5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

The most productive smartphone on the planet (smartphone paling produktif di planet ini).

Itulah julukan Satya Nadella untuk Lumia 950 XL yang lebih superior dibandingkan dengan adeknya Lumia 950.

Bukan tanpa alasan memang. Dengan specs gahar berprocessor Octa-core 64-bit, 3GB RAM, GPU Adreno 430, dilengkapi fitur Continuum untuk menyulap Lumia 950 XL menjadi PC, serta aplikasi produktivitas seperti paket Microsoft Office, Lumia 950 XL memang layak disebut sebagai smartphone super produktif saat ini.

Namun seandainya saja ada 5 fitur ini, mungkin Lumia 950 XL yang saat ini sudah keren, bisa menjadi jauh lebih keren lagi.

 

Full Metal Case

5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

Jujur ketika beli smartphone dengan harga puluhan atau belasan juta, tentu selain performa dan produktivitas, kesan premium dan luxury menjadi hal yang juga kita harapkan.

Dengan mayoritas smartphone flagship yang dibungkus metal case mewah dan kokoh, maka bagi kebanyakan orang metal case menjadi salah satu “ciri” yang membedakan antara high end smartphone dan kelas yang ada dibawahnya.

Setidaknya secara look, biar gak kalah lux sama flagship lainnya seperti HTC M9, Galaxy S6 Edge, atau iPhone 6S / 6S Plus.

5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

 

Tahan Air dan Debu

5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

Waterproof adalah spesialisasi dari Sony. Tetapi seandainya diadopsi ke Lumia 950 XL, sepertinya smartphone ini bakal lebih keren lagi.

Dulu Samsung Galaxy S5 juga dibuat waterproof, meskipun sekarang di seri S6 sudah tidak lagi. Dan Apple kabarnya bakal membuat iPhone 7 yang juga tahan air.

Fitur waterproof cukup penting bagi pengguna yang tinggal di lokasi banjir seperti di beberapa sudut kota Jakarta, suka renang sambil berchatting ria, atau sangat kecanduan smartphone hingga tidak ingin meninggalkannya bahkan ketika mandi sekalipun. (Please, abaikan saja paragraf ini, mimin ngelantur di paragraf ini :)))

Tetapi sungguh, fitur waterproof cukup keren untuk dimiliki sebuah flagship smartphone.

 

USB Type-A ke Type-C

5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

Memang sih, device yang paling gress dan baru saja dirilis sudah menggunakan standard USB terbaru yaitu USB Type-C. Tetapi berapa banyak pengguna yang sudah memiliki PC / Laptop dengan USB versi baru tersebut?

Meskipun kabel dan converter USB Type-A ke USB Type-C bisa ditemukan di beberapa toko komputer, bakal lebih nyaman jika kabel ini langsung disertakan di paket pembelian Lumia 950 XL — daripada pengguna harus muter-muter dulu nyari kabel ataupun converter.

 

Front Stereo Spekers

5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

Untuk urusan produktivitas, Lumia 950 XL emang jagonya. Tetapi kabarnya untuk urusan audio output, Lumia 950 XL ini berada dibawah flagship lain semacam HTC One M9 ataupun Nexus 6P.

Hal ini karena Baik HTC One M9 atau Nexus 6P dilengkapi dengan front stereo speaker, sedangkan Lumia 950 XL hanya menyertakan single speaker di bagian belakang smartphone.

 

Fingerprint Recognition

5 Fitur yang Kalo Ada Bakal Membuat Lumia 950 XL Makin Keren Lagi

Lumia 950 XL sudah memiliki deteksi biometrik yang sangat bagus, lebih bagus daripada yang dimiliki oleh kebanyakan flagship saat ini.

Jika kebanyakan flagship masih mengandalkan fingerprint sensor, Lumia 950 XL melalui Windows Hello sudah menggunakan Face Detection.

Tetapi seandainya saja Lumia 950 XL juga dilengkapi dengan fingerprint sensor, maka bakal semakin lengkaplah sensor biometriknya. Terlebih fingerprint recognition ini bisa sangat berguna kalau di kondisi yang sangat gelap dan semacamnya.

 

Bonus: Sepaket dengan Dock, Mouse, & Keyboard

untuk bisa pake Continuum di Lumia 950 dan 950 XL, kamu perlu mengeluarkan kocek ekstra. Untuk nebus Display Dock Continuum nya saja, duit sekitar 1.4 juta rupiah wajib kamu relakan. Padahal itu juga belum termasuk pajak.

Kadang pembeli itu penggennya tinggal pake. Habis beli langsung pake. Namun untuk menggunakan continuum di Lumia 950 XL, kamu harus mencari dulu dock continuumnya (berharap saja dock nya mudah ditemukan di berbagai toko), lalu menyiapkan juga mouse dan keyboard. (Baca juga: Display Dock Continuum Lumia Seharga 1.4 Jutaan (Belum Termasuk Pajak!))

Seandainya saja Lumia 950 XL sudah sepaket dengan dock, mouse, dan keyboard seperti yang dilakukan oleh Acer di smartphone Jade Primo nya, maka bakal sangat memudahkan pembeli yang pengen memanfaatkan fitur continuum di Lumia 950 XL. (Baca juga: Beda dengan Lumia, Acer Jade Primo Langsung Sepaket dengan Continuum Dock, Keyboard dan Mouse)

 

Tapi….

Itulah 5 fitur (+bonus) yang seandainya ada di Lumia 950 XL bakal jauh lebih keren. Tetapi tentu kalo semua fitur diatas ditanamkan semua ke Lumia 950 XL, maka harganya bakal meledak dan melambung tinggi. Mungkin itu juga yang jadi pertimbangan Microsoft kenapa beberapa hal yang ada di mayoritas flagship tidak ditanamkan di Lumia 950 XL.

Yup, salah satunya untuk menekan harga.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.