Martin Cooper via CNN

Tahukah kamu, 3 April kemarin, 46 tahun yang lalu Vice President Motorola Martin Cooper, menjadi orang yang pertama melakukan panggilan telepon lewat ponsel! Pada saat itu, ponsel yang digunakan adalah DynaTAC dari Motorola. Cooper pada saat itu melakukan panggilan telepon dari depan New York Hilton. Orang yang diteleponnya adalah kepala penelitian Bell Labs, perusahaan yang juga adalah pembuat ponsel pertama di dunia.

Ponsel berbentuk kaku dan besar tersebut, kini telah digantikan oleh smartphone yang tipis dan relatif mungil dibandingkan ponsel pertama di dunia yang digunakan Martin Cooper itu. Saat ini orang tidak hanya menggunakan ponsel untuk menelepon, namun juga untuk aneka aktivitas seperti memesan makanan lewat gojek, menelusuri internet untuk mencari informasi, atau bermain game.

via Cisco

Martin Cooper dikenang dalam sejarah ponsel dan bahkan sempat menjadi tamu kehormatan saat Motorola merilis produk Razr terbaru tahun lalu. Telah banyak hal yang berubah sejak Cooper pensiun dari Motorola. Perusahaan ini sempat jaya sebagai salah satu produsen ponsel, namun kini Motorola telah menjadi bagian dari Google. Salah satu perusahaan dengan valuasi terbesar di dunia ini nampaknya ingin memanfaatkan pengetahuan Motorola tentang hardware ponsel guna mendorong makin meningkatnya pengguna ponsel dengan OS Android, yang sudah mendominasi dunia saat ini.

Jadi jika saat ini kamu menenteng salah satu smartphone yang memudahkan kamu berkomunikasi dengan seluruh dunia dan berbagai aktivitas harian lainnya, maka kamu harus ingat bahwa Motorola punya andil dalam menciptakan dunia yang saling terhubung dengan teknologi telepon seluler yang mudah dibawa ke mana saja.

 

Sumber: Cnet

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.