Home Editorial 17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Sekarang adalah era smartphone, dan setiap orang yang masih menggunakan feature phone — atau yang seringkali disebut handphone jadul dianggap kurang gaul. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak kelebihan feature phone yang tidak bisa dinikmati di smartphone?

 

Hemat Baterai

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Handphone lama rata-rata bisa menyala 2 – 6 hari dengan penggunaan normal. Tentu ini sangat berbeda dengan smartphone yang bahkan dalam satu hari harus melakukan charging beberapa kali.

Kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan low-bat, baik itu saat bertelepon lama ataupun saat melakukan perjalanan panjang.

 

Hemat Uang

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Handphone jadul memiliki harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan smartphone, meskipun itu adalah feature phone keluaran terbaru. Rata-rata kamu bisa menebus handphone tersebut dengan harga hanya ratusan ribu saja.

 

Tanpa Biaya Tambahan

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Berbagai kelebihan dan kekurangan smartphone biasanya membuat pemiliknya harus rela merogoh kocek lebih. Baterai yang cepat habis membuat banyak orang membeli powerbank, takut layar mulusnya tergores juga membuat sang pemilik membeli screenguard — yang terkadang harganya lebih mahal dari sebuah featured phone! Belum lagi kebutuhan untuk terus ON membuat sang pemilik berlangganan paket internet bulanan.

Dengan handphone jadul kamu tidak perlu mengeluarkan itu semua.

 

Tidak Membuat Kecanduan

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Pernahkah kamu mendapati seseorang yang terus saja melihat smartphone nya dimanapun dia berada? Mungkin dia sudah kecanduan smartphone — baik itu melalui game, sosmed, browsing, dsb. Feature phone aman dari pengaruh kecanduan seperti ini.

 

Hubungan Sosial Lebih Hangat

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Sudah bukan pemandangan asing lagi jika kita mendapati sebuah keluarga dalam satu ruangan, tetapi mereka tidak ngobrol satu sama lain karena sibuk dengan smartphone nya masing-masing.

Tidak hanya dalam hubungan keluarga, ketika hang out bersama teman-teman pun seringkali terjadi hal yang sama. Kita hanya ngumpul tetapi tidak saling ngobrol karena sibuk sendiri dengan smartphone nya masing-masing.

Pengguna feature phone tidak mengalami hal ini. Ketika bertemu dengan teman-teman atau keluarga, biasanya mereka aktif bercengkerama dan mengobrol dengan hangat.

 

Dalam Beberapa Kasus, Lebih Produktif

Smartphone memang dibuat untuk meningkatkan produktivitas, karena pengguna bisa melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun secara mobile.

Namun dalam banyak kasus smartphone malah membuat orang tidak produktif. Facebookan pas di sekolah, ngegame waktu bekerja, dan berbagai aktivitas lainnya.

Keterbatasan fitur di feature phone yang hanya bisa untuk SMS dan telepon seringkali malah membuat orang lebih produktif dengan fokus pada pekerjaan dan aktivitas yang dia lakukan.

 

Lebih Awet dan Tahan Banting

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Sudah bukan rahasia lagi kalau smartphone jadul jauh lebih awet dan tahan banting dibandingkan smartphone kebanyakan. Firmware nya yang sederhana sangat tahan terhadap kerusakan software, dan bentuknya yang rigid seringkali membuatnya tetap berjalan normal meskipun terjatuh ke lantai berkali-kali.

 

Bentuk Tidak Membosankan

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Kalau kamu perhatikan, bentuk smartphone saat ini terbilang monoton dengan layar lebar touchscreen berukuran kotak. Kalaupun ada inovasi paling-paling hanya di ujungnya yang rounded atau tajam, perbedaan warna, serta curved display yang baru populer akhir-akhir ini.

Hal itu sangat berbeda dengan feature phone yang bentuknya bervariasi, mulai dari slide, flip, kotak, panjang, dsb.

 

Mengetik Tanpa Harus Melihat Layar

Masih ingatkah kamu betapa mudahnya dulu kita mengetik di handphone jadul tanpa harus melihat layar karena sudah hafal dengan tombol-tombolnya? Kita bisa mengetik sambil ngobrol, nonton TV, bahkan sambil mendengarkan guru mengajar. *eh

Hal seperti ini sulit kita lakukan dengan smartphone yang hampir semuanya menggunakan keyboard touchscreen.

 

Tidak Terganggu Iklan

Terganggu dengan banyaknya iklan di aplikasi smartphone? Di feature phone kamu tidak akan mendapatkannya.

