Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??

10

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??

Mungkin sejak Windows 7, kamu mengetahui ada hal baru untuk menuliskan pemrograman selain di Command Prompt yaitu PowerShell. PowerShell jauh lebih bagus dan baik dibandingkan dengan Command Prompt, administrator dapat lebih menggunakan bahasa pemrograman yang lebih berguna. Selain itu, sepertinya Commandt Prompt sudah kalah dengan Shell sistem operasi lainnya seperti Linux dan Unix. Namun PowerShell dapat bersaing dengan baik dari Shell lainnya.

 

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt?

PowerShell sangatlah berebeda dengan Command Prompt, menggunakan baris perintah berbeda yang dikenal dengan cmdlet. Banyak tugas-tugas administrasi sistem yang dapat mengatur registry ke WMI (Windows Management Instrumentation), sementara Command Prompt tidak mampu untuk mengatasi hal ini.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan dan Mematikan Update Otomatis Aplikasi Windows Store

PowerShell memanfaatkan pipa seperti yang dilakukan Linux dan Unix, pipa yang membuat kamu lolos output dari satu cmdlet ke input cmdlet lainnya, menggunakan multiple cmdlet pada serangkaian baris perintah untuk memanipulasi data. Tidak seperti Unix yang hanya bisa menggunakan pipa untuk karakter atau text, PowerShell dapat menggunakan pipa untuk objek juga. PowerShell bukan hanya sebuah shell, ia juga bisa berguna untuk menulis script agar lebih mudah saat mengelola sistem Windows ketimbang menggunakan Command Prompt.

Sedangkan Command Prompt pada dasarnya hanyalah sebuah salinan berbagai perintah DOS, kamu dapat mengoperasikan semua perintah DOS didalamnya. Singkatnya Command Prompt sangat terbatas, apalagi untuk mengakses sistem administratsi Windows, ditambah lagi kemampuan perintahnya yang tidak kompleks dan sebagainya.

Baca juga:  Mulai Saat Ini Tidak Ada Lagi PC Baru dengan OS Windows 7 / 8.1

 

Kapan PowerShell Digunakan?

Jika kamu pengguna Windows yang biasa-biasa saja dan menggunakan Command Prompt untuk melakukan ping, kamu tidak perlu menggunakan PowerShell. PowerShell dapat kamu gunakan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih dari itu. Misalkan saja untuk mengubah nama banyak file sekaligus yang sudah pernah WinPoin bahas sebelumnya.

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??

 

Contoh Perintah PowerShell dan Command Prompt

Banyak perintah Command Prompt yang bisa berjalan di PowerShell, dari ipconfig sampai cd. Ini karena PowerShell menggunakan “alias” yang menunjukkan perintah-perintah lama di cmdlet yang baru. Berikut contoh perintah di PowerShell dan Command Prompt:

Mengubah folder atau direktori

DOS: cd
PowerShell: Set-Location

Memunculkan daftar file di dalam folder

DOS: dir
PowerShell: Get-ChildItem

Baca juga:  Cara Mengkatifkan dan Mematikan Fitur di Windows 7

Mengganti nama file

DOS: rename
PowerShell: Rename-Item

Untuk dapat melihat DOS mendapatkan alias di PowerShell, kamu bisa menggunakan Get-Alias. Misalkan saja kamu menuliskan Get-Alias cd, maka PowerShell akan menunjukkan bahwa cd bisa dijalankan dengan cmdlet Set-Location.

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??

 

Jika kamu masih kesulitan dengan artikel ini, kamu bisa bertanya dan bergabung di Forum WinPoin untuk mendiskusikan artikel ini.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Belum bisa move on dari CMD.. btw.. ini post remake sejak kapan..?

  • Faradifan Sastra

    Hmmm.. Sedikit membenarkan, PowerShell sudah ada sejak XP SP3 komandan :3

    • Adil Pangestu

      perasaan waktu cari yg namanya PowerShell di winXP SP3 gak adapun

      • Faradifan Sastra

        Punya ane dulu ada gan. Tapi lewat manual update, download update manual dr windows catalog. Dulu sepaket sama update apa gitu saya lupa.

        • Adil Pangestu

          pantesan aja gak ada , nanti aku update aja windows xpku , akupun berhasil mengerrorkan windows xp jadi bisa di update sampai 2019 ^_^

          • Faradifan Sastra

            Itumah buat update buat versi server gan, cuma update sekuritas doang. Itupun gak semuanya cocok / berguna. Btw ane dah lupa kode update nya apa buat PowerShell versi XP

  • meskipun ingin pakai power shell,tapi harus belajar dahulu agar bisa menggunakannya dengan lancar seperti pada command prompt :D

  • Justin Rafael
  • :) bedaaaa

  • Asrianor S

    Apakah bahasa pemrogaram powershell sama kya shell di linux?