Cortana, Siri, Hingga Google Now Bisa Dihack dengan "Bisikan" Tak Terdengar

Microsoft memang sangat gencar dalam hal pengembangan AI (Artificial Intelligence / Kecerdasan Buatan) — termasuk mengintegrasikannya ke seluruh jajaran aplikasi dan layanannya. Setelah Windows 10 dijejali smart assistant Cortana dan Skype ditanami AI chatbots, kini giliran jajaran Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Outlook yang bakal dilengkapi dengan Kecerdasan Buatan.

Excel

Word, Excel, dan Outlook Bakal Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Excel bakal dilengkapi dengan Insight, sebuah fitur yang melibatkan AI untuk menemukan pola data, sehingga memudahkan kamu dalam mengeksplorasi dan menganalisa data. Dengan didukung oleh Machine Learning, Insight di Excel bakal bisa menemukan trend, outliers, dan visualisasi penting lainnya — membuat kamu bisa mendapatkan perspektif data dengan mudah dan otomatis.

Fitur Insight di Excel ini sudah bisa dinikmati member Office Insider mulai bulan ini.

Word

Word, Excel, dan Outlook Bakal Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Word bakal dilengkapi dengan Acronym, sebuah fitur yang melibatkan AI untuk menemukan akronim dari sebuah kata / istilah yang sering dipakai di organisasi tersebut. Machine learning bakal mendeteksi seluruh email dan dokumen, lalu menemukan pola akronim / istilah yang sering dipakai di organisasi tersebut.

Outlook

Word, Excel, dan Outlook Bakal Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Cortana bakal ditanamkan ke Outlook mobile, sehingga jika sudah waktunya pergi untuk memenuhi janji maka Outlook akan menampilkan notifikasi. Fitur ini disebut Time to leave dan pengguna Outlook untuk iOS sudah bisa menikmatinya bulan ini.

OneDrive & SharePoint

Word, Excel, dan Outlook Bakal Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Fitur pencarian di OneDrive dan SharePoint juga bakal ditambahkan AI yang akan secara mengenali isi dari gambar, screenshot, nota, kartu nama, dsb. Dengan fitur ini kamu bisa mencari kata yang ada didalam berbagai gambar dan media, tanpa harus tahu dimana file tersebut tersimpan. Kamu sudah bisa menikmatinya akhir bulan ini.

Hanya Bagi Pengguna Office 365

Namun demikian tidak semua versi Office bakal ditambahkan AI. Semua fitur di Excel, Word, Outlook, bahkan OneDrive dan SharePoint hanya bisa dinikmati jika kamu pengguna Office 365. Entah apakah Office sekali bayar bakal turut ditanamkan fitur ini, tetapi nampaknya tidak. Fitur AI kemungkinan besar bakal eksklusif bagi pelanggan Office 365 saja.

Seiring berjalannya waktu AI memang bisa kita temui di mana saja, baik itu di depan mata kita melalui laptop / PC, di genggaman tangan melalui smartphone, hingga di perangkat wearable seperti smartwatch dsb.

Tertarik dengan berbagai fitur AI di Microsoft Office ini? Satu-satunya cara untuk bisa menikmatinya adalah dengan menjadi pelanggan Office 365, dengan biaya berlangganan bulanan ataupun tahunan.

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.