Home PC 4 Tips Agar Laptop Tuamu Optimal di Tahun 2017

4 Tips Agar Laptop Tuamu Optimal di Tahun 2017

Belakangan ini perkembangan teknologi melesat cepat. Laptop-laptop low-mid yang dirilis tahun 2012 ke bawah dengan cepat ketinggalan zaman. Perubahan ini terhitung signifikan mengingat tahun 2005-2012 Laptop dengan RAM 2GB masih bisa berjalan dengan baik. Namun dari 2012-2016, mendadak RAM 4GB terasa begitu sesak. Untuk kalangan tertentu, menjual dan berganti laptop baru terasa seperti membalikkan telapak tangan. Namun untuk beberapa kalangan membeli laptop adalah sebuah kejadian hidup yang terjadi 7 tahun sekali.

Lantas apa saja yang bisa kamu lakukan dengan laptop tua tersebut aga bisa berjalan optimal di tahun depan? Jawabannya dengan upgrade berkala. Meningkatkan spesifikasinya sedikit demi sedikit dan melakukan maintenance yang rutin. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan agar laptopmu bisa jadi top di tahun 2017.

 

Move on ke SSD

WD SSD

Hal ini merupakan hal yang krusial. Upgrade dari harddisk ke SSD memberikan dampak yang amat sangat signifikan. Kinerja laptop meningkat hingga dua kali lipat, bahkan untuk beberapa kasus tertentu bisa empat kali lipat. Sekilas harga SSD terlihat lebih mahal daripada harddisk, namun sekali mencicipinya, kamu tidak akan pernah ingin kembali lagi pakai harddisk. Untuk harga pasaran saat ini SSD tergolong semakin murah dibandingkan tahun kemarin. Dengan harga 900 ribu- 1,2 juta kamu sudah bisa mendapatkan SSD 256GB dengan kualitas yang baik.

 

Tingkatkan RAM jadi 8GB

RAM

8GB? Bukannya ini terlalu besar? Tidak. Tahun ini kebanyakan aplikasi baru mematok RAM minimal 4GB. Laptopmu mungkin bisa menjalankannya, namun akan terasa sangat berat ketika kamu minimize dan pindah membuka aplikasi lain. Ibaratnya sebuah rumah dengan tipe 21, tapi diisi 8 orang. Cukup sih cukup, tapi akan terasa sempit, sesak dan tidak nyaman. Dengan RAM 8GB dipadukan dengan SSD, kamu bisa loncat-loncat ke aplikasi lain dengan riangnya. :D

 

Ganti Batrai Baru

battery laptop

Saya rasa, performa batrai laptop bertahan selama 4-5 tahun saja. Setelah itu daya tahannya mulai turun dengan signifikan. Itu juga kalau pemakaiannya untuk aktivitas normal. Namun untuk aktivitas berat selama bertahun-tahun, bisa lebih pendek lagi usianya. Meskipun daya tahannya tidak sepanjang laptop keluaran terbaru, setidaknya dengan mengganti baterai kamu tidak perlu hunting colokan setiap saat. Kamu bisa nongkrong di cafe lebih santai, bekerja sama teman dimana saja, atau bisa mengerjakan tugas dan pekerjaan dalam perjalanan jauh.

 

Bersihkan dan Ganti Thermal Paste

Siapa yang disini laptopnya jorok? :p ada bekas saus dimana-mana, keyboard dan layar berdebu, bermandikan bercak-bercak kotoran, atau ada banyak bangkai nyamuk di permukaannya. Hmm ya ya, cara hidup manusia itu beda-beda, saya bisa memakluminya. Namun untuk cara hidup laptop, hal tersebut sangat menyedihkan, kawan.

Bersihkan laptopmu secara berkala, baik luarnya maupun dalamnya. Kadang debu-debu di dalam laptop bisa menghalangi ventilasi, sehingga distribusi panas terganggu. Semakin kotor, semakin cepat panas. Semakin cepat panas, semakin cepat kering thermal paste nya. Padahal thermal paste ini menjaga agar panas dari CPU dan GPU bisa disalurkan keluar sehingga menjaga suhunya supaya tidak overheat. Bisa tamat riwayat laptopmu jika sudah overheat dan CPU atau GPU-nya terbakar. Thermal paste ini juga diganti setidaknya setahun sekali. Toh murah kok, tidak lebih mahal dari kuota bulananmu.

Demikianlah empat hal yang bisa kamu lakukan agar laptop tuamu bisa berjalan optimal di tahun 2017. Biaya yang dikeluarkan pun kurang lebih sekitar 2 juta rupiah. Dengan menerapkan tips tersebut kamu bisa mendapatkan performa yang setara dengan sebuah laptop seharga 9 juta lebih. Dijamin kamu akan merasakan peningkatan yang signifikan. Dengan hal itu pula kamu bisa memperpanjang hidup laptopmu lebih lama lagi.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga memiliki tips tambahan lagi? Jika ada, jangan lupa bagikan masukanmu disini yak! :)

  Video: 3 Cara Download File ISO Windows 10 Terbaru  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.