Wuih..Firefox Segera Dirombak Agar Semakin Mirip Chrome

Jika ada dua browser paling populer di Indonesia, maka Firefox dan Chrome adalah jawabannya. Namun sayangnya semakin kesini Firefox seolah semakin kehilangan identitasnya.

Dimulai dari perubahan desain besar-besaran yang cenderung mirip dengan Chrome, lalu sebentar lagi cara kerja core dari Firefox juga bakal semakin dibuat mirip dengan Google Chrome.

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang bakal ditanamkan Mozilla ke Firefox kedepannya:

 

1. Firefox Add-on Segera Dirombak Seperti Chrome Extension

Saat ini Mozilla tengah mengembangkan extension API baru yang dinamakan WebExtensions. API ini mirip dan kompatibel dengan yang digunakan oleh Google Chrome, sehingga nantinya ekstension Firefox bakal bisa mudah dikembangkan secara cross platform untuk Chrome (dan sebaliknya).

Hasilnya developer Chrome Extensions bisa dengan mudah memporting extension mereka ke Firefox, sebaliknya developer add-on Firefox harus membuat ulang dan menjadikan add-on mereka berbasiskan WebExtensions API.

Setiap extensions Firefox nantinya juga akan mengalami pengecekan security dulu sebelum diinstall di Firefox, sehingga membuat pengguna Firefox bisa aman dan terhindar dari extension malware / adware — sama seperti yang dilakukan oleh Chrome.

 

2. Cara Kerja Firefox Menghandle Tab akan Diubah Seperti Chrome

Chrome saat ini memperlakukan setiap tab yang terbuka secara terpisah dalam sebuah frame, jadi setiap frame terpisah dengan frame lainnya. Ini artinya ketika satu tab crash, maka tab lain bisa terselamatkan dan tidak ikut crash langsung di satu window browser.

Firefox tidak begitu. Saat ini Firefox menghandle tab dengan membaginya menjadi dua bagian besar, yaitu browser dan web content. Namun kedepannya Mozilla bakal menggunakan metode yang sama seperti digunakan oleh Chrome untuk meningkatkan stabilitas dan security dari Firefox.

 

3. Modifikasi Firefox Dibatasi demi Security

Saat ini Firefox merupakan browser yang bisa dengan sangat mudah dimodifikasi. Developer add-on bisa mengembangkan add-on yang sampai mengubah kinerja core dari Firefox. Tetapi sebentar lagi hal ini tidak bisa dilakukan.

Mozilla memutuskan untuk membatasi modifikasi Firefox ini untuk meningkatkan security. Hasilnya Firefox jadi aman sih, tetapi tidak bebas dimodifikasi.

 

12 – 18 Bulan Lagi Firefox Bakal Berbeda dari yang Sekarang

Perubahan ini bakal dilakukan secara bertahap mulai dari sekarang hingga 18 bulan lagi. Jadi bisa dipastikan 1.5 tahun lagi Firefox bakal berbeda jauh dengan yang kamu gunakan sekarang — baik itu secara tampilan ataupun cara kerja core nya.

Yup..Firefox bakal menjadi lebih mirip dengan Google Chrome.

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.