 

Aman dari Virus, Malware, ataupun Adware

Dulu memang ada beberapa kode-kode tertentu yang bisa mengganggu pengguna handphone jadul, tetapi untuk saat ini sang pembuat virus, malware, ataupun adware sudah fokus menyerang pengguna smartphone. Hasilnya pengguna feature phone bebas dari ancaman virus, malware, maupun adware.

 

Praktis

Tidak perlu lagi repot-repot memasang screenguard, backcase, cover, flip case, blah blah blah. Tinggal ambil saja dan kantongin. Feature phone memang praktis!

 

Tidak Crash atau Ngelag

Windows Phone sudah jarang sekali nge-lag, tetapi feature phone jauuuh lebih jarang lagi. Bahkan bisa dibilang dia tidak pernah nge-lag saat digunakan.

 

Mudah Diajarkan ke Orang Tua

Seberapa banyak diantara kamu yang harus bersusah payah mengajarkan cara menggunakan smartphone ke orang tua? Hmmm…daripada bersusah payah, coba belikan feature phone dan ajarkan. Dijamin dalam hitungan hari orang tua kamu langsung mahir menggunakannya.

 

Tidak Mudah Panas

Seberapa sering kamu merasakan smartphone menjadi panas karena telepon, bermain game, atau browsing dalam waktu lama? Pasti sangat sering.

Di feature phone a.k.a handphone jadul, kamu bisa telepon sepuasnya tanpa khawatir handphone menjadi super panas seperti yang sering terjadi di smartphone.

 

Tidak Mudah Kepencet

Entah kamu pernah mengalaminya atau tidak, tetapi saya sering ketika telepon menggunakan smartphone tiba-tiba kepencet tombol hold ataupun End call karena touchscreen tertempel di pipi.

Hal ini sangat jarang terjadi di feature phone yang kebanyakan memang menggunakan keypad alias tombol fisik.

 

Tidak Pusing Update dan Upgrade

Selain menyenangkan karena rutin mendapatkan fitur baru, tetapi terkadang melelahkan juga untuk melakukan update dan upgrade OS di smartphone. Kuota internet pun seringkali menjadi korban karena update OS maupun berbagai aplikasinya tidak jarang memiliki ukuran file yang besar.

Di handphone jadul, kamu tidak bakal pusing memikirkan update dan upgrade. Bahkan diu hampir semua kasus, kamu tidak akan diminta untuk update ataupun upgrade — sejak handphone tersebut baru sampe menjadi rusak.

 

Itulah 17 kelebihan handphone jadul yang sulit untuk bisa kamu nikmati di smartphone masa kini. Ada satu lagi sebenarnya yang terlewatkan, yaitu handphone jadul itu multi-fungsi — yaitu selain berfungsi sebagai handphone, di saat-saat terdesak kamu bisa menjadikannya sebagai senjata pertahanan untuk menimpuk orang-orang yang menjahati kamu, serius! :D

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • wkwkwk…

  • Oalah jadi inget ketika masih pke Nokia jadul
    Waktu itu ngetik SMS dah paling hafal, walaupun aku kasih Stiker di tombol2nya wkwk.

    • weits..masih ada euy, handphone jadulku dah ilang..Nokia 8250, kecopetan :v

  • BUDI

    dulu, Handphone ya benar-benar Handphone.

    Telepon tangan, ngepas digenggam

  • Aku masih punya Nokia 1100, beli tahun 2007 dan masih bisa dipakai sama Mama… :D

    Durability yang menyeramkan…

    • kalau smartphone sekarang seawet handphone dulu, mungkin manufaktur pada tekor krn gak ada yang beli HP baru, soalnya yang lama gak rusak2 :v

      • Wakaka… Betul juga Febian… :D

  • Gamenya paling seru: Space Impact sama Snake. Khas banget tuh :D

    • Kurang satu,yg balapan mobil, Kart apa gitu…

  • RiZz Manurung

    18,terhidar dari perbuatan nakal miyabi..

  • Farhan Ikbal Haidary

    ngakak bener saat orang ada mau lempar hp nokia wkwkwkwk

    • Labib Muhammad

      Greget level 999

  • al

    Jadi inget nokia 1101 ku yg dulu aku sayang banget baterai awet keypad empuk ada senternya terang banget dan main game snake asyik sumpah… Akhirnya dibeli temen buat anaknya hmm… Sweet memories

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    punya.. Nokia 100 .. simple.. baru 6 bulan malah hilang.. (baru hilangnya juga di akhir tahun)… disitu juga banyak sekali SMS dari mantan keduaku… yang dibilang aaaah romantis sekali.. *eeee?

