Home Tutorial 2 Cara Membuat Bootable Windows 8 / 8.1

2 Cara Membuat Bootable Windows 8 / 8.1

bootable_1

Disaat kamu ingin menginstall Windows kamu harus membuat Bootable dari ISO Image Windows 8 / 8.1. Ada dua media yang dapat dipilih dalam membuat bootable yakni dengan media Flashdisk ataupun media DVD. dan berikut WinPoin berikan dua cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat Windows 8 / 8.1.

Dengan Menggunakan Media Flashdisk

bootable_2

Cara ini menjadi satu-satunya pilihan bagi kamu untuk menginstall Windows jika notebook atau netbook kamu tidak memiliki DVD-Rom. Bahan yang kamu butuhkan hanyalah Flashdisk dengan size minimal 4GB dan ISO Image Windows 8. Untuk Membuat Bootable dengan media Flashdisk kamu dapat menggunakan 2 cara yakni secara manual dan menggunakan software bantuan. Panduan dan langkah-langkah detailnya bisa kamu baca di 2 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 8 / 8.1

 

Dengan Menggunakan Media DVD

Jika kamu menggunakan PC yang memiliki DVD-Rom ataupun memiliki DVD-Rom eksternal, opsi menginstall Windows melalui DVD merupakan pilihan yang tepat. Untuk itu bagi kamu yang ingn membuat bootable Windows 8/8.1 dalam bentuk DVD, berikut ini WinPoin berikan panduannya.

Pertama masukan DVD kedalam DVD-Rom ataupun DVD-Rom eksternal, setelah itu klik kanan pada ISO Image yang ingin di Burn, kemudian pilih Burn disk image.

bootable_3

 

Dan ketika jendela baru terbuka pastikan letter Drive DVD sudah benar. jika sudah benar pilih Burn untuk memulai prosesnya.

bootable_4

 

Ketika proses Burn sudah selesai maka DVD tersebut siap menjadi media bootable Windows.

bootable_5

bootable_6

Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan software pihak ketiga seperti CDBurnerXP atau Windows 7 USB / DVD Tool.

 

Setelah kamu membuat bootable Windows 8 / 8.1, tahap selanjutnya kamu tinggal melakukan installasi Windows. Panduan lengkap instalasi Windows bisa kamu baca di Cara Menginstall Windows 8.

Nah itulah 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat bootable Windows 8 / 8.1 Jika ada pertanyaan tentang bootable ini bisa langsung kamu tanyakan di Forum WinPoin.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.