Home Editorial 5 Aplikasi Menggambar Pilihan untuk Windows

5 Aplikasi Menggambar Pilihan untuk Windows

Microsoft Devices Do Great ThingsSebelumnya, kombinasi yang umum ditemukan pada seniman digital adalah Mac+Wacom. Kalaupun ada yang memakai Windows+Wacom, itupun pas waktu di awal-awal karirnya. Namun, sejak hadirnya jajaran Surface, Windows kembali menjadi lirikan banyak ilustrator profesional sebagai media karya seni digital. Banyak developer yang berbondong-bondong membuat aplikasi terbaiknya di Windows. Karena untuk membuat sebuah karya, tentu membutuhkan aplikasi yang mumpuni bukan? Berikut 5 aplikasi menggambar pilihan untuk Windows.

1. Paint Tool SAI (Rp 640.000 – 30 hari trial)

Paint Tool Sai

Sebut saja ini aplikasi sejuta umat. Banyak orang pertama kali belajar seni digital menggunakan aplikasi satu ini. Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah sangat, sangat, sangat, sangat dan sangat ringan. Meskipun ringan, aplikasi ini jauh lebih baik daripada aplikasi Paint bawaan Windows. Namun, tentu dibalik ukuran yang ringan tersebut ada harga yang harus dibayar, yaitu tampilan yang menurut saya ‘membosankan’ dan tool apa adanya. Selain itu, harganya juga tergolong mahal dibandingkan fitur yang diberikan.

Beli Paint Tool Sai

2. Sketchable (Gratis dengan IAP)

Sketchable

Dari 5 daftar ini, Sketchable merupakan satu-satunya aplikasi UWP yang saya masukkan. Kenapa Sketchable? Bukan Autodesk Sketchbook yang lebih terkenal? Karena Sketchable sudah mendukung Surface Dial sampai ke akar-akarnya (padahal Photoshop saja belum sepenuhnya). Sketchable adalah aplikasi yang gratis dan ringan, tapi memerlukan in-app-purchase untuk mengakses tool yang lebih lengkap.

Download Sketchable

3. MediBang Paint Pro (Gratis)

MediBang

Gratis. Satu kata tersebut adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan kelebihan utama dari MediBang Paint Pro. Tidak ada in-app-purchase dan kawan-kawannya, gratis-tis-tis. Namun meskipun gratis, fitur dan tool yang diberikan hampir setara dengan software profesional. Saat memakainya, saya yakin kamu akan bertanya-tanya, “ini beneran software gratis?” Oh ya, satu lagi, MediBang juga tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Kekurangan dari MediBang adalah UI-nya yang terkesan agak rumit untuk pemula.

Download MediBang Paint Pro

4. Adobe Photoshop CC (Langganan Rp 193.000/bulan)

Adobe Photoshop

Saatnya memasuki zona pro. Yap, inilah salah satu aplikasi favorit para ilustrator profesional. Kuvshinov Ilya, Guweiz, para ilustrator Pixiv yang saya tidak bisa baca namanya, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggambar apa saja yang terbayang dibenakmu memakai Photoshop, kamu juga bisa membuat custom brush yang bisa membuat karyamu benar-benar ‘original’, tidak bisa asal ditiru. Namun, mengingat ini adalah aplikasi profesional, kamu harus membayar lebih dibandingkan aplikasi-aplikasi di atas untuk memakainnya, apalagi Photoshop seri terbaru menggunakan sistem langganan untuk mendapatkan lisensinya. Namun jika kamu seorang pelajar, kamu bisa mendapatkan potongan harga. [Baca Juga: Cara Beli Produk Adobe Murah dengan Lisensi Student]

Langganan Adobe Photoshop

5. Clip Studio Paint (Standard Rp 670ribu & EX Rp 3juta)

Clip Studio Paint

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi pro, namun lebih terkenal di kalangan komikus dan ilustrator Jepang. Kelebihannya adalah, berbagai tool spesial untuk para komikus. Mulai dari screentone sampai background, lengkap semuanya. Malah kamu juga bisa mendownload tone dan material online jika kamu merasa kurang puas dengan material yang tersedia. Aplikasi ini sebelumnya memiliki nama Manga Studio, namun karena banyak seniman yang juga memakai aplikasi ini sebagai medianya, pihak developer memutuskan mengganti namanya menjadi Clip Studio Paint. Meskipun termasuk aplikasi berbayar, aplikasi ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan Photoshop. Selain itu, aplikasi ini sering mendapatkan diskon besar-besaran (saya juga beli pas diskon natal :p), atau kalau kamu membeli pentab Wacom Intos Comic, kamu akan mendapatkan bundling software ini untuk 2 tahun pemakaian.

Beli Clip Studio Paint

Nah, demikian 5 aplikasi pilihan untuk menggambar. Saya yakin ada pertanyaan “kok GIMP tidak dimasukkan?” karena, GIMP sering memiliki masalah dengan input pen tablet yang tiba-tiba tidak terdeteksi (ini ganggu sekali). Tapi, jika kamu memiliki daftar aplikasi pilihanmu sendiri, jangan lupa bagikan disini yak!

Menggambar itu tidak susah kok. Dunia maya itu luas, kamu bisa belajar banyak hal disini, namun jangan lupa selalu memilih yang membuatmu menjadi lebih baik dari hari ke hari. Banyak tutorial bertebaran disana-sini, kenapa malah memilih yang caci maki? Sekarang adalah masa-masanya untuk berkarya, tidak zaman lagi saling menghina dan menganiaya di dunia maya. :)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.