  • Zoxar Blackist

    Masih kurang… HP jadul bisa jadi alat pemuas wamita sudah dilengkapi getaran. Ukurannya pas buat wanita. Smartphone terlalu besar gak pas buat wanita. Hahahaha… Jangan marah ya. Peace… #pleasethinkingpositive

    • idea sukma bakti

      eh serius, ini serius dan menjadi rahasia umum! :v

      • Zoxar Blackist

        Baiklah. Lanjutkan, mas

  • Muhammad Raihan

    Kerenbanget

  • bukan hanya nokia,tapi aku juga punya feature phone buatan flexi sama fren, benar-benar awet, dari dulu sampai sekarang masih bisa digunakan, paling seneng sama game space impact sama snake, nggak ngebosenin walau main dalam waktu lama, apalagi main game di nokia n-gage,sangat menyenangkan :D

  • idea sukma bakti

    artikel-artikel editorial kritis yang seperti inilah yang membuat saya tertarik kembali untuk membuka situs Winpoin ini, sehingga membuatnya unik disamping hanya mengalih bahasakan artikel-artikel yang berasal dari situs teknologi luar negri. terima kasih.

  • Labib Muhammad

    Paling sebel kalau hang out di tempat yang ada wifi nya. Semua langsung mbuka hp, entah update status atau poto-poto. Please deh, hp simpen dulu, nanti aja, nikmati rasanya ngobrol.

  • Muhamad Farhan Abi Karami

    Masih inget Game legendaris dengan cheat 787898?

    • Nurcahya

      Bounce? :v kalo nginget bounce ada masa surem :v dulu HP Nokia bokap yg ada game bouncenya gk sengaja sana delete, dulu saya kira delete itu untuk ke unlock tempat baru :v ternyata delete itu hapus artinya :v akhirnya gk bisa main bounce :v

      • Muhamad Farhan Abi Karami

        Haha bener gannn,waduh malah di delete Ya ilang boss

  • JK

    Daftar hape nokia yang pernah saya pake dari akhir tahun 1990-an :
    1. Nokia 5110…beli buat pacar
    2. Nokia 3330
    3. Nokia 6510…pake bentar jual lagi…sinyal naik turun
    4. Nokia 6610
    5. Nokia 6300
    6. Nokia CDMA 2505…beli buat bini
    7. Nokia CDMA 2608
    8. Nokia 5800 XM
    9. Nokia C-7
    10. Nokia Lumia 1320 sampe sekarang…..
    11. Tunggu hape Nokia berikutnya di tahun 2016

    • Darwis

      nokia lova :v

      • zainzacky

        untung lumia gnti microsoft.cb klo masih ttep nokia…

      • zainzacky

        untung lumia gnti microsoft.cb klo masih ttep nokia…

      • JK

        Iya gan…ane termasuk fan nokia garis keras. Daftar diatas semua rata2 tipe yg mahal. Belum lagi hape2 nokia murah dibawah 500 rebuan yang ada senternya wkwkwk. Dalam sejarah pake hape, baru sekali doank pake merk lain (Samsung x700), jaman masih belum ada android. Pake bbrp bulan mau jual kembali susahnya minta ampun. Gak ada satu toko pun yg mau menerima samsung seken. Kalo nokia jangan ditanya. Pasti diterima apapun tipenya. Roda selalu berputar….sekarang kebalikannya. Tapi ane tetap setia sama nokia….dengan sabar kutunggu kembali kehadirannya di tahun 2016. Gak perduli OS nya apa…pokoke nokia is the best.

        • eh asal lu tau ye semahal2 nya hape genduruwo jadul kek gitu dulu, klo di-uangkan ke jaman skrg dapat asus tau :( :’) kangeeen hape gituaaaan~

          • Rafael

            Iya bener ane jadi kangen main game space impact sama bounc. Sampe sekarang saya juga masih tau cheat main bounc wkwkwkwkwkkwk

    • Labib Muhammad

      One simple question. Itu bini sama gak orangnya sama pacar?

      • JK

        Wkwkwkw….yang nomer 1 udah jadi bini orang gan.

