Home Accessories 5 Kelebihan Windows Mixed Reality yang Sebaiknya Kamu Ketahui

5 Kelebihan Windows Mixed Reality yang Sebaiknya Kamu Ketahui

5 Kelebihan Windows Mixed Reality yang Sebaiknya Kamu Ketahui
images via cnbc

Salah satu kelebihan Windows 10 dibanding dengan versi Windows sebelumnya adalah adanya dukungan Windows Mixed Reality. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Windows Mixed Reality, Windows Mixed Reality adalah sebuah teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual melalui sebuah headset Mixed Reality.

Dibandingkan dengan teknologi lain yang serupa, Microsoft menyatakan bahwa Windows Mixed Reality punya berbagai kelebihan khusus, dan berikut ini adalah kelebihan Windows Mixed Reality tersebut:

1. Setup Mudah

Headset VR high-end dengan kamera eksternal yang ada saat ini cukup ribet untuk di-setup. Kamu perlu menyiapkan ruangan yang cukup luas, membeli dan memasang sensor eksternal di ruangan, dsb. Tetapi Windows Mixed Reality headset akan dilengkapi dengan sensor internal untuk mentracking posisi kamu di ruangan tanpa perlu sensor tambahan. Cukup tancapkan dan headset Windows Mixed Reality siap untuk digunakan.

Kemudahan ini otomatis membuat headset Windows Mixed Reality sangat portable dan bisa kamu nikmati dimana saja tanpa perlu ruangan khusus.

2. Murah

Berbagai pabrikan seperti HP, Lenovo, Dell, Acer, dsb bakal merilis Windows Mixed Reality headset. Headset ini akan langsung bundling dengan motion controller serta kompatibel dengan berbagai PC baru yang tersedia. Harga headset dimulai dari $399 atau sekitar 5.4 jutaan rupiah. (Baca: Inilah Windows Mixed Reality Headset Besutan Acer, ASUS, Hingga Lenovo)

3. Pilihan Hardware Melimpah

Selain banyak pilihan Mixed Reality Headset, bakal ada banyak pilihan juga PC yang support Windows Mixed Reality Headset. Microsoft membagi dua tipe Windows mixed Reality PC, yaitu:

  • Windows Mixed Reality PC: terdiri dari desktop dan laptop dengan GPU internal. Saat dihubungkan ke PC ini, maka headset bisa menjalankan Mixed Reality hingga 60 frame per detik.
  • Windows Mixed Reality Ultra PC: terdiri dari desktop dan laptop dengan dedicated GPU. Saat dihubungkan ke PC ini, headset bisa menjalankan Mixed Reality hingga 90 frame per detik.

Konfigurasi ini mendukung berbagai video dan gaming virtual, mulai dari travelling virtual ke negara / kota hingga luar angkasa, berenang dengan lumba-lumba, menembak zombie, dan berbagai macam experience virtual reality lainnya. (Baca juga: Inilah Spesifikasi Minimum untuk Bisa Pakai VR di Windows 10)

4. Game & Konten Melimpah

Microsoft saat ini tengah bekerja sama dengan 343 industri untuk membawa game Halo menjadi Mixed Reality. Selain itu berbagai content partner juga siap menghadirkan banyak konten Mixed Reality ke Windows Store. Bahkan, Steam juga akan membawa berbagai konten didalamnya menjadi Mixed Reality.

Berikut ini adalah beberapa sneak peek awal dari konten Mixed Reality di Windows:

5. Mixed Reality adalah Masa Depan

Microsoft menyatakan bahwa Mixed Reality adalah masa depan. Berbagai konten dan game di masa depan akan dinikmati dengan lebih nyata melalui Mixed Reality. Saat ini Microsoft dengan keunggulan partnershipnya yang luas terus mengajak hardware partner, developer, dan content creator untuk mengembangkan ekosistem Mixed Reality ini.

Dengan semakin banyaknya game, konten, dan aplikasi Mixed Reality — serta semakin murahnya headset dan PC yang mendukung Mixed Reality, maka setiap orang kedepannya bakal bisa menikmatinya, sama seperti bagaimana banyak orang bisa menikmati smartphone di era sekarang ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.