false

Tidak ada cara untuk mencegah Mac OS X untuk membuat file .DS_Store tanpa bantuan software pihak ketiga. Bagaimana pun juga, biarkan ia tersembunyi di Finder dan kamu tidak akan melihatnya.

File .DS_Store dibuat Mac OS X untuk mengatur folder sama seperti desktop.ini di Windows

 

File-file seperti ini sebenarnya digunakan oleh beberapa software, sebagai contoh control programs atau file upload. Idealnya, program menggunakannya untuk memudahkan kita sebagai user. Jadi sebaiknya kamu biarkan mereka untuk melakukan tugasnya dengan benar.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.