Inilah Perbedaan Versi Windows 10: Home vs Pro vs Enterprise vs Education — dan Mana yang Harus Kamu Pilih?

Sampai saat ini reinstall Windows cukup bikin pusing karena harus bolak-balik memasukkan key aktivasi di setiap kali proses. Namun rupanya Microsoft menyadari itu dan ada perubahan metode aktivasi meskipun ini dilakukan secara diam-diam dan tidak dipublikasikan.

Dari testing yang dilakukan, ternyata untuk reinstall Windows 10 tidak perlu lagi memasukkan key berulang-ulang. Sekali Windows 10 teraktivasi, maka data aktivasi tersebut akan tersimpan secara online di server Microsoft, sehingga di proses reinstall selanjutnya kamu tidak perlu lagi memasukkan key dan melakukan re-aktivasi.

 

Seperti Inilah Cara Kerjanya

Pertama, kamu tetap harus melalui proses aktivasi Windows 10 terlebih dahulu seperti biasanya. Jadi misalkan kamu upgrade dari Windows 7 / Windows 8.x, atau clean install dan memasukkan key Windows 10, maka setelah Windows 10 berhasil aktif data aktivasi untuk device kamu tersebut bakal tersimpan di server Microsoft.

Kedepannya ketika kamu melakukan clean install dan muncul notifikasi untuk meminta key seperti ini, cukup skip skip saja.

Wow..Reinstall Windows 10 Tidak Perlu Lagi Memasukkan Key!

 

Setelah proses re-instalasi selesai maka Windows 10 kamu akan otomatis teraktivasi meskipun tidak memasukkan key Windows 10 saat proses re-install.

Tetapi tentu saja ini berlaku untuk reinstall Windows 10 dengan versi yang sama di device yang sama juga.

Wow..Reinstall Windows 10 Tidak Perlu Lagi Memasukkan Key!

 

 

Lalu Bagaimana Aktivasinya Jika Melakukan Upgrade PC?

Wow..Reinstall Windows 10 Tidak Perlu Lagi Memasukkan Key!

Dari pengalaman WinPoin, tidak ada masalah ketika kamu melakukan upgrade RAM, VGA, dan komponen minor lainnya. Namun jika motherboard yang kamu ganti, maka Windows kamu bakal terdeteksi not activated karena dianggap terinstall di PC baru.

 

Reinstall Jadi Mudah dan Simple

Dengan tersimpannya data aktivasi device di server Microsoft, dan kita tidak perlu bolak-balik memasukkan key sewaktu re-install Windows 10, maka proses re-install device jadi lebih mudah dan simple.

Apakah proses aktivasi baru ini bakal tetap dipertahankan atau diganti lagi, kita juga belum bisa memastikan. Belum diumumkannya ke publik bisa jadi merupakan indikasi bahwa metode aktivasi re-instalasi Windows 10 ini masih dalam tahap testing yang bisa berubah kapan saja.

via zdnet

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.