Dengan dirilisnya Emulator Windows 10X untuk para Developer, kita bisa sedikit mengintip apa saja perubahan, fitur keren dan baru di Windows 10 X, dan berikut adalah beberapa hal baru dan fitur keren di Windows 10X.

Start Menu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Windows 10X membawa Redesign Start Menu yang cukup menarik, dimana tidak ada live tiles, dan tampilannya terlihat lebih minimalis, icon baru yang diberikan juga tampak sangat cocok dipadukan dengan interface start menu baru ini.

Terkait Start Menu di Windows 10X, pengguna tidak bisa mengubah ukuran Iconnya, namun pengguna masih memiliki akses ke Opsi (uninstall, mengubah pengaturan dan melakukan pin ke Taskbar) dengan cara klik kanan atau menekan icon tertentu selama beberapa detik sampai context menu tampil.

Taskbar

Mulai dengan Windows 10X, Microsoft memperkenalkan Taskbar baru yang memang dioptimalkan untuk perangkat layar ganda. Desain baru ini pertama kali akan ditampilkan seperti sebuah strip kecil dibagian bawah layar (mirip seperti android 10 dan ios terbaru), ketika ditarik akan menampilkan taskbar yang kini penempatan iconnya ada di tengah.

Selain itu, pengguna juga bisa mengubah letak icon menjadi di kanan, sama seperti yang biasa kita temui di Windows 10. Task view dan pinned apps di taskbar juga akan digroupkan secara terpisah menggunakan garis separator, dari running apps.

Action Center

Redesign tampaknya tidak hadir hanya untuk Start Menu dan Taskbar saja, namun Actions Center di Windows 10X mendapatkannya juga.

Dibandingkan dengan tampilan Action Center di Windows 10, di Windows 10X terkesan lebih minimalis dengan hanya menggunakan area kanan bawah, dan tidak menggunakan seluruh area samping kanan seperti di Windows 10.

Selain itu, beberapa komponen user interface juga tampaknya telah diubah, misalkan kini Quick Actions berubah nama menjadi Quick Settings, dan didalam Actions Center kini memungkinkan pengguna untuk mengatur Volume, bukan hanya brightness saja, dan kamu juga bisa menemukan tombol Power untuk melakukan shutdown/restart/sign out langsung dari Actions Center.

Virtual Keyboard

Meskipun Windows 10 sendiri sudah memiliki Virtual Keyboard, namun bisa dibilang pengalaman virtual keyboard di Windows 10X lebih baik dibandingkan saudaranya, hal ini tentu saja karena memeang Windows 10X didesain untuk perangkat touchscreen.

Win32 Container

Windows 10X seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya, masih mendukung untuk menjalankan aplikais Win32, hanya saja menggunakan secure containers (win32 container), yang mana merupakan sebuah teknologi virtualisasi yang terisolasi dari system utama, sehingga apapun perubahan yang diberikan, registri dari aplikasi akan tetap tersimpan didalam container, sehingga aplikasi win32 tidak akan mempengaruhi performa dan battery life.

Dual Screen Experience

Windows 10X dirancang untuk dijalankan pada perangkat layar ganda (dual screen), yang mana dengan itu seluruh antarmuka/interfacenya telah dioptimalkan untuk memungkinkan aplikasi terbuka pada multiple displays.

Hal ini tentunya akan membantu sekali dalam meningkatka produktifitas, selain itu ada juga fitur Connected Apps yang mana mengijinkan pengguna untuk bekerja dengan dua aplikasi terpisah dalam kedua layarnya. Misalkan kamu membuka Mail di kiri, dan Movies & TV dikanan.

Rekomendasi Artikel : HOT : Emulator Windows 10X Dirilis Microsoft

Perlu diketahui juga bahwa Windows 10X masih dalam tahap pengembangan, seandainya kamu menggunakan emulatornya, mungkin masih ada bug yang sesekali kamu rasakan, beberapa fitur kedepannya bisa saja berubah juga. Namun menarik untuk melihat seperti apa jadinya Windows 10X nanti seandainya sudah dirilis kepublik dengan versi Finalnya.

Kamu tertarik dengan Windows 10X? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai Windows 10X dikolom komentar dibawah.

Referensi : Microsoft, Pure Info Tech

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.