Home PC 5 Cara Membuka On-Screen Keyboard di Windows 10

5 Cara Membuka On-Screen Keyboard di Windows 10

5 Cara Membuka On-Screen Keyboard di Windows 10

On-Screen Keyboard merupakan sebuah fitur yang ada pada sistem operasi Windows, ketika fitur ini dimunculkan maka sebuah virtual keyboard akan muncul pada layar (sama seperti gambar diatas).

Meskipun secara pribadi saya kurang sering menggunakan fitur ini karena lebih suka menggunakan keyboard fisik laptop, tetapi fitur ini akan berguna ketika tombol-tombol tertentu pada keyboard fisik mengalami masalah ataupun pada pengguna layar touch. Kali ini WinPoin akan memberikan 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuka On-Screen Keyboard di Windows 10.

Melalui Windows Run

Cara yang pertama sekaligus cara paling cepat ialah dengan melalui kotak run. Buka kotak RUN (WinKey + R) lalu ketikan

osk

membukaosk_2

Melalui Settings

Caranya buka settings, untuk mempercepat gunakan shorcut (WinKey + I). Lalu pilih ‘Ease of Access‘ kemudian klik pada opsi ‘Keyboard‘ setelah itu switch ke On pada menu ‘Turn on the On-Screen Keyboard‘.
membukaosk_3

Melalui Control Panel

Selain melalui settings, kamu juga dapat membukanya melalui control panel. Caranya buka ‘Control Panel – Ease of Access – Ease of Access Center – Start On-Screen Keyboard‘. Atau bisa juga dengan menggunakan shortcut (WinKey + U) untuk membuka Ease of Accress Center di Control panel secara cepat.

membukaosk_4

Melalui Search (Cortana)

Caranya buka fitur search lalu ketikan ‘On-Screen Keyboard‘ atau kamu juga dapat langsung menggunakan cortana untuk voice command.

membukaosk_5

Melalui Command Prompt

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan commandprompt, caranya buka Command prompt (bisa dengan atau tanpa run as Admin) kemudikan ketikan.

osk

membukaosk_6

Nah itulah 5 Cara yang dapat kamu lakukan untuk membuka On-Screen Keyboard. Meskipun sebenarnya ada fitur yang sama selain On-Screen Keyboard yakni ‘Touch Keyboard‘ yang lebih bagus karena tersedia fitur emoticon dan dukungan untuk pengguna touch screen yang lebih powerfull, tetapi untuk overall fungsinya sama dengan On-Screen Keyboard.

membukaosk_7

So the choice is yours ;)

  Solusi Laptop Minim Storage  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.