Adblocker Palsu Tipu Jutaan Pengguna Chrome

5 Februari lalu, saat sebagian teman-teman merayakan Tahun Baru Imlek, momen tersebut sebenarnya bertepatan dengan Safer Internet Day. Google merayakan hari tersebut dengan merilis sebuah alat keamanan yang dapat kamu manfaatkan dengan segera jika kamu adalah pengguna Chrome. Untuk apa gunanya? Ini merupakan sebuah add-on untuk Google Chrome yang jika kamu instal, maka add-on ini akan mengenali kombinasi username dan password yang kamu gunakan untuk sign in di berbagai layanan online di Chrome kamu dan memeriksa apakah ada kemungkinan ada orang selain kamu yang menggunakan kombinasi tersebut. Dengan demikian, maka kamu akan langsung tahu apakah kredensial kamu telah digunakan oleh orang lain untuk mengakses data-data kamu.

Lebih jelasnya, Password checking tool dari Google ini dapat membandingkan kombinasi username/password milikmu dengan database yang terdiri atas empat miliar kredensial yang bocor. Server Google juga akan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk hal ini. Tim keamanan Google telah bekerja dengan para cryptographer dari Stanford University untuk memastikan bahwa Google tidak akan mempelajari atau menyimpan kombinasi username dan password milikmu sehingga tidak menimbulkan kebocoran lebih lanjut.

Setelah diinstal, Password Checkup akan memantau semua login yang kamu lakukan dan akan memberikan peringatan jika ada kecocokan positif. Lalu apa tindak lanjutnya? Jika kamu mendapatkan peringatan dari Google bahwa kredensial kamu masuk dalam daftar ‘sudah di-hack’ atau sudah digunakan orang lain, maka sebaiknya kamu cepat-cepat mengganti username dan password milikmu agar tidak ada penerobosan ke akses data milikmu.

Google menjelaskan bahwa sistem pemeriksaan ini dilakukan tanpa perlu mengetahui apa username dan password milikmu. Skema lengkapnya diuraikan dalam infografis berikut.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Kamu cukup menginstall add-on Chrome dari tautan berikut:

Password Checkup

Setelah itu secara otomatis add-on ini akan melakukan pemeriksaan. Tingkat keamanan kamu ditandai dengan warna hijau dan tanda centang di ikon add-on tersebut. Jika ada masalah, maka ikon akan berubah merah dan memberikan notifikasi peringatan.

Sepertinya ini merupakan salah satu add-on yang wajib kamu instal, apalagi jika kamu punya banyak kredensial tersimpan untuk berbagai layanan dan web yang kamu akses dengan Google Chrome!

 

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.