5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

76

Lumia 535 merupakan seri Lumia pertama yang dirilis dengan mengunakan brand Microsoft. Dengan harga 1.7 juta rupiah, Windows Phone ini menawarkan spesifikasi yang cukup menggoda seperti processor quad-core 1.2 GHz Snapdragon 200, RAM 1GB, layar 5 inch IPS LCD dengan proteksi corning gorilla glass 3, internal storage 8GB, kamera depan dan belakang 5MP, hingga dukungan dual-SIM. Terlihat menarik untuk dimiliki bukan?

Tetapi jangan buru-buru membelinya dulu. Ada beberapa hal seputar Lumia 535 yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan pengalaman kita menggunakan Lumia 535, berikut ini adalah 5 alasan kenapa kamu sebaiknya tidak membeli Lumia 535

 

Toucscreen Bermasalah

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

Cukup sulit untuk mengetik menggunakan Lumia 535. Touchscreen nya over-sensitif sehingga terkadang memencet satu tombol saja akhirnya kepencet banyak tombol lainnya. Ketika melakukan scroll seringkali juga terdeteksi sebagai tab, hasilnya malah banyak aplikasi yang terbuka tanpa diinginkan.

Masalah ini muncul secara acak, artinya kadang muncul kadang juga tidak. Tetapi ketika muncul, rasanya cukup frustasi ketika akan mengetik SMS, membalas email, atau bahkan hanya sekedar update status Facebook.

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

 

Sering Zoom Tanpa Alasan

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

Saat digunakan Lumia 535 seringkali tiba-tiba zoom tanpa alasan. Untuk mengatasinya Lumia tersebut harus direstart. Tetapi jangan harap sekali direstart masalah tersebut langsung hilang. Terkadang juga ketika baru direstart tiba-tiba zooming lagi tanpa alasan dan harus direstart lagi.

Kita bahkan pernah melakukan restart hingga lebih dari 6 kali dalam beberapa menit karena zooming yang terus menerus muncul.

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

 

Kamera Hijau Ketika Video Call dengan Skype

Ini kita alami kemarin ketika melakukan video call melalui Skype dengan salah satu team WinPoin di kota Malang. Video tidak mau tampil dan tampilan kamera hanya background flat berwarna hijau. Ketika Skype di close dan kamera dijalankan juga masih tetap hijau.

Masalah baru selesai ketika Lumia 535 direstart dan kamera akhirnya kembali normal.

 

Update Tidak Menyelesaikan Masalah

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

Microsoft sebenarnya telah mengakui adanya bugs permasalahan tersebut dan sudah merilis update. Sayangnya meskipun sudah diupdate kedua permasalahan diatas tetap ada dan tidak mau hilang.

 

Kurang Fungsional

Ketika 4 permasalahan diatas tidak kambuh, Lumia 535 sama seperti seri Lumia lain yang nyaman saat digunakan. Tetapi ketika permasalahan tersebut kambuh, telebih jika terjadi terus menerus meskipun sudah direstart, Lumia 535 menjadi kurang fungsional sebagai sebuah smartphone. Lumia 535 menjadi sulit dioperasikan dan tidak nyaman saat digunakan untuk SMS, chatting, bahkan browsing.

 

Itulah 5 alasan kenapa kamu sebaiknya tidak membeli Lumia 535. Bagi kamu yang ingin merasakan seperti apa powerfulnya Windows Phone, kamu bisa memilih Lumia seri lainnya yang terbebas dari masalah ini.

Masalah seperti ini seharusnya tidak ada dalam sebuah smartphone yang memiliki bandrol harga 1.7 juta rupiah. Kita berharap Microsoft benar-benar segera merilis update yang bisa menyelesaikan permasalah diatas.

Jika tidak segera diatasi, ditakutkan permasalahan ini akan digeneralisir oleh beberapa pengguna sebagai permasalahan Windows Phone secara umum dan mengurangi ketertarikan banyak orang terhadap sistem operasi tersebut.

