Home News 5G Dimulai di Dua Kota Amerika Serikat

5G Dimulai di Dua Kota Amerika Serikat

Kalau di Indonesia 4.5G baru dimulai dan belum merata, maka berbeda di Amerika Serikat sana yang akan memulai teknologi jaringan super cepat 5G di dua kota. Seberapa cepat?

Operator asal negara Paman Sam, AT&T bakal memulai layanan yang dinamakan “5G Evolution” di kota Austin dan Indianapolis pada tahun ini. Layanan ini dihadirkan sebagai ‘pemanasan’ dan juga persiapan infrastruktur untuk era 5G nantinya.

Baca Juga: Review Bolt Ultra Unlimited: Kecepatan, Batasan, Kestabilan, dsb

Namun 5G disini tidaklah 5G sungguhan yang dikabarkan dapat menembus angka 1Gbps. Kecepatan yang nanti akan dihadirkan oleh AT&T ini dapat mencapai 400Mbps atau sekitar 40 kali lebih tinggi dari koneksi internet selular sekarang.

AT&T mengatakan pada akhir tahun ini akan melakukan pengembangan jaringan yang akan membuat kecepatan internet mampu menembus angka gigabit secara teorinya.

“Mereka bertanya, ‘Dapatkah saya menyiarkan langsung dengan virtual reality untuk perjalanan saya ke pantai?’ atau ‘Dapatkah bank saya lebih aman dan cepat mengotentifikasi pembelian yang saya inginkan ketika saya berpergian?'”, ujar Chief Strategy Officer AT&T John Donovan.

5G ini sendiri bakal menjadi era baru kecepatan internet di dunia yang bakal menawarkan dukungan yang lebih untuk video beresolusi 4K, teknologi Internet of Things dan juga smart home.

Di Indonesia saat ini para operator masih baru merasakan 4G sejak tahun 2013 lalu sejak peluncuran Bolt dari Internux. Kini, operator selular seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren telah memasuki era 4.5G.

Kalau saat ini kecepatan 4G di Indonesia sering (mayoritas malah) dibawah 50Mbps, apa yang akan kamu lakukan dengan internet sekencang itu?

via CNET

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Televisi dan Gadget. Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi. Email: indrakrisnadi(at)hotmail.com