Ketika kamu membeli Laptop baru yang terinstall Windows 10, ada baiknya kamu memastikan bahwa Windows 10 tersebut telah teraktivasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memastikan bahwa Windows 10 telah teraktivasi atau belum, dimana artikel kali ini akan memberikan caranya.

Melalui Settings

Kamu bisa melihat informasi mengenai status aktivasi Windows 10 melalui Settings > Update & Security > Activation. Pada panel kanan, perhatikan pada bagian Activation.

Melalui Control Panel

Buka Control Panel, navigasi ke System and Security > System. Kamu akan mendapati status aktivasi pada bagian Windows activation.

Melalui Command Prompt

Buka Command Prompt, ketikan perintah slmgr -xpr. Pesan yang keluar tergantung dari jenis lisensi yang kamu gunakan, dimana jika menggunakan Retail / OEM, maka statusnya akan aktif selamanya (permanently). Jika Volume / KMS, maka statusnya akan aktif selama 6 bulan semenjak lisensi tersebut diaktifkan.

Melalui Windows Run

Kamu juga bisa mengetikan perintah yang hampir sama dengan cara melalui Command Prompt. Buka Windows Run (Win + R) lalu ketikan perintah slmgr.vbs -xpr, dimana hasil pesan yang keluar tergantung dengan lisensi yang kamu gunakan.

Itu dia 4 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek apakah Windows 10 kamu telah teraktivasi atau tidak. Jika memiliki cara lainnya, pastikan kamu membagikannya melalui kolom komentar.

  Galaxy Z Flip vs Galaxy Fold, Mending Mana..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.