Selain mengubah tema dari Light ke Dark Mode, mengubah tingkat kecerahan layar bisa menjadi opsi untuk menyesuaikan mata terhadap layar monitor pada saat tertentu. Misalnya saja pada malam hari pada ruangan yang gelap, dimana Dark Mode bisa dikombinasikan dengan tingkat kecerahan layar sekitar 0-50%.

Karena selain untuk mengurangi ketegangan mata, mengatur tingkat kecerahan layar bisa menghemat daya karena daya konsumsi baterai juga bisa cepat habis jika menggunakan kecerahan layar diatas 80%.

Untuk itu, artikel kali ini akan memberikan setidaknya 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah brightness di Windows 11 secara mudah.

Melalui Quick Settings.

  1. Akses Quick Settings pada pojok kanan taskbar, kamu juga bisa menggunakan shortcut Win + A.
  2. Atur kecerahan cahaya pada slider brightness. Atur ke kiri untuk mengurangi, ke kanan untuk sebaliknya.

Melalui Settings.

  1. Buka Settings (Win + I).
  2. Klik opsi System.
  3. Pada panel kanan, klik opsi Display.
  4. Atur kecerahan cahaya pada slider Brightness. Atur ke kiri untuk mengurangi, ke kanan untuk sebaliknya.

Melalui Mobility Center

  1. Akses menu Win + X, atau klik kanan pada tombol Start Menu.
  2. Klik opsi Mobility Center.
  3. Atur kecerahan cahaya pada slider Display brightness. Atur ke kiri untuk mengurangi, ke kanan untuk sebaliknya.

Melalui Command Prompt

  1. Buka Command Prompt.
  2. Ketikan perintah powershell (Get-WmiObject -Namespace root/WMI -Class WmiMonitorBrightnessMethods).WmiSetBrightness(1,69) dan tekan enter pada keyboard.
  3. Kamu bisa mengubah angka 69 sesuai dengan tingkat yang diinginkan.

Melalui Aplikasi GPU

Jika kamu memiliki aplikasi GPU dari Intel, Nvidia, atau AMD, maka kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. Karena biasanya juga terdapat pengaturan tingkat kecerahan laptop.

Melalui Tombol Keyboard

Biasanya pada perangkat Laptop, terdapat opsi pengaturan cahaya layar secara fisik melalui tombol yang ada pada keyboard. Biasanya terletak pada bagian atas dan bisa digunakan dengan atau tanpa tombol Fn — tergantung dari brand laptopnya.

Itu dia 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah tingkat kecerahan layar di Windows 11. Jika kamu memiliki cara lain selain diatas, pastikan kamu menyampaikannya melalui kolom komentar.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.