Update: Inilah cara mengatasi permasalahan touchscreen Lumia 535

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Rasyid

    Untuk zoom mungkin itu karena terkena tap 2 kali dengan 2 jari. Punya temen saya juga seperti itu. Untuk mengatasinya tinggal buka easy of access dan di off-kan screen magnifiernya. Punya temen saya berhasil. Semoga membantu :)

    • Ray

      Ok gan.. Sangat Memebantu

    • thanks tambahan sarannya om
      fitur tersebut udah aku matikan, utk masalah zooming memang udah lumayan membantu

      tetapi utk over sensitive touchscreen masih tetep ya..
      semoga saja segera ada update lagi

      setiaknya Windows 10 Preview for Phone segera dirilis..siapa tw di versi tersebut gak ada bugs toucscreen ini..hehe :D

      thanks yah

      • Mayza MyZone

        baru aja mau bilang klo yg zoom itu masalah screen magnifiernya aktif,, soalnya 2 kali touch screen langsung zoom…

        kalo touch screen coba masuk ke setting > touch > pilih normal aja pak,, mungkin bisa membantu

        • cara lengkap mengatasi permasalahan ini udah aku publish disini om :D
          http://winpo.in/2rg

          • Mayza MyZone

            seepp… beli ah 535,, hihihi,,, klo lagi ga ada budget beli 535,, hihi

        • jay blegedeg

          cara edit nomer IP adrss di WIFI lumia 535 ga bisa gimana bos?…………………

      • Riki Sutansah

        Ganti setingan willayahnya janganindonesia pake amerika ato uk.alhamdulilah lancar

        • jay blegedeg

          cara edit nomer IP adrss di WIFI lumia 535 ga bisa gimana bos?…………

    • Rizki Pratama

      Bener banget gan, ane malah ga sengaja nemuin troubleshootnya, pas ane coba2 turn off magnifier nya, dan ane coba random tap pake 2 jari, problem nya ilang :3

    • jay blegedeg

      cara edit nomer IP adrss di WIFI lumia 535 ga bisa gimana bos?

  • Billie

    Jadi masih mikir Lumia 532 :D

  • Agil Faisal R.

    pas namanya Microsoft Lumia ko banyak bugnya ya,, kurang persiapan ni Microsoft,, hayo diberesin dulu bugnya,,,

  • Rangga Gumilang

    Microsoft harus berguru dulu sama Nokia nih

  • Maududi Azhar

    mudah2han lumia 532 gk ada permasalan seperti ini soalnya rencana nanti mau beli L532

    • ya semoga tidak ada lagi permasalahan yang sama ;)

  • Ambrizal Suryadinata

    Udah disuruh jangan beli tetep di beli :v

  • Irfan

    Coba pake anti gores, mudah-mudahan bisa membantu, karna saat sya pake itu problemnya hilang. Coba di tes dulu.

  • Hicka Zap

    hahahaha… kecewa banget ya rasanya, :(
    tapi yg menjadi kekhawatiran besar adalah apakah nanti setelah upgrade ke win 10 masalah ini akan teratasi? buat insider mungkin tak kan lama lg mengetahuinya, tapi buat yg laen, setelah sekian lama di “gilak” kan 535 untuk mnunggu final win 10, ehh taunya masalah masih ttp sama. gimana tuh?? (karena ada jg rumor yg mengatakan masalah ini terletak di hardware touchscreennya, harus di “plating ulang” bgtu kira2). hayoo… mau di jual brp tuh lumia?? :)

    • Bagi yang sudah terlanjur beli dan mengalami permasalahan ini, solusinya bisa dibaca disini om http://winpo.in/2rg

      Dengan cara itu permasalahan langsung hilang

      • Hicka Zap

        yup bener mas, jauh lebih baik setelah di pasangin screen guard, tapi masalah sebenarnya adalah “Kenapa di lumia 535!??, sangat tidak lucu buat sekarang ini, jika alasannya kesalahan coding atau teknis perakitan, hmm, jatuhin nama sendiri nih microsot, padahal mereka bakal kluarin banyak produk low-end.

  • Hicka Zap

    mungkin tempered glass bisa sedikit membantu, silahkan di coba.

