Home Editorial 10 Fitur pada Windows Mobile 10 yang Berfokus pada Produktivitas Bisnis (Part...

10 Fitur pada Windows Mobile 10 yang Berfokus pada Produktivitas Bisnis (Part 1)

Fitur Produktivitas WM10

Dari wawancara yang dilakukan Paul Thurrott, Leo Laporte, dan Mary Jo Folley kepada Chief Marketing Officer Microsoft, Chris Capossela beberapa waktu yang lalu, terungkap bahwa Microsoft sedang menuju ke fokus yang baru untuk menjaga eksistensinya di pasar mobile, yaitu bisnis. Tujuan ini benar-benar tercermin pada Windows Mobile 10. Tidak berlebihan jika Chris Capossela menyatakan bahwa Microsoft ingin dikenal untuk satu hal: empowerment (pemberdayaan). Microsoft ingin membantu penggunanya untuk memberdayakan diri dan mencapai tujuan. Windows Mobile 10, sebagai OS yang dibuat di era tujuan baru yang dicanangkan Satya Nadella tersebut, menunjukkan jati dirinya guna mendukung hal tersebut.

Oke, memang Windows Mobile 10 ini masih belum selesai. Masih ada beberapa bug yang ditemukan, masih banyak ketidaksesuaian dan kurang harmoni di sana-sini. Namun menurut saya, Windows Mobile 10 sudah menunjukkan arah yang jelas tentang bagaimana ke depannya nanti OS ini dapat menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan premis ini, saya tertarik untuk meringkas 10 fitur Windows Mobile 10 yang berfokus pada produktivitas bisnis.

 

Windows Hello

Fitur Produktivitas WM10Apple memelopori penggunaan pemindai sidik jari pada ponsel melalui produk iPhone 5S. OEM lain berebut melakukan hal yang sama dengan tujuan untuk memberikan jaminan keamanan yang lebih baik bagi para penggunanya. Di antara mereka, mungkin LG yang bisa dibilang melakukan pendekatan sedikit berbeda dengan knock code – sebuah sistem yang memungkinkan kamu mengunci perangkat menggunakan skema ketukan yang kamu tetapkan sendiri.

Microsoft mengambil langkah yang sama sekali berbeda! Windows Mobile 10 (pada Lumia 950 dan 950XL) menggunakan iris scanner (pemindai selaput pelangi mata) untuk menjamin keamanan ponsel. Kamu cukup menatap layar smartphone dan perangkat kamu akan membuka dengan sendirinya. Selain keren, trik ini aman karena hampir tidak ada manusia yang memiliki retina yang sama – termasuk saudara kembar!

 

Outlook Calendar

Fitur Produktivitas WM10Outlook Calendar menyegarkan Calendar app di Windows Phone sebelumnya. Perubahan yang menyolok adalah pada tampilan UI yang lebih enak dilihat. Outlook Calendar mendukung kamu untuk mengatur jadwal harian. Dengan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi menemukan kesulitan mengatur waktu untuk berbagai aktivitas dan kegiatan yang dijalankan selama sehari.

Kamu juga dapat dengan mudah memasukkan janji temu pada Outlook Calendar. Perangkat Windows Mobile 10 kamu akan mengingatkan kamu akan janji temu tersebut sesuai dengan pengaturan yang kamu tetapkan.

 

Outlook Mail

Fitur Produktivitas WM10Outlook Mail kini makin memudahkan untuk berkirim email. Saya mencatat banyak sekali perubahan yang mendukung kita jika profesi kita menuntut untuk memanfaatkan email dalam aktivitasnya. Hal yang sederhana, sekarang kamu dapat memeriksa balasan email dalam satu thread. Hal ini tidak dimungkinkan pada aplikasi email sebelumnya, yang mana kamu harus memeriksa folder “Sent” jika ingin memeriksa email yang sudah kamu kirimkan.

Perbaikan lain pada Outlook Email ini adalah, kamu dapat dengan mudah memasukkan alamat email yang ingin dituju bila sebelumnya kamu sudah pernah mengirim email pada mereka atau jika alamat mereka telah tercatat dalam kontak kamu. Di Windows Phone 8.1, jika kamu belum pernah mengirim email lewat perangkat yang kamu gunakan, maka kamu akan kesulitan menuliskan alamat tersebut – tidak ada autocomplete yang membantumu dalam menuliskan alamat.

Fitur lain yang sangat membantu adalah: dengan Outlook Mail terbaru ini, kamu dapat melampirkan file apa saja. Di Email app terdahulu, hanya file foto yang dapat dilampirkan secara default (meskipun kita dapat mengakalinya menggunakan File Attacher).

Oya, satu hal lagi yang mungkin tidak kamu duga di Outlook Email ini, kamu bisa loh menyinkronkan email meskipun dengan koneksi 2G atau Edge! Ini tentu saja sangat membantu untuk mereka yang mengandalkan email dalam pekerjaan sehari-harinya.

 

Word Flow Keyboard

Fitur Produktivitas WM10Pada tahun 2012, Word Flow di Lumia 520 memenangkan kompetisi untuk mengetik cepat menggunakan smartphone – mengalahkan BlackBerry yang sudah lama meraja di bidang ini. Di Windows Mobile 10, Word Flow mendapatkan banyak perbaikan. Selain kemudahan menggunakan speech-to-text, kamu juga dapat menggunakan Word Flow untuk banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia!

Ukuran keyboard juga dapat diatur untuk menyesuaikan preferensi kamu (alias gede jempol kamu) – sehingga kamu dapat lebih nyaman mengetik menggunakan keyboard di Windows Mobile 10. Memang masih ada keluhan karena prediksi kata tidak seakurat era Windows Phone 8.1, tapi menurut saya, keyboard ini sangat potensial dan ada harapan untuk berkembang jauh lebih baik lagi di masa mendatang.

 

Skema Notifikasi di Action Center

Fitur Produktivitas WM10Untuk skema notifikasi, Windows Mobile 10 memberikan perkembangan yang mendukung produktivitas. Sekarang kamu dapat melakukan swipe per item notifikasi atau memilih melakukan swipe untuk seluruh notifikasi aplikasi tertentu.

Selain itu untuk aplikasi SMS, sekarang kita dapat membalas pesan langsung dari layar notifikasi yang muncul di atas perangkat. Tentunya diharapkan nanti akan lebih banyak aplikasi pesan instan yang didukung oleh fitur ini guna memudahkan kita membalas pesan penting yang muncul.

Action Center sendiri mengalami perkembangan dengan lebih banyak aplikasi serta fitur yang dapat diakses dari ikon yang ditumpuk di Action Center. Kamu bisa mengetuk tombol Expand untuk mengakses fitur lain, termasuk flashlight, VPN, dan sebagainya. Ini tentu membantu kita memanfaatkan perangkat secara cepat dan praktis.

 

Karena panjang, ulasan ini bersambung ke Part 2

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta