Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop — Tips #1

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop — Tips #1

17

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Salah satu fitur yang mengagumkan dari Windows 10 adalah, ia memiliki virtual assistant bernama Cortana. Sayangnya ia hanya tersedia untuk beberapa negara saja. Dan Indonesia tidak termasuk negara yang bisa menggunakan fitur ini.

Lalu kenapa Cortana hadir di Windows 10 kalau semua negara tidak bisa menggunakannya atau memanfaatkannya? Microsoft ingin Cortana menyesuaikan secara khusus setiap bahasa dan budaya sebelum merilisnya secara resmi. Tapi jika kamu sudah tidak sabar ingin mencoba fitur andalan Windows 10 ini, melalui seri Windows 10 Tips ini WinPoin akan memberikan tutorial cara mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop.

 

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Untuk bisa mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop, kamu hanya perlu menggunakan trik yang sama dengan Windows Phone. Kamu hanya perlu mengubah setting region ke negara yang di dukung oleh Cortana untuk bisa menikmati fitur ini.

Baca juga:  Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 10158

Cara mengaktifkan Cortana adalah dengan membuka Settings dari Start menu, klik menu Time & language dan pilih kategori Region & language. Pada bagian Country or region, pilih negara yang didukung oleh Cortana. Sebagai contoh, English maka kamu bisa memilih United States atau United Kingdom. Kamu juga bisa memilih France untuk negara Perancis, Spain untuk Spanyol, Germany untuk Jerman, Italy untuk Itali dan Mandarin untuk China.

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Kamu tidak perlu menguna pengaturan Language, hanya perlu mengubah pengaturan Country or Region. Sekarang kamu bisa menikmati fitur Cortana di Windows 10 Desktop.

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Karena teknik ini mengandalkan mengubah pengaturan, maka ia akan mempengaruhi semua bagian Windows. Sebagai contoh, Windows Store akan mendeteksi aplikasi untuk negara yang sebelumnya sudah kamu pilih. Jika ada aplikasi yang dikhususkan untuk orang Indonesia, kamu perlu mengubah pengaturan kembali untuk mendownload aplikasi tersebut.

Baca juga:  Pengujian Windows 10 Dilakukan Bekerjasama dengan Xiaomi - Apakah Xiaomi Juga Akan Membuat Perangkat Windows Phone?

 

Cortana vs Google Now vs Siri (Untuk Negara yang Didukung)

Saat Windows 10 dirilis, Cortana tersedia untuk negara Amerika, Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, dan Cina. Itulah tujuh negara dari 190 negara yang didukung Cortana di Windows 10.

Microsoft telah mengumuamkan kalau beberapa bulan mendatang setelah perilisan Windows 10, Cortana akan tersedia untuk bahasa Jepang, Australia, Kanada (Inggris), dan India (Inggris). Tahun berikutnya, Cortana akan tersedia untuk bahasa Brazil, Mexico, dan Kanada (Perancis).

Disisi lain ada juga virtual assistant lainnya seperti Google Now dan Siri. Google Now saat ini telah mendukung 79 bahasa termasuk Indonesia, sedangkan Siri hanya mendukung 29 bahasa.

Baca juga:  6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 8 / 8.1

 

Sudahkah kamu mencoba Cortana? Apakah virtual assistant Cortana salah satu fitur andalan Windows 10 ini benar-benar akan membantu kamu? Tinggalkan kesan kamu setelah menggunakan Cortana di kolom komentar di bawah ini.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Yang ada.. voting UserVoice untuk Cortana support Bahasa Indonesia .. tersia – siakan..

  • Ini mungkin karena service Bing yang belum meluas juga, apa lagi sampai ke Indonesia. dan mungkin Index Bing hanya masih sebatas negara-negara maju semua (karena sejauh ini cortana hanya mencakup negara maju doank)

  • Cina? Seriously?

  • Dhiinnaa

    :v

    • Rahmad Sebastian

      njirr :v
      jones akut lu :v

  • Dhiinnaa

    oia biar Cortana ada suaranya gmn bisa gak?

  • Adnan Zaki

    Di lumia aja gue ga prnh make cortana :v jd bisa dipastiin utk desktop gua ga butuh ini.

    • Kirigaya

      Gak pake cortana? yakin? padahal dalam hal searching gak ada yang lebih efisien loh daripada cortana. dan apps searchnya pun make cortana

  • masih menunggu voting user voice untuk cortana bahasa indonesia dikabulkan oleh microsoft :D

  • Theo

    cortana gak bakal support basaha indonesia gan,
    emang maukah bang windows nge-develop cortana in bahasa indonesia?

    secara negara terbesar yg tukang kerak mikocok adalah indonesia – source nya : http://www.beritateknologi.com/microsoft-mengungkap-indonesia-adalah-negara-dimana-86-windows-versi-bajakan/

  • Kalau Region nya kita setting Amerika, lalu bahasa nya INDONESIA. . . apakah Cortana masih bisa aktif ??

  • Sudah disetting semua, tapi cortananya tetep “Cortana isn’t supported in the region and language you’ve selected” -_-“

    • Raja Bwahaha

      sama nih kasusnya.. gmn ya solusinya?

      • Dare Gemacita

        iya setelah ganti jadi uk regionnya, sama aja yang cortana diatasnya belum bisa di swtitch on. gimana ya? baca komen ini dong min

  • Muhammad Imam Azizun Hakim

    gannnn help,, kok Cortana ga ada di win. saya? dulu pernah aktif terus sekarang tiba tiba cuma muncul search the web and windows, pas di klik malah ga bisa, gimanaa solusinya ya??hmm

  • Haknas insomnisa

    gan perlu pakai akun microsoft ya