Radiasi merupakan kabar buruk untuk siapapun, baik manusia maupun lingkungan. Smartphone yang kamu gunakan sehari-hari juga memancarkan radiasi. Namun, radiasi yang dipancarkan smartphone masih tergolong lemah.

Penilaian yang digunakan untuk mengukur radiasi adalah SAR value. Asalkan nilai SAR masih dibawah 2 Watts per kilogram, maka smartphone tersebut tergolong aman. Tapi meskipun demikian, tetap saja semakin tinggi nilai SAR, maka semakin buruklah radiasi yang dipancarkan. Berikut adalah daftar smartphone dengan pancaran radiasi tertinggi.

Xiaomi Mi A1 menempati peringkat pertama dengan angka 1,75. Diikuti dengan OnePlus 5T, lalu Xiaomi lagi, OnePlus lagi, dan seterusnya. Xiaomi dan OnePlus mendominasi daftar tersebut dengan total 4 ponsel. Apple juga ada di daftar tersebut, meskipun hanya dua ponsel. Lini terbaru Google Pixel, dua duanya juga masuk daftar. Lah terus dimana Samsung.

Oho, Samsung ternyata mendominasi daftar berikutnya, yaitu daftar smartphone dengan radiasi terendah, berikut daftarnya.

Samsung mendominasi daftar ini dengan 8 ponsel. Peringkat kedua ada Nokia  dan ZTE dengan 3 ponsel. Diikuti LG dan Motorola 2 ponsel. Sayang nilai SAR Nokia baru muncul beberapa hari yang lalu sehingga ketika tabel ini dirilis ponsel Nokia belum masuk daftar. Jika kamu mau tahu berikut 3 ponsel Nokia dengan nilai SAR terendah.

  • Nokia 6.1 Plus – 0,23
  • Nokia 7.1 – 0,26
  • Nokia 5.1 – 0,29

Masalah radiasi ini sering kali dianggap sepele, padahal kehidupan kita hampir selalu tergantung pada peralatan elektronik. Ada baiknya jika dalam satu waktu kita menjauh dari ponsel dan benar-benar menikmati hal-hal di sekitar kita, living in the moment.

 

via Di9it

 

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.