Jika kamu adalah seorang Front End Developer yang berkutat dengan HTML, CSS dan Javacript, dan bagi kamu yang menggunakan Tool dari Microsoft yaitu Visual Studio Code, berikut adalah 3 Rekomendasi Extensi Visual Studio Code yang akan mempermudah hidupmu.

Live Server

Nah yang paling saya suka adalah Live Server dari publisher “Ritwick Dey”, dengan Extensi ini kita tidak perlu ribet install XAMPP atau Apache Web Server. Kamu cukup instal Extensi, dan setelah semuanya sudah siap, klik kanan pada HTML yang kamu kerjakan pilih Open With Live Server.

Selanjutnya secara otomatis Default Browser kamu akan terbuka dan langsung menampilkan desain HTML yang sudah kamu kerjakan dengan url host 127.0.0.1:5500

Kelebihan menggunakan Extensi ini adalah, setiap kali kamu melakukan Save File HTML kamu, otomatis Preview yang dibuka pada browser tadi akan secara otomatis direload.

Bracket Pair Colorizer

Selanjutnya ada Bracket Pair Colorizer dari publisher “CoenraadS”, dengan ekstensi ini, jika kamu mengerjakan CSS, kamu bisa dengan mudah melihat akhir dari kurung kurawal “}”atau kurung tutup “)” yang akan dipasangkan dan ditandai dengan garis berwarna dari pembuka nya.

Nah cocok banget dan akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sudah menulis ribuan baris CSS, PHP dan sejenisnya agar kamu tahu letak dimana penutup dari pembuka yang sudah kamu tulis sebelumnya.

AutoRename Tag dan AutoClose Tag

Selanjutnya Extensi AutoRename Tag dari publisher “Jun Han”, dengan ekstensi ini kamu bisa dengan mudah mengubah Tag pembuka dan secara otomatis Tag penutupnya akan mengikuti perubahan yang kamu lakukan.

Ekstensi ini tentunya bisa mempercepat pengerjaan kamu, jadi gak usah lagi mengubahnya satu satu yang kadang kita suka lupa untuk mengubahnya.

Selain AutoRename Tag, ada lagi AutoClose Tag dari publisher “Jun Han” yang sama sama memberikan manfaat untuk mempercepat pengerjaan project kamu, namun jika sebelumnya mengubah Tag secara otomatis, sekarang jika kita membuka Tag baru, misalkan <a> maka otomatis </a> akan dibuat disebelahnya. Jadi gak mungkin lagi kamu lupa menutup tag yang dibuat.

Kesimpulan

Sebenarnya nih guys, ada banyak ekstensi yang bermanfaat juga yang sekarang saya gunakan, seperti XML Tools, Beautify dan lain lain, namun tiga ekstensi diatas yang pasti bakalan saya instal pertama kali dimanapun Visual Studio Code saya install. Karena extensi diatas benar benar mempermudah proses pengerjaan sebuah HTML atau CSS, bahkan Javascript.

Baca Juga : Extensi Visual Studio Code Wajib Buat Para Web Developer!

Share extensi favorit kalian wahai developer. Jangan lupa komen dibawah. Next Time, akan ada part keduanya.

  DAPET VIP ACCESS!! NYOBAIN LIVE.ON BETA: Speed Test, Fitur, dan Kuota 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.