Windows 10 Mobile “Redstone 3” Bisa Menjalankan Aplikasi PC

Windows 10 Mobile “Redstone 3” Bisa Menjalankan Aplikasi PC

0

Windows 10 Mobile "Redstone 3" Bisa Menjalankan Aplikasi PC

Salah satu fitur yang membedakan Windows 10 Mobile dari sistem operasi mobile lainnya adalah Continuum. Bagi kamu yang belum tahu, ini adalah fitur dimana smartphone Windows 10 Mobile bisa “disulap” menjadi PC saat dihubungkan ke layar. (Baca: Seperti Inilah Kemampuan Continuum di Windows 10 Mobile)

Namun demikian meskipun bisa memiliki experiance seperti PC, aplikasi yang bisa dijalankan di Continuum Windows 10 Mobile sangat terbatas pada UWP saja, sedangkan aplikasi desktop (win32) tidak bisa dijalankan disana.

Namun kabarnya tahun depan hal ini bakal berubah. Melalui project dengan codename Cobalt, Microsoft dikabarkan bakal membuat emulasi aplikasi desktop (win32) ke Windows 10 Mobile “Redstone 3”. Dengan emulator ini maka smartphone berbasis Windows 10 Mobile dengan prosesor ARM64 bisa menjalankan aplikasi desktop (win32 / .exe / software x86).

Cara kerjanya sama seperti bagaimana aplikasi 32-bit bisa dijalankan di 64-bit Windows, bedanya kali ini aplikasi Windows PC bakal bisa dijalankan di Windows 10 Mobile.

Jika ini benar-benar diimplementasikan Microsoft ke Windows 10 Mobile, maka Windows Phone bakal kembali menjadi smartphone yang sangat menarik untuk dimiliki, mengingat tidak hanya bisa “disulap” menjadi PC, melainkan bisa juga menjalankan software PC.

Menurut kabar yang beredar, fitur ini bakal dirilis ke Windows 10 Mobile “Redstone 3” pada akhir 2017 nanti.

Melihat bagaimana Microsoft mengejutkan banyak pihak melalui Surface Studio dan Surface Dial, bukan tidak mungkin juga jika fitur ini pertama kali bakal diperkenalkan melalui Surface Phone. (Baca: Beginilah Kecanggihan Surface Dial di Surface Studio)

Terlebih Microsoft kabarnya tengah bekerja sama secara intens dengan Hewlett-Packard (HP) untuk merilis satu lagi smartphone di tahun 2017. (Baca: HP dan Microsoft Sedang Mempersiapkan Ponsel Windows 10 Mobile Baru)

Tetapi sama seperti Continuum, tidak semua smartphone Windows 10 Mobile bakal bisa menikmati fiturnya. Hanya smartphone tertentu dengan spesifikasi mumpuni saja yang bakal bisa menjalankan aplikasi PC didalamnya.

via zdnet | walkingcat

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.