Pada tanggal 5-9 September kemarin adanya event tahunan di Yogyakarta. Yap Jogja Komtek, dimana acara ini berlangsung di JEC (Jogja Expo Center) serta menghadirkan berbagai pameran teknologi mulai dari produk laptop hingga aksesoris murah meriah dan challenge. Meski tidak semua author maupun moderator Winpoin bisa hadir, jadi sebagai perwakilan saya datang dengan mata yang masih ngantuk, meskipun niatnya sekedar Hands On doang sih hehehe.

Ada banyak sekali booth dan stand yang dibuka, terutama yang buat saya terkejut ialah sebagian besar semua produk – produk laptop yang di jual menggunakan Windows 10, jadi jelas tidak mengherankan kalau Windows 10 banyak digunakan dan jumlahnya akan terus bertambah .

Karena terlalu banyak Stand dan booth yang di buka sehingga bingung mau kemana dulu jadi saya menemukan 3 Booth yang menarik buat kamu pembaca WinPoin tentunya, dan berikut saya ringkas 3 booth tersebut :

 

HP Tablet Stream 8

tab-8-stream-2

Tablet ini Salah satu yang membuat saya tertarik serta menjadi tablet Windows pertama yang saya Hands On. Awalnya saya kira tablet ini seutuhnya hanya ada Modern App seperti Windows Phone umumnya ternyata sama persis dengan dengan yang ada di Dekstop (Oke cukup jangan bilang saya norak -_-) .

Tablet Windows ini spesifikasinya cukup gahar dengan menggunakan prosesor Intel Atom Z3735G Quadcore, meskipun untuk RAM nya masih tertambat di angka 1 GB. Untuk OS nya masih menggunakan Windows 8.1 with Bing, namun bisa di upgrade ke Windows 10 tentunya.

Kamera belakang dijejali sensor 5MP dan untuk selfie serta video call kamera depannya 2 MP. Daya tahan baterainya juga lumayan karena sudah menggunakan baterai 4000 mAh Li-Po, namun sayang memori Internal 32 gb dan maksimal memori eksternal 32 gb juga .

Untuk harga promosi sekarang ialah Rp. 3.100.000 ,- mungkin harga pasaran sekarang tidak jauh beda ya. Karena harganya terlalu mahal untuk anak perantau seperti saya, jadi saya urungkan niat untuk membeli serta tetap memberikan senyuman kepada mbak – mbak yang nawarin pastinya hehe.

Intel Booth : Body Mass Index

intel-booth-2

Semakin hari yang terlewati tentu harus ada satu perubahan. Dulu kalau nimbang berat dan tinggi badan mesti ke Puskesmas dulu dengan alasan bikin Surat Sehat, ada juga yang menggunakan timbangan portabel tapi tidak ada pengukur tinggi badannya. Nah gimana kalau semua hal itu langusng bisa di lakukan dengan sensor komputer ?

Yap, inilah salah satu ide dari dosen UII dimana proyek ini sangat inovatif sekali. Do booth ini saya tidak terlalu memperhatikan mbak – mbak cantiknya menjelaskan (masih fokus dengan cara kerjanya soalnya hehe). Btw alat ini menggunakan Intel Galileo . Intel Galileo sendiri ialah komputer berukuran mini berbasis Intel yang dirancang untuk digunakan sebagai pengendali pada berbagai perangkat elektronik. Tidak seperti komputer pada umumnya yang tidak dapat secara langsung dihubungkan dengan komponen input dan output seperti saklar, relay, lampu, sensor ataupun motor listrik, Galileo dilengkapi dengan pin yang dapat langsung dikoneksikan dengan komponen-komponen tersebut. Hal ini membuat Galileo cocok untuk digunakan dalam perancangan berbagai macam produk cerdas (smart device).

Hasil Pengamatan saya sendiri, alat ini masih belum beroperasi dengan optimal dimana saat pengujian masih belum bisa memastikan dengan pasti berat dan tinggi badan. Tapi tentu saja karena ini masih dalam tahap pengembangan jadi kita tunggu saja apakah ini nantinya akan digunakan secara global atau hanya ada di Indonesia saja ;) .

Meet Up With Nixia

WP_20150906_20_04_09_Pro

Awalnya juga sempat kaget kok ada Pacarku Gamer Pro kaliber Internasional disini? Mau belanja kah dia? Dan ternyata sudah 2 hari di acara ini diadakan Meet Up with Nixia dan untungnya saya ada di kloter terakhir dalam event tersebut. Tapi sayangnya hanya Leader Nixia yang datang di kloter terakhir :/ .

Nixia disini berbagi kisah tentang dirinya yang kemana – mana bermain games dan tak luput juga menjelaskan mulai dari apa saja hal – hal yang ia siapkan untuk gamingnya sendiri. Banyak hal dari yang ia jelaskan dari persiapan gamingnya namun satu hal yang membuat Monica Carolina ini menjadi lebih semangat saat ia menjelaskan tentang Direct X 12 yang hanya ada di Windows 10 saja.

Setelah acara meet up rencananya mau di wawancara face to face, namun apa daya mbak Nixia sendiri kelelahan jadi sekali lagi urungkan niat tersebut, tapi untunglah masih bisa tanya jawab di Facebook meski hanya sekali saja pesan yang terbalas. Saya bertanya tentang OS yang ia gunakan dan balasannya “Nixia menggunakan OS Windows 10 di Laptop untuk latihan Outdoor dan OS Windows 8.1 di Komputer . ” 

 

Oke sekali lagi jangan Iri dengan Pria Baju Kemeja tersebut , karena Event ini event tahunan jadi buat yang belum sempat mampir tunggu tahun depan dan berharap Nixia datang lagi ;)

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.