  • Meigi Shafardi

    Jadi inget Nokia 3220 punya ane, yg isi lampu di pinggiran bodynya.
    HP segitu biar Lampunya banyak tetep gk bikin boros batere :v

    • RiDho Ahmad

      sama ane juga punya :D

  • Gondo

    Klo hape jadul saya yg paling keren tuh sony ericson w200i(beli pakai gaji pertama pula, dan baru pertama dapet kerja) bisa ngetik sambil naik motor tanpa liat hape, hape paling tahan banting motorola cdma(lupa seri) udah ke cebur kloset wc 2x masih nyala, jatuh dari motor guling gulingan di aspal tapi kagak lepas baterenya dan masih nyala. Hape paling unik nokia 5510(kenangan yg masih inget adalah mesti resize uk. Lagu biar muat banyakndi memori telp). Yg pasti dari semua hape di atas gak bikin saya jadi alien yg setiap waktu liat hape terus.

  • alanndz

    ane masih pke
    1. Nokia N70
    2. Nokia 5130

  • Addy Yang

    hape senter ganjal pintu tahan banting bray :v

  • Itu ada typo Om, “Diu”?

    • Robin Zamani

      Hapus huruf “u”

  • Ferdy Pie

    Ada N-GAGE QD. HP pertama ane tuh hehe.

  • Romeo

    ane dl fans nokia dg os symbian nya, tp ane g muna klo robot ijo itu fungsional (apa2 bisa & ada) pindah lah ke robot ijo, smpet pke apel krowak sm bebeb cm itungan hr (kurang open osnya sehingga kurang fungsional meskipun jailbrik,hack ato apalah). skr ttp pke robot ijo+lumia sbg obat penasaran

    klo nokia jaman dl plg suka nokia 2100 bs gambar2, keypad empuk, bs nyala terang pula wkwkwkw drmh msh ada jg bangkai 3310 hp legendaris!

  • Waduh gue gak ingat pake nokia apa aja dulu, sekarang mah pake nokia 1202 itu loh wkwk

  • Ruli Y Pamungkas

    Ane juga mau cerita gan, ane udah dari jaman kuliah di Jogja, kerja di RCTI, NET TV, ane di sebut nokia lovers krn dr jaman kuliah pake N 3110, N 73, C6-01 kerja di 2 tv masih setia pake L925 sama Nokia X. Hahaha ampe tmn2 pada bujukin suruh ganti android lah, Iphone tapi ane tetep setia sama Nokia sampe sekarang

  • Robin Zamani

    HP Pertamaku Jadul, Merk Fren, Layar Biru, dan satu – saatunya handphone yg pernah kumiliki sejak lahir sampai sekarang (gk pernah punya smartphone). Tapi aku punya sejak sekolah MI kelas 4, hehehe…. padahal awalnya cuma untuk alarm buat bangunin tidur karena perintah Orang Tua. Tapi tak lama kemudian (gk sampai 6 Bulan) HP-nya udah dipake untuk WARTEL. Sampai sekarang tetep yg kupunya hanya laptop ini yg udah dimiliki selama kurang lebih 3 tahun.

  • Dadang Sudirman

    Saya pecinta HP batangan. Simple and easy

  • yahya

    hp nokia saya dah gak inget semua. yang masih inget 3530,
    Nokia 5310 XpressMusic, nokia c3 . yang c3 masih kepakai .

  • Arachmadi Putra Pambudi

    Hay min :v

    Ente punya feature phone nokia kagak :v

  • Heru Prijanto

    Saya pertama mulai memakai handphone tahun 1996,merk Hagenuk GSM made in Jerman. Udah gitu ganti2 hingga sekarang lebih 130an hp dan tetap saya simpan rapi dan terawat. Juga nomor hp Telkomsel tetap saya pakai hingga sekarang (orang nomor dua berlangganan KartuHallo di Malang).

  • Mr. Oeban

    Daftar HP yg Pernah saya Pakai dari Tahun 1993
    1. Nokia 5110
    2. Nokia T10
    3. Nokia T 28
    4. Nokia T29
    5. Motorolla V3688
    6. Nokia 8210
    7. Nokia 8250
    8. Nokia 6610
    9. Nokia 8850 sampai sekarang
    9. Nokia 8890
    11. Nokia 6300
    12. Nokia E90 Sampai Sekarang
    13. Blackberry Gemini
    14. Blackberry Storm I
    15. Blackberry Onyx 1
    16. Blackberry onyx 3
    17. Blackberry Monza

  • Mr. Oeban

    Yang dipakai Sampai Sekarang
    1. Apple Iphone 4S
    2. Nokia E90
    3. Nokia 8850