Sudah lama rasanya saya menggunakan Windows 10, semejak pertama kali saya menggunakan Windows 10 dari tahun 2015 lalu ada banyak sekali pengalaman dan hal baru yang memang menyenangkan, namun semejak berganti versi, penambahan fitur dan upgrade yang berulang kali telah dilakukan sampai ke versi saat ini, yaitu Windows 10 October 2018 (1809), ada beberapa hal yang saya suka dan tidak suka, berikut review singkat dan pengalaman saya pribadi selama menggunakan Windows 10 October 2018 (1809).

3 Hal Yang Saya Suka dan Tidak Suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809)

Hal Yang Saya Suka?

Ada beberapa hal dan fitur yang sangat saya suka semejak menggunakan Windows 10 October 2018 (1809) ini, diantaranya :

  • Clipboard History

3 Hal Yang Saya Suka dan Tidak Suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809)

Yap fitur ini sangat berguna banget, apalagi ketika sedang melakukan banyak pengeditan akan tugas kuliah atau apalah yang berhubungan dengan mengcopy sebuah data, foto, link dan lainnya, karena dengan menekan kombinasi Windows + V akan menampilkan apa saja yang kita copy dan bisa langsung mempaste nya kedalam dokumen yang kita mau, bermanfaat sekali.

3 Hal Yang Saya Suka dan Tidak Suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809)

  • Dark Mode File Explorer

Gak usah ditanyakan lagi, menggunakan Dark Mode untuk File Explorer itu rasanya enak aja dilihat, mungkin karena saya kebanyakan melihat File Explorer yang gitu gitu aja semejak Windows XP, sampe Windows 10 April 2018 Update kemarin dan karena sering pake Dark Theme di Linux, menggunakan Dark Mode File Explorer memberikan pengalaman yang lebih asik lagi ketika menggunakan Windows.

3 Hal Yang Saya Suka dan Tidak Suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809)

  • Snip & Sketch

Saya menggunakan PicPick dalam mengambil beberapa screenshot untuk pelengkap saya memberikan tulisan di Winpoin.com dan blog pribadi saya , dan terkadang saya harus langsung memberikan Screenshot untuk mengedit dokumen, atau memberikan screenshot dalam memberikan tutorial secara langsung ke beberapa teman saya melalui skype atau whatsapp, dan dengan Snip & Sketch semua itu bisa dilakukan dengan mudah, jika dengan PicPick harus melakukan save terlebih dahulu, dengan Snip & Sketch tinggal langsung tempel aja.

3 Hal Yang Saya Suka dan Tidak Suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809)

Btw bagi yang belum tahu, fitur ini bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + Shift + S.

Itu aja 3 hal yang saya suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809), dan berikut hal yang saya enggak sukanya dari Windows 10 October 2018 Update (1809) ini.

Hal Yang Saya Enggak Suka!

Ada beberapa hal yang saya enggak suka dari Windows 10 October 2018 Update (1809) ini dan diantaranya :

  • Banyak Bug!

Ah gak usah dijelasin banyak banyak, saya udah capek dengan bug di versi Windows 10 ini, dan yang paling saya gak suka adalah kadang Action Centernya Muncul di Kiri, dan Kadang Brightnessnya akan kembali ke 100% jika Laptop di Restart. Padahal dalam beberapa seri Cumulative Update Microsoft mengatakan sudah memperbaiki masalah ini, namun tetap aja ada, dan bahkan meski saya melakukan Clean Instal sama saja.

Windows 10 October 2018 Update (1809)

  • Timeline

Timeline memang diperkenalkan pada Windows 10 April Update dulu, dan sampai sekarang saya gak pernah suka sama timeline, kenapa? karena kadang ada beberapa hal yang sering dibuka dan malah tampil disana, misalkan ya ehm “foto mantan” atau ya apa kek, pokoknya hal ini wajib banget dimatikan demi masalah privasi dan kemanan file.

Windows 10 October 2018 Update (1809)

Namun bagi kebanyakan orang timeline ini berguna banget dan emang bener juga sih, ya misalkan ketika kita membuka lembar kerja Docx di PC Kantor dan pengen lanjut kerja di Rumah, jika menggunakan akun yang sama maka semua bisa tersinkronsasi.

  • Makan Banyak Sumber Daya

Entah memang apa yang saya rasakan, namun makin hari makin berat aja penggunaan RAM di Windows 10, jika dibandingkan dengan Windows 10 pas pertama kali rilis, performanya bisa dikatakan mirip dengan Windows 8.1 serba smooth dan anti dengan kata lag, namun sekarang bahkan dalam keadaan Start Up dan Laptop belum digunakan pemakaian RAM udah 2GB aja, trus nasib pengguna RAM 4 GB Kebawah gimana, apalagi yang pake 2GB? Belum lagi masalah umum pengguna Hardisk Konvensional dengan Disk Usage 100%, makin hari serasa makin banyak aja.

Windows 10 October 2018 Update (1809)

Bahkan jika dibandingkan dengan Windows 7, membuka Windows Explorer di Windows 7 terasa lebih cepat sepersekian detik dibandingkan dengan membuka File Explorer di Windows 10. Sepersekian detik ya, gak nyampe 1 detik. Padahal saya pake SSD. hmmm

Windows 10 October 2018 Update (1809)

Kesimpulan

Bisa dikatakan saya suka dan cinta dengan Windows 10, karena memang ini adalah versi Windows terbaru dari Microsoft, namun andaikan jika Windows 7 masih didukung dan akan mendapatkan Service Pack lainnya, tentunya Cinta saya akan berpaling ke Windows 7. Namun jika kedepannya akan ada fitur baru yang lebih keren dan minim bug wah mantap dah, apalagi jika fitur sets udah di rilis, bakal keren tuh.

Perlu diingat ini artikel diatas adalah sepenuhnya pandangan saya pribadi, karena pengalaman dan mungkin rasa yang diberikan akan berbeda untuk setiap orang tergantung versi dan perangkat yang digunakan.

Berikan juga pengalamanmu ketika menggunakan Windows 10 1809 dikolom komentar dibawah.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.