  • Ikhsan

    Tambah satu lagi…..kadang fitur double tap nya ga berfungsi

  • ElNavaro

    L535 ane pake Anti Glare udah bener kok Touch Screen nya..
    kalo Zoom tinggal matiin Magnifier, tau OS Windows Phone kan? pasti tau Screen Magnifier dong..
    kalo ga tau nonton ini deh -_- : https://www.youtube.com/watch?v=_OovaSAcP9E

    Phone Update waktu itu buat fix Camera sama nambahin Data Toggle di Action Center..

    • 1. Siip om, cara lengkap mengatasinya juga udah kita publish disini : http://winpo.in/2rg

      2. Bener om, di non aktifkannya screen magnifier bisa mengatasi masalah zooming. Kita sudah tahu screen magnifier dan sudah kita sertakan di cara mengatasinya disini: http://winpo.in/2rg

      3. OS Windows Phone kita tahu om, saya pribadi menggunakan 3 device Windows Phone (Lumia 520, Lumia 535, Lumia 730). Saya juga penulis aktif di blog WinPoin, sekaligus mengikut perkembangan Windows Phone setiap hari.

      4. Utk post ini, terinspirasi dari kumpulan dari keluhan & kekecewaan pembeli Lumia 535 yang kita terima melalui email, Facebook, Twitter, dan langsung dari rekan2 di sekitar kita, yang akhirnya menarik kita untuk membeli dan mencobanya secara langsung. Dan ternyata memang benar.

      Kita memandang hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kita utk memberikan informasi kepada konsumen. Posisi kita disini netral, jika bagus kita bilang bagus, jika tidak kita bilang tidak.

      Dari sudut pandang kita, pembeli gadget tentunya ingin merasakan enak & nyamannya menggunakan device yang dia beli sejak hari pertama, sejak ketika box dibuka dan dinyalakan pertama kali. Konsumen berhak mendapatkan device yang tidak bermasalah ketika membelinya.

      Jika ada permasalahan seperti ini (meskipun bisa diatasi dengan screen guard & mematikan magnifier), tetapi tentunya mereka harus mencari dulu solusinya di internet, googling kesana kemari, dsb. Bahkan tidak sedikit pengguna yang wanita, ibu2, atau orang tua merasa frustasi karena tidak terbiasa dengan troubleshooting atau mencari solusi via internet.

      Jika Microsoft ingin menjaga kepuasan konsumen, mereka bisa mengumumkan kepada retailer agar memberitahu setiap pembeli Lumia 535 utk memasang screen guard, bahkan bisa juga menggratiskan screen guard tersebut.

      Disini kita lebih memihak kepada konsumen dan pengguna Windows Phone, sehingga kita tidak mau menutup2i jika ada kekurangan di produk yang dirilis Microsoft.

      Kita bukan team marketing Microsoft yang harus selalu menceritakan baik2nya produk Microsoft saja, tetapi kita komunitas yang saling bantu dan mengingatkan satu sama lain agar pecinta Windows & Windows Phone tidak ada lagi yang kecewa ketika membelinya.

      Bagi yang sudah terlanjur membeli, solusi memperbaikinya juga sudah kita publish disini http://winpo.in/2rg

      Terima kasih :)

      • lumi 730

        sabar mas, mereka yg komentarnya menggunakan bahasa yg tidak sopan pasti mereka yg baru pegang brg elektronik khususnya hp, krn setau saya apapun merknya brppun hrgnya brg elektronik tsb ‘bukan hanya hp’ pasti ada produk gagal, teman saya pake 535 fine2 aja, soal ts dari beli dia lsg pasang tempered, sekian

    • diyah

      Kalau masalah buat bbm kok pending terus yaa…padahal udah pake kaŕtu simpati..gmna solusinya,help me please :)

  • Rasshid

    Yaelah min, kalo gitu mah judulnya ditambah “+Solusi Jika Udah Terlanjur Beli”, biar gak terlalu kelihatan menghasut :v

    • Tidak ada tendensi untuk menghasut melalui post ini
      Kita hanya menyampaikan apa yang kita alami ketika menggunakan Lumia 535
      Post ini juga merupakan kumpulan keluhan pengguna Lumia 535 yang masuk melalui email, facebook, dan twitter WinPoin

      Kita lebih mencintai konsumen daripada Microsoft
      Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk membela Microsoft, jika bagus kita katakan bagus, jika tidak kita katakan tidak

      Karena kita lebih berpihak konsumen, bukan berpihak kepada Microsoft

      Btw, cara mengatasinya bisa dibaca disini: http://winpo.in/2rg

      • Rasshid

        Hmm.. okelah min, yang penting, si 535 udah sembuh kan? :D

      • jay blegedeg

        cara edit IP static di wifi 535 gimana bos?

