Home PC 4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi (1)

Sistem pada Windows itu sendiri terdiri dari file/komponen sistem yang sangat kompleks, ada banyak komponen penting yang menunjang kinerja sistem, yang mana jika terhapus mungkin akan membuat sistem dalam masalah.

Meskipun begitu, ada beberapa file sistem pada Windows yang dapat kamu hapus secara aman. Sehingga dapat menghemat ruang pada partisi sistem Windows.

File Temporary

Seperti namanya, file temporary merupakan file sementara yang mana file ini dibuat ketika sebuah aplikasi berjalan. Jadi intinya file ini akan digunakan ketika sebuah aplikasi atau perintah berjalan.

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi (2)

File Temporary ini, jika dibiarkan terus maka akan semakin menumpuk. Tetapi kamu dapat menghapusnya dengan aman dengan melalui Disk cleanup, Settings (jika menggunakan Windows 10) atau menghapusnya secara otomatis ketika start up Windows.

Recycle Bin

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi (3)

Tentunya kamu sudah tahu bahwa file yang kamu hapus akan terkirim ke Recycle Bin (kecuali kamu mengaturnya untuk otomatis terhapus secara permanent). Jika kamu tidak sadar, mungkin saja sudah banyak file didalamnya. Jika hal tersebut terjadi maka kamu dapat menghapusnya dengan aman.

Windows.old

Folder Windows.old akan muncul pada saat setelah melakukan upgrade Windows atau menginstall ulang Windows tanpa menghapus sistem sebelumnya. Tentunya size yang dihasilkan cukup besar (7GB++) karena berisikan file sistem sebelumnya.

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi (4)

Untuk menghapusnya kamu dapat menggunakan Disk Cleanup untuk melakukannya. (Baca Juga Apa itu folder $WINDOWS.~BT dan Windows.old pada Windows 10? Lalu Amankah untuk di Hapus?)

File Hibernate

Hampir serupa dengan Sleep, tetapi hibernate akan menyimpan semua pekerjaan yang sedang ada pada RAM pada hardisk. Tentunya hal ini membutuhkan ruang yang cukup untuk menyimpannya. Maka dari itu, biasanya file hibernate (hiberfil.sys) akan ruang beberapa giga.

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi (5)

Jika kamu tidak ingin menggunakan hibernate, maka kamu dapat mematikannya dengan mengetikan perintah berikut di Command Prompt.

powercfg.exe /hibernate off

Dengan begitu maka otomatis sistem akan menghapus file hibernate. (Baca Juga Inilah Bedanya Sleep vs Hibernate di Windows)

4 File Sistem Windows yang Dapat Kamu Hapus untuk Mengemat Ruang Partisi (6)

 

Nah itu dia 4 file sistem yang dapat kamu hapus secara aman, agar dapat menghemat ruang partisi. Jika kamu ingin menambahkan hal yang belum disampaikan diatas, silahkan menyampaikannya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.