Apa Itu Windows Azure?

Apa Itu Windows Azure?

0

Apa Itu Windows Azure?

Pernahkah kamu mendengar tentang Windows Azure? Jangan salah sangka dulu, Windows Azure bukanlah salah satu dari versi sistem operasi Windows untuk desktop. Itu adalah platform cloud computing dan infrastruktur yang disediakan oleh Microsoft. Windows Azure seperti “cloud layer” yang mengatur berbagai server di datacenter Microsoft.

Windows Azure bisa digunakan untuk membuat, mengembangkan, dan menjalankan aplikasi web yang berjalan di datacenter milik Microsoft.

Windows Azure menyediakan berbagai jenis layanan utama, seperti:

Web Sites (Web Hosting): Dengan layanan ini kamu bisa meletakkan website kamu di cloud infrastruktur Microsoft. Kamu bisa meningkatkan atau menurunkan spesifikasi infrastruktur tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Virtual Machine: Dengan layanan ini kamu bisa mendeploy virtual machine berbasis Windows Server atau Linux di datacenter Microsoft. Windows Azure menyediakan berbagai images virtual machine atau kamu juga bisa menggunakan images virtual machine milikmu sendiri.

Cloud Service: Layanan ini adalah layanan cloud server dimana kamu bisa mendeploy dan menjalankan berbagai aplikasi web dengan teknologi cloud.

Mobile Service: Layanan ini menyediakan infrastruktur cloud untuk mengembangkan aplikasi mobile seperti aplikasi Windows Phone, iOS, dan HTML/JavaScript.

Selain layanan utama tersebut, masih ada berbagai layanan lainnya di Windows Azure yaitu:

  • Data Services: Storage, SQL Database, SQL Reporting, HDInsight, Backup, dan Recovery Manager
  • App Services: Media Services, Service Bus, BizTalk Services, dan Active Directory
  • Network Services: Data transfers, Virtual Network, dan Traffic Manager

Dari segi harga, Windows Azure terbilang cukup mahal. Tetapi karena kualitas dan kredibilitasnya Windows Azure banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Halaman utama Windows Azure bisa kamu lihat disini.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi kamu yang penasaran dengan apa itu Windows Azure.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.