  • Riandy

    Yak marilah kita semua sebagai pengguna Lumia 535.. Bersabarlah..

  • Aji Saputra Raka Siwi

    Mungkin karena bukan buatan Nokia lagi. Tau sendiri lah, merk Microsoft kurang berpengalaman dalam perangkat mobile #GaAdaHubungannya #Peace #kabur

  • Nafortism B

    nyaris banget, untung beli seri adeknya yg 530, ga terlalu bermasalah sih, cuma kalo kadang pas ngetik yg keluar hurufnya amburadul mgkin krn kegedean jempul aja :p

  • Lukman Sulistyo

    mikocok kuwalat sama Nokia

    • saksono dwi

      baru beli 535 umurnya cumak 1 bulan lcd kok mati

      • Lukman Sulistyo

        turut prihatin mas

      • Lukman Sulistyo

        saya pakai Nokia L520……masih Nokia.

  • Candrasa Olga

    permisi pernah mengalami pesan whatsapp delay diterima pada saat menggunakan wifi ? pesan masuk setelah membuka aplikasi whatsappnya
    mohon bantuan

  • Jyudha van Beethoven

    Kameranya pun gak bisa di zoom.. Payah nih lumia 535 gak bisa motret objek yang jauh… :@

  • KTarano

    Inilah hand phone yg paling jelek pernah saya beli….

    • Beberapa pengguna juga merasakan hal yang sama om (termasuk aku juga), terlebih sebelum dipasang screenguard di layarnya

      Tetapi utk aku pribadi, sesudah dipasang screenguard udah lumayan terhibur krn sensitivitasnya sudah tidak sebrutal sebelumnya

      • ridho

        baru pake 2hari malah layar mati,,

        • lumi 730

          namanya juga barang elektronik, semahal apapun merk apapun juga ada yg produk gagal, ip, samsung, bb juga ada yg sehari rusak, bahkan lom sampe sehari juga ada

  • hasan nudin

    Ane udh 4 bulanan make lumia 535,,,,tpi biasa aja tuh,,ga nemuin hal2 ky gtu,,,malah udh terlanjur cinta ama ni hp,,.

  • ricky kusuma

    Kelemahan yg utama adalah tdk bisa network video call, mesti pake skype.
    Kan gak semua orang punya account skype dan paket data.

  • Agung Dedy

    mau tanya dong om, 535 untuk saat ini apakah masih bermasalah, apakah ada info dari microsoft bahwa ini memang kesalahan hardware atau software, saya berencana mau beli seri ini, kalau ambil 532 tanggung kalau nunggu 540 masih kelamaan, ada saran atau masukan terima kasih

  • Ahmad Taqiyudin

    Alhamdulillah sAYA pUAS…mungkin pas beli memnag barangnya lg apes kali..saya beli 2 malah..semoga saya juga ga nyesel..amin. coba agan komplain ke counternya langsung..

  • khoiridoang

    Mau tanya bbm di lumia 535 kok gak bsa ya …
    Knp ya? Padahal udh pakai wifi

  • Dika

    beli apa yg menurut lu bagus….. Jgn denger kata temen” lu toh jga lu yg makek……. Untung gw gk jadi beli iphone 4s….. Gw nyaman kok pakek lumia 535 awalnya sih greget karna touchnya tapi habis beli anti gores udh mendingan tuh…. + cortananya yg sering bikin gw ketawa karna setiap hari gw di kasi joke sama dia :v.. Tpi klok menurut anda ini produk gagal ya gpp sih :3

    • lumi 730

      nah ini baru bener komennya

  • Ilham Ta

    kalo yang masih nokia itu mendingan,,tapi klo ente bli yang microsoft ya pikir2 dulu,,pengalaman jga sih,,,gua bli baru 535 lemot beda kali rasanya sama yang nokia nya,,

    semoga membantu,

  • Saifuddin Saifuddin

    beneran gw kapok beli windows phone,gara2 touchscreen nya yg terlalu responsif,untung aja Q browsingnya pake wifi gratis,bagaimana kl browsingnya pake modem g kebayang bakalan cepet abis tuh saldo.

