Home Editorial 5 Kelebihan Snapdragon 845 yang Membuat Laptop ARM Lebih Powerful Lagi

5 Kelebihan Snapdragon 845 yang Membuat Laptop ARM Lebih Powerful Lagi

via Asus

Meskipun laptop ARM generasi pertama seperti HP Envy x2 dan ASUS NovaGO masih menggunakan Snapdragon 835, kedepannya jelas bahwa laptop ARM bakal menggunakan chipset ARM terbaru besutan Qualcomm: Snapdragon 845! Bahkan Microsoft sendiri sudah menyiapkan Surface ARM yang juga menggunakan chipset ARM terbaru ini.

Lalu dibandingkan seri sebelumnya, apa kelebihan Snapdragon 845? Berikut ini adalah detail kelebihan Snapdragon 845 yang bisa membuat laptop ARM lebih powerful lagi.

1. Peningkatan Performa

Snapdragon 845 menggunakan 8x Qualcomm Kyro 385 CPU dengan clock speed up to 2.8 GHz, lebih tinggi dari Snapdragon 835 yang hanya memiliki clock speed 2.45GHz. GPU nya juga sudah menggunakan Adreno 630 yang lebih powerful. Perpaduan keduanya bisa meningkatkan performa laptop ARM Snapdragon 845 lebih tinggi dibandingkan laptop ARM generasi pertama yang baru saja dirilis beberapa hari kemarin.

2. Teroptimasi Untuk AI

Dengan arsitektur baru Qualcomm Hexagon 685 DSP, kerjasama GPU dan CPU Snapdragon 845 meningkat hingga 3x lipat dibanding seri sebelumnya. Untuk di Laptop Windows 10 ARM, hal ini akan meningkatkan performa AI secara keseluruhan, termasuk performa voice recognition dari Cortana.

3. Modem Internet Lebih Kencang

Snapdragon 835 masih menggunakan modem Qualcomm X16 LTE berkecepatan up to 1Gbps, sedangkan Snapdragon 845 sudah menggunakan X20 LTE dengan kecepatan up to 1.2Gbps.

Meskipun dalam penggunaan nyata kita tidak akan bisa memanfaatkannya secara optimal (karena batasan kecepatan internet yang kita gunakan), tetapi secara potensial, laptop ARM dengan Snapdragon 845 bisa mendapatkan koneksi internet yang lebih kencang dari laptop ARM saat ini.

4. Teroptimasi untuk XR

Kita tahu bahwa Windows 10 dilengkapi dengan fitur Mixed Reality. Belum ada penjelasan apakah Mixed Reality bisa dinikmati di laptop Windows 10 ARM, tetapi jika bisa maka Snapdragon 845 dengan GPU Adreno 630 memiliki performa XR (Extended Reality) yang lebih baik dari Snapdragon 835.

5. Keamanan Ekstra dengan SPU

Snapdragon 845 dilengkapi dengan SPU (Secure Processing Unit) yang menjadi tempat menyimpan data biometrik seperti informasi fingerprint, iris, voice, hingga facial. SPU ini memiliki prosesor dan memory tersendiri, dan bertugas untuk melindungi keamanan data biometrik tersebut.

Itulah setidaknya 5 kelebihan Snapdragon 845 yang bisa membuat laptop ARM lebih powerful lagi. Untuk saat ini brand tentunya masih akan memproduksi laptop ARM dengan Snapdragon 835, tetapi tahun depan mungkin mulai ada laptop ARM dengan Snapdragon 845 yang muncul ke publik. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Windows 10 ARM)

Bagi kamu yang ingin melihat detail perbandingan specs by specs antara Snapdragon 835 vs Snapdragon 845, langsung saja bandingkan di halaman resmi Qualcomm ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.