Home Review 5 Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

5 Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

Jangan terlalu yakin kalau baterai laptop tidak akan pernah rusak walaupun dengan pemakaian yang kira kamu benar. Karena setiap elektronik memiliki umur pemakaian, ketika sudah mencapai batasnya pasti mereka akan rusak.

Sangat penting mengetahui kesehatan baterai laptop kamu, sayangnya tidak ada informasi yang bisa kita jadikan pegangan. Mungkin kamu mengetahui baterai kamu akan rusak hanya dengan mengira-ngira kalau kinerja baterai tidak bisa bertahan lama seperti biasanya. Tapi itu juga tidak bisa dijakan pegangan, bisa saja kamu menginstall banyak aplikasi yang berjalan secara background dan membutuhkan banyak power sehingga baterai cepat habis.

Tapi berikut ini ada beberapa aplikasi yang akan membantu kamu untuk melihat kesehatan baterai. Kamu bisa melihat perubahan yang terjadi pada kapasitas baterai dari waktu ke waktu dengan berbagai beban yang berjalan di laptop kamu.

 

BatteryInfoView

Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

Dimulai dengan aplikasi BatteryInfoView, tools sederhana yang menyediakan banyak informasi tentang baterai. BatteryInfoView memberikan kamu informasi lengkap tentang baterai dan ditampilkan dengan simpel.

Tools ini menampilkan dua menu utama tentang baterai. Pertama adalah present information yang menampilkan informasi tentang kapasitas dari baterai dan tingkat keausan baterai. Kedua menampilkan power state, kapasitas, kapasitas value, rate dan voltase.

Data statistik tools ini didapatkan berdasarkan permintaan yang kamu inginkan dan dapat kamu export ke file text untuk kamu jadikan sebagai arsip. Dengan begini kamu akan tahu perkembangan baterai laptop.

 

BatteryMon

Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

Setelah itu BatteryMon, bisa menyediakan grafik dari data kapasitas baterai dan tingkat discharge baterai laptop. Seperti yang sudah WinPoin katakan di atas, dengan seiringnya waktu kinerja baterai laptop akan mulai berkurang. Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhinya, jadi sangat penting untuk mengikuti perubahan yang terjadi pada baterai.

BatteryMon akan membantu kamu dengan mudah untuk memantau kinerja baterai laptop dengan menampilkan grafik kapasitas baterai dan tingkat discharge baterai secara real time. Ini adalah cara termudah untuk mengetahui perubahan yang terjadi dengan baterai laptop kamu.

Kamu bisa menampilkan aplikasi di desktop dengan tampilan kecil, widget di layar kamu, atau sebagai laporan yang dikirim melalui email jika data statistik yang telah ditentukan ketika mencapai batas. Tools ini membantu kamu untuk memantau kesehatan baterai laptop dalam jangka panjang. Kamu bisa menggunakan fungsi logging untuk membandingkan data baterai.

 

BatteryCare

Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

Kemudian ada BatteryCare, freeware ini membantu kamu mengkalibrasi ukuran baterai dengan kesengajaan siklus discharge. Untuk menjaga baterai bekerja dengan benar, sangat penting untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan discharge. Mungkin kamu pernah mendengar kalau baterai laptop tidak boleh digunakan sampai habis karena bisa merusaknya. Tapi sebaliknya, baterai harus digunakan sampai habis dan dicharge sesering mungkin.

Sayangnya, karena siklus baterai habis dan charge baterai sulit dilacak, ini membuat readout baterai tidak akurat. Tools BatteryCare bisa mengatasi masalah ini dan juga menawarkan informasi tentang baterai dan kapasitasnya. Dengan mengisi penuh baterai laptop, kemudian digunakan sampai hampir habis, kamu bisa mengkalibrasi ulang ukuran baterai dan memastikan readout baterai seakurat mungkin. Baca petunjuk tentang bagaimana untuk menjalankan BatteryCare dari situsnya.

 

BatteryBar

Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

BatteryBar, tools yang bisa menampilkan informasi baterai di toolbar. Sebenarnya toolbar sudah menampilkan icon baterai, sayangnya informasi tersebut tidak lengkap. BatteryBar menawarkan fitur yang lebih baik, memberikan angka yang paling penting tanpa menghabiskan banyak tempat di layar monitor kamu.

Tools ini hanya akan menampilkan icon baterai seperti biasam tetapi ketika kamu klik akaun muncul data penting yang kamu butuhkan dari baterai laptop kamu. Memang, informasi yang kamu dapatkan dari BatteryBar tidak sebanyak BatteryInfoView, tapi ada banyak desain yang bisa kamu coba.

 

Windows 10 Battery Saver

Aplikasi Untuk Melihat Kesehatan Baterai Laptop

Versi terbaru dari sistem operasi Microsoft yang disebut Windows 10 memiliki tools built-in baterai. Sebenarnya fitur ini milik dari Windows Phone, Battery Saver bertugas untuk membatasi proses background yang membuat baterai kamu cepat habis. Dengan mengaktifkan fitur ini, kinerja PC tidak akan berkurang dan kamu bisa menghemat baterai pada saat dibutuhkan saja.

Sebenarnya tools ini tidak termasuk alat untuk melihat kesehatan baterai secara langsung, tapi bisa kamu manfaatkan untuk memelihara baterai. Ada juga Battery usage untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai.

 

Apakah kamu memiliki tools lain untuk melihat kesehatan baterai laptop? Atau kamu tips dan trik untuk merawat baterai laptop? Tinggalkan komentar di bawah ini jika kamu memilikinya.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Pacar idaman adalah pengguna laptop
    Baterai aja di cek kesehatannya secara rutin, apalagi cewek…???

    wkwkkwkwk :v

    • rikki

      Hahaa like

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Link download BatteryCare dong min
      Betul tuh min..

  • Abuzar Albifar

    saya pakai batterycare, aplikasinya bagus untuk mengontrol suhu cpu dan hdd.. terima kasih banyak..

  • Dwi Cell

    kalo batrainya mentok di 80% bisa di fix tidak min? mohon jawab ya kalo ada yang tau? thx.

    • Evlan Mars

      mungkin karna mengaktifkan mode Power saving ataw Performance,,,coba yg ballence aja….Biasanya berhasil

  • Budiです

    coba dulu, batterybar sayangnya berbayar :

  • Evlan Mars

    Aduh lama bgt yah Windows 10 nya!!!!! yg gw harapin sih selain fitur Baterry Saver nya,,,Aplikasi di Storenya juga mogah2 kayak Play Store!