    • lumi 730

      ???

  • EKA ZULIANA

    klo boleh mau minta saran dong … nokia lumia berapa yang nggak ngetrouble gtu .. seenggaknya yang dikit lah resikonya selain lumia 535 …

  • leny

    tolong caranya download lewat lumia 535 nya dong….
    apalagi yang lewat BURSA,,,
    saya coba aplikasi game, trs pasang, tp gak bisa dipake..

  • afrii

    mau tanya, kenapa ya kalo aplikasi spt bbm, line dan whatsapp masuk pesannya lama, stelah dibuka aplikasinya baru pesan nya masuk dan itu pun kalau saya sedang membuka aplikasinya, kalau tidak saya tidak akan tahu ada pesan di bbm, line atau WA itu. mohon solusinya, thanks :)

  • enal

    Gan mau nya dikit nh tetang hp L535 Kenapa pas di cas gx mau di mati in
    satu lagi kenapa gx mau download google play store for android free

    • lumi 730

      lumia 730 juga on saat dicas, bahkan setelah hh dimatikan lalu dicolokin cas, hh lsg hidup lagi, saoal play store android kayaknya anda salah pilih hh, kalo mau play store ya bili hp android bukan wp

  • sersandanu

    Rencana ada niat mau beli mengingat harga yang lumayan murah berhubung yang komentar keburu frustasi berlebihan jadi terpaksa deh nunggu produk lain yang murah meriah

  • slametb111

    Cara video call pakek seluler giman ya? Yg tanpa internet.

  • koyik

    Kenapa hp lumia 535 baru beli kemaren tiap 1 jam miti, tolong infonya gan biar ngak mati2 gimna….

    • Alim Chandrap

      Pengalaman saya itu hardwarenya gan yang rusak, jadi perlu di bawa ke microsoft di kota agan tinggal. Kalau permasalah toch screen biasanya di pelindungnya semenjak pelindung screen aku lepas lancar lancar aja ( kecuali basah kena air pasti ngacau ) itu aja pengalan aku.

  • ASASAS

    GOBLOK LU TOLOL YANG BIKIN ARTIKEL LUNYA AJA YANG GABISA MAKE HP TOLOL IDIOT DASAR

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      missi.. yang bikin artikel juga manusia.. lho
      jadi semua ada kekurangannya.. apa lagi ane dan ente…

    • jay blegedeg

      cara edit nomer IP adrss di WIFI lumia 535 ga bisa gimana bos?………………..

  • Legion CKH

    Gan hp saya dayanya habis,lalu saya charge kenapa tidak bisa menyala ya? Mohon bantuannya

  • Terimakasih sangat membantu sekali [bit.ly/wkitk] :)

  • Yedi

    untuk screen di lumia 535 saya tidak ada masalah, malah nyaman makenya, yang berbermasalah tuh sering tidak bisa menerima sms ketika pesan udah lumayan banyak, solusinya dihapus semua sms trus direstrart baru bisa, kalo ada solusi lagi mohon bantuannya..

  • Ricky Rezkyan Febriana

    bukannya tap tap dua kali juga udah normal lagy

  • ahmad bowo

    yang bikin artikel gak becus ……..sok tau ……belajar dulu om yang bener baru bicara……hahahahahah

  • muhammad yayak

    setiap hp pasti ada kekurangannya sm kyk manusia gk ad ygna hanya tuhan yg maha sempurna mohon dimaklumi

  • muhammad.aldi

    heeeeeee yg nyebarin ini banyak ngomong y he aku pakai lumia 535 gak perna kayak gitu justru lumia 535 yg terbaik makanya update semua app nya selama 1 hari perminggu makanya pikir pakai otak

  • Ardi Derisal

    maaf , mau nanya kenapa ya hp aku kok ga bisa buat browsing internet padahal wifi di rumah udah kenceng banget , tapi ketika browsing tulisan nya Tidak Dapat Terhubung, kenapa min, tolong infonya