Kenapa China Memblokir Instagram??

Kenapa China Memblokir Instagram??

3

Huh..China Memblokir Instagram??

Sudah tidak mengherankan lagi China membatasi dirinya dari negara lainnya terutama untuk hal-hal yang berbau Internet. Ia membuat sendiri sosial media seperti Twitter dengan nama Weibo. Selain itu ia juga membuat layanan search engine sendiri seperti Google dengan nama Badiu, bahkan ia tidak ingin menggunakan Windows OS dan membuat sendiri OSnya dan masih banyak lagi. Ia sangat berhati-hati dengan informasi yang masuk ke negaranya.

Kali ini ia memblokir layanan sosial media photo sharing yaitu Instagram. Alasannya karena banyak foto protes pro-demokrasi yang berasal dari Hong Kong baru-baru ini.

Pemblokiran ini dilaporkan pertama kali oleh situs Greatfire.org, blog anti-sensor yang berjalan sendiri di China pada tanggal 28 September. Warga China yang tengah mencoba mengakses Instagram akan mendapatkan halaman error.

Puncak protes warga China terjadi pada siang hari untuk pemblokiran Instagram, dengan hampir 60.000 warga Hongkong turun ke jalanan untuk memprotes dan mendukung “demokrasi penuh” di negaranya.

Instagram tidak memblokir Hong Kong untuk masalah ini, tapi negara itu berada di wilayah khusus, memberikan hubungan yang rumit dengan pemerintah China dan kadang-kadang mereka harus mengikuti kebijakan tertentu termasuk sensor internet.

Kita juga sudah sering mendengar kalau China sering menangkap blogger yang menyebarkan gosip online dan rumor internet beberapa bulan terakhir. Benar-benar tidak memberikan kebebasan untuk pengguna Internet. Untung di Indonesia kita masih diberikan kebebasan ketika berada di dunia maya.

via Engadget

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • YanDhika

    kebebasan internet di indonesia masih dalam tanda kutip…
    nggak sepenuhnya bebas. baca manga online aja harus pakai proxy sekarang…
    hal sekeci itu di blokir inet positif, sementara menterinya ketahuan follow akun twitter porno…. heran deh dengan negara ini

    • Restu

      Sembiring :v

  • Dik Taufik Topek

    iya kebebasan yang sangat keblabasan dan sangat tk bermoral lihat aja komen2 netizen vs nitizen vs berita tertentu yang kasar , kotor dan rendah. bullying 100% sampe kebawa mimpi. apa pada gk mikir kata2 seperti itu sangat parah.
    Apa gk ada yg “nempel dikit2” ajaran agama masing2 ya ..

    ——-> prihatin