Backup adalah salah satu hal penting yang banyak diabaikan pengguna PC. Padahal dengan rutin melakukan backup, maka data-data penting bisa tetap aman jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Kita tidak pernah tahu kapan HDD / SSD kita bakal rusak, data bakal corrupt, atau bahkan hilang. Untuk itu di artikel kali ini WinPoin akan menunjukkan salah satu software backup gratis terbaik untuk Windows, yaitu EaseUS Todo Backup Free. Ada setidaknya 10 fitur keren yang membuat software backup ini layak untuk kamu pilih, antara lain:

1. Gratis Tapi Powerful

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Memang ini bukan sebuah fitur, tetapi fakta bahwa EaseUS Todo Backup Free bisa kamu dapatkan secara gratis dengan fitur utama yang tetap fungsional menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Jika mayoritas software backup mengunci fitur utamanya dalam mode trial — atau banyak batasan, EaseUS Todo Backup Pro membuka fitur utamanya di versi gratisnya ini. Kamu bisa melakukan backup file, sistem, partisi, bahkan clone SSD / HDD menggunakan versi gratisnya ini.

Kamu bisa download EaseUS Todo Backup Free disini.

2. File Backup

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Kedua, kamu bisa backup file ataupun folder yang kamu inginkan saja. Jadi katakanlah kamu punya file atau folder penting — dan ingin rutin terbackup, kamu bisa melakukannya. Kamu bisa backup file dan folder ini secara otomatis dan terjadwal, di hari dan jam yang kamu inginkan — dengan metode backup yang kamu inginkan juga.

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Dengan begini file dan folder penting kamu bakal terus terbackup otomatis, dan kalau suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atas data tersebut, kamu bisa dengan mudah mengembalikannya dengan restore backup.

3. System Backup

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Ketiga, kamu bisa backup sistem secara total — dalam artian kamu bisa backup Windows di PC kamu. Jadi kalo suatu saat OS bermasalah, kamu bisa restore juga agar kembali seperti semula. Sama seperti file backup, System Backup ini juga bisa kamu jadwal secara otomatis.

4. Disk / Partition Backup

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Keempat, kamu bisa backup partisi ataupun keseluruhan HDD / SSD. Jadi seandainya ada corrupt partition atau kerusakan HDD / SSD internal, kamu bisa melakukan restore dari backup ini.

5. Clone Sistem / HDD / SSD

Kelima, kamu bisa kloning sistem Windows, HDD, ataupun SSD untuk duplikasi. Jadi selain untuk keperluan backup, kamu juga bisa gunakan untuk clone HDD untuk dipindah ke SSD saat upgrade, atau clone HDD / SSD ke disk yang lebih baru / berkapasitas lebih besar. Tidak perlu melakukan install ulang dan migrasi data secara manual saat ganti HDD / SSD — cukup lakukan kloning saja.

6. Backup ke Cloud

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Keenam, EaseUS Todo Backup Free punya banyak tujuan backup. Kamu bisa atur backup ke USB flashdisk, hardisk eksternal, hardisk khusus backup — bahkan yang lebih keren lagi, kamu bisa backup langsung ke cloud storage! Jadi kamu bisa backup langsung ke Dropbox, Google Drive, ataupun OneDrive.

7. Banyak Metode Backup

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Ketujuh, ada banyak metode backup yang bisa kamu pilih. Ada full, Incremental, dan Differential. Full artinya semua bakal dibackup total setiap kali backup otomatis dilakukan. Incremental artinya cuman data yang berubah sejak terakhir kali backup saja yang dibackup, backup dengan metode ini jelas lebih cepat dan hemat storage. Sedangkan Differential backup itu mirip, yaitu backup data yang berubah saja — tetapi sejak terakhir kali melakukan full backup. Saran saya dalam melakukan backup, pilihlah metode incremental karena lebih hemat waktu dan storage backup.

8. Kompresi Fleksibel

10 Fitur Keren EaseUS Todo Backup Free — Software Backup untuk Windows!

Kedelapan, kamu bisa memilih juga kompresi dari file backup yang disimpan — ada None, Normal, Medium, dan High compression. None artinya tidak ada kompresi, alias file backup disimpan apa adanya. Proses backup dan restore jadi lebih cepat, tapi lumayan boros storage backup. Sedangkan yang paling tinggi yaitu High compression artinya file backup dikompresi sampai ukuran sekecil-kecilnya, membuat proses backup lebih lama tetapi paling hemat storage. Nah di tengah-tengahnya ada Normal dan Medium untuk kompresi yang tidak terlalu lama tapi juga tidak terlalu boros storage.

9. Support MBR dan GPT Disk

Kesembilan, software backup ini support MBR dan GPT disk sekaligus — bahkan bisa juga digunakan untuk restore backup dari disk MBR ke GPT, atau sebaliknya dari GPT ke MBR.

10. Support Semua versi Windows

Dan yang kesepuluh, software backup ini bisa digunakan di hampir semua versi Windows populer saat ini — mulai dari Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8.x, sampai dengan Windows 10.

BONUS: Punya versi Pro

Terakhir, kalau kamu butuh fitur backup ekstra dan advanced, EaseUS Todo Backup Free bisa kamu upgrade menjadi versi Pro. Dengan EaseUS Todo Backup Pro kamu bisa mendapatkan fitur tambahan seperti backup otomatis saat momen tertentu, misal otomatis backup saat login Windows, shutdown Windows — atau saat hardisk eksternal ditancapkan. Ini memudahkan banget buat kamu yang pengen melakukan backup otomatis di media penyimpanan eksternal seperti HDD eksternal ataupun USB Flashdisk.

Lalu ada juga fitur ekstra lain seperti notifikasi email kl backup sudah selesai, custom command backup, backup ke FTP, atau pengecualian backup untuk file dengan ekstensi tertentu atau yang tersimpan di lokasi tertentu.

EaseUS Todo Backup Pro ini harganya sekitar 455 ribuan rupiah, tetapi nampaknya sedang ada diskon 50% menjadi 228 ribuan rupiah.

Beli EaseUS Todo Backup Pro (Diskon 50%)

Kesimpulan

Pada intinya, EaseUS Todo Backup memberikan fitur backup yang sangat lengkap di semua versi Windows. Fitur backup utamanya bisa kamu nikmati secara gratis di EaseUS Todo Backup Free — dan bisa juga upgrade ke EaseUS Todo Backup Pro kalo pengen mendapatkan fitur-fitur ekstra.

Versi manapun yang kamu pilih — bahkan software backup apapun yang kamu pilih bukanlah menjadi soal, yang terpenting selalu ingat bahwa backup data penting merupakan salah satu hal preventif yang penting untuk dilakukan setiap pengguna PC. Semoga ulasan ini bermanfaat buat kamu semua.