Home News 500 Paten Desain Nokia Diserahkan Microsoft ke HMD Global

500 Paten Desain Nokia Diserahkan Microsoft ke HMD Global

Inilah Kemampuan Baru Yang Akan Hadir di Lumia Camera (Video)

Saat dibeli Microsoft dulu, Microsoft memperoleh lisensi untuk menggunakan berbagai macam paten yang dimiliki Nokia. (Baca: Apa Saja yang Dibelie Microsoft dari Nokia?). Selain itu Nokia juga dilarang merilis dan berjualan smartphone hingga 2 tahun lamanya.

Begitu masa perjanjian selesai, secara mengejutkan HMD Global selaku pemegang lisensi untuk merilis smartphone dengan brand Nokia, langsung aktif menggempur pasar smartphone dengan berbagai ponsel Android. Smartphone Nokia pun seolah bangkit dari kubur, dan kembali bergejolak untuk memanaskan persaingan smartphone. (Baca: Tiga Smartphone Nokia Lulus TKDN, Siap Dijual di Indonesia)

Kini secara mengejutkan 500 desain paten Nokia yang lisensi penggunaannya dimiliki Microsoft, sudah ditransfer kembali oleh Microsoft ke HMD Global. Didalamnya termasuk juga paten desain UI kamera Lumia.

500 Paten Desain Nokia di Microsoft Jadi Milik HMD Global

Hal ini memunculkan spekulasi, apakah desain UI kamera Lumia yang dulu khas banget di Windows Phone bakal diusung ke Nokia Android? Melihat patennya sudah dimiliki oleh HMD Global, hal ini sangat mungkin terjadi. (Baca: Tampilan Lumia Camera Bakal Dipakai di Nokia Android?)

Jika UI Lumia Camera dipakai di Nokia Android oleh HMD Global, maka Microsoft tentunya menyiapkan juga UI yang beda di kamera smartphone terbaru yang nantinya mereka rilis. Hal ini senada dengan kabar yang menyatakan bahwa Microsoft tengah mempersiapkan smartphone baru dengan OS baru yang tampilannya berbeda dari Windows 10 Mobile saat ini. (Baca: Pantang Menyerah, Microsoft Segera Rilis Smartphone dengan OS Baru!)

Namun demikian Microsoft masih memiliki trademark untuk PureView, ClearBlack, dan PureMotion. Jadi jangan harap ketiganya nempel di smartphone Nokia Android, at least dalam waktu dekat ini.

Tentunya sangat menarik untuk kita simak bagaimana evolusi Windows 10 Mobile dan smartphone besutan Microsoft setelah berbagai paten desain Nokia mereka transfer ke HMD Global.

Punya prediksi terhadap fenomena ini? Silakan bagikan di kolom komentar.

via EUIPO

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.