Home Editorial 6 Persiapan Sebelum Upgrade ke Windows 10 Creators Update

6 Persiapan Sebelum Upgrade ke Windows 10 Creators Update

Hari ini 5 April 2017 (waktu setempat), Windows 10 Creators Update dijadwalkan rilis melalui Update Assistant. Di Indonesia sendiri mungkin update ini baru akan hadir tengah malam nanti atau besok pagi. (Baca: Windows 10 Creators Update Dirilis via Update Assistant pada 5 April 2017)

Nah sebelum kamu memutuskan upgrade ke Windows 10 Creators Update, ada beberapa persiapan — yang sebenarnya tidak wajib kamu lakukan, tetapi jika dilakukan bisa membuat proses upgrade ke Windows 10 Creators Update jadi lebih mulus.

Apa saja persiapan tersebut? Ini dia beberapa diantaranya

 

1. Update ke Driver Terbaru

Sebelum melakukan upgrade ke Windows 10 Creators Update, ada baiknya kamu melakukan update ke driver terbaru yang tersedia. Kamu bisa download dari halaman official laptop / brand hardware sesuai dengan yang kamu gunakan.

Digunakannya driver versi terbaru akan mengurangi resiko gagalnya update dan mencegah otomatis rollback akibat driver yang tidak kompatibel dengan Windows 10 Creators Update.

 

2. Backup Data Penting

Jika ada data penting — khususnya yang masih tersimpan di drive C, sebaiknya kamu backup terlebih dahulu. Minimal kamu pindahkan ke partisi lain selain partisi sistem. Overall sebenarnya proses upgrade Windows 10, terlebih melalui Update Assistant atau Windows Update tidak akan mengakibatkan hilangnya data. Tetapi untuk jaga-jaga, tidak ada salahnya kamu backup data penting yang kamu miliki seperti file dokumen kerja, tugas sekolah / kuliah, foto mantan #ups, dsb.

 

3. Bersih-bersih HDD / SSD

Khusus bagi kamu yang storage nya mulai berwarna merah alias hampir penuh sesak, sebaiknya kamu bersih-bersih HDD / SSD dari file-file yang tidak berguna lagi. Kamu juga bisa menggunakan Disk Cleanup tool untuk membersihkan file sampah di Windows.

Ini cukup penting karena proses upgrade akan terhambat jika tidak ada cukup sisa storage di PC kamu.

 

4. Pastikan Baterai Full

Jika kamu pengguna laptop, pastikan baterai laptop kamu full sebelum melakukan upgrade — atau siapkan charger dan tancapkan sewaktu-waktu ketika baterai mulai terindikasi akan habis. Jika kamu pengguna PC dan punya UPS, pastikan tenaga UPS juga siap membackup jika terjadi mati lampu tanpa terduga. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya gagal upgrade di tengah proses akibat baterai habis atau power terputus.

 

5. Disable / Uninstall Antivirus

Tidak semua kasus, tetapi dalam beberapa kasus antivirus pihak ketiga membuat proses upgrade jadi terganggu. Untuk itu kamu bisa mematikan, atau sebaiknya menguninstall antivirus di PC kamu terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade. Langkah ini bersifat opsional, namun sangat disarankan.

 

6. Siapkan Internet Stabil dengan Kuota Cukup

Proses upgrade ke Windows 10 Creators Update secara online, baik itu melalui Update Assistant ataupun Windows Update bakal mengambil kuota data sebesar 2GB – 4GB. Untuk itu pastikan kuota data kamu mencukupi sebelum melakukan upgrade, dan lebih baik lagi jika koneksi internet kamu kencang dan stabil.

Itulah 6 persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum upgrade ke Windows 10 Creators Update. Sekali lagi langkah ini opsional, boleh dilakukan dan boleh tidak, tetapi sangat WinPoin rekomendasikan agar proses upgrade ke Windows 10 Creators Update berjalan maksimal.

Ada persiapan lain yang menurut kamu perlu ditambahkan lagi? Silakan sampaikan di kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.