Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

Tidak semua orang memiliki internet di rumah mereka, walau pun ada mungkin mereka menggunakan modem cellular yang tidak cukup kencang (Beda cerita jika kamu menggunakan modem 4G). Kadang mereka harus pergi ke hotspot atau ke warnet untuk mengakses internet. Kalau ingin internet yang cepat dan stabil biasanya mereka akan pergi ke warnet. Tapi tidak semua warnet itu aman loh.. Kamu tidak tahu software apa yang di install pada komputer itu.

Jika pemiliki warnet berjiwa jahat, ia bisa saja menginstall keylogger atau spyware di setiap komputer warnet itu. Dia bisa mengetahui situs apa saja yang kamu buka dari history browser, memantau chating dan membaca email. Parahnya dia bisa mengetahui password dan username, jika kamu login dari komputer warnet yang ada software keyloggernya.

Kamu tidak ingin kan hal itu terjadi pada kamu? Berikut ini WinPoin akan berikan beberapa tips browsing aman di tempat umum versi warnet agar kamu tidak mengalami kejadian di atas.

 

Selalu Log Out Akun Kamu

Kalau kamu terbiasa langsung menutup window browser tanpa log out dari akun sosial media atau email, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Bagaimana jika kebiasaan ini kamu lakukan di warnet? Tidak lama akun kamu akan dihijack orang. Orang berikutnya yang menggunakan komputer itu jika kebetulan membuka akun sosial media atau email akan langsung masuk ke akun kamu. Jika orang itu baik mungkin akan di log out, kalau tidak pasti kamu tahu hasilnya seperti apa.

Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

Selalu ingat untuk log out akun kamu dari situs-situs yang penting. Misalnya saja jika kamu habis login ke Facebook. Selain itu ketika login Facebook, pastikan tidak mencentang Remember Me atau Keep me logged in. Beberapa situs lain juga memiliki tombol seperti itu. Setelah log out berhasil baru lah kamu bisa menutup window.

 

Jangan Simpan Akun Sembarangan

Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

Ketika kamu login ke situs yang membutuhkan username dan password, browser secara otomatis menawarkan bantuan untuk menyimpan password kamu dari situs itu. Ini baik kamu lakukan jika di komputer atau laptop kamu sendiri, tapi jika di warnet jangan sekali-kali melakukan hal ini. Secara tidak sadar kamu akan memberitahu orang-orang, password dan username dari komputer warnet itu. Jika pengguna komputer warnet itu lihai dia bisa saja melihat penyimpanan password browser itu dan mengotak-atik akun kamu.

 

Jangan Simpan File Pribadi

Gunakan storage kamu sendiri jika pergi ke warnet untuk menyimpan data yang kamu download, misalnya saja flashdisk. Ketika kamu mendownloadnya di hardisk komputer warnet, sebaiknya kamu menghapusnya terlebih dahulu setelah digunakan. Periksa kembali apakah data yang kamu hapus masuk ke Recycle Bin, jika iya maka kamu harus cepat mengosongkannya.

Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

Selalu bawa flashdisk kemana pun kamu pergi ke warnet. Bayangkan jika kamu ingin membuat surat lamaran kerja, kamu harus melampirkan data-data pribadi. Dari data tersebut orang selanjutnya yang menggunakan komputer itu akan melihat alamat, nomor telepon dan bahkan foto kamu.

 

Hapus History Browser

Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

Ada mode InPrivate atau Incognito di browser modern saat ini, gunanya untuk memastikan history disimpan pada hardisk. Jadi jika kamu browsing dengan mode ini, tidak ada jejak history yang ditinggalkan. Kalau kamu lupa menggunakan mode ini, kamu bisa menghapus history browser secara manual. Semua browser memungkinkan kamu untuk menghapus history dengan mudah. Selain history kamu juga harus menghapus cookies. Dengan begini orang selanjutnya yang menggunakan komputer kamu tidak akan tahu apa yang pernah kamu lakukan dengan komputer itu.

 

Hindari Kegiatan Finansial di Warnet

Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

WinPoin tidak merekomendasikan kamu untuk berbelanja online di warnet. Seperti yang kita bicarakan di atas, kita tidak tahu software apa yang diinstall pada komputer itu. Jika kamu memberikan data penting seperti nomor kartu kredit, ini sangatlah berbahaya. Sebaiknya kamu persiapkan dulu data penting di komputer rumah sebagai dokumen untuk menghindari keylogger. Tidak ada jaminan apakah warnet tersebut benar-benar aman dari software spyware atau keylogger.

 

Amankan Komputer Sebelum Kamu Tinggalkan

Tips Browsing Aman di Tempat Umum (versi Warnet)

Tidak jarang bilik di warnet-warnet memiliki regangan yang membuat disisi kiri atau kanan bisa mengintip apa yang kamu lakukan. Kadang kamu juga perlu waktu untuk pergi ke kamar kecil atau membeli minuman. Ketika kamu ingin pergi meninggalkan komputer, kamu harus berhati-hati ada yang mengintip komputer kamu. Sebelum meninggalkan komputer, sebaiknya kamu menekan Win+D untuk menyembunyikan window yang dibuka. Setelah itu tekan Win+L untuk mengunci Windows agar tidak ada orang yang bisa mengintip komputer kamu.

 

Itulah beberapa tips yang bisa WinPoin berikan untuk browsing aman di tempat umum versi Warnet. Untuk lain waktu WinPoin akan memberikan tips browsing aman di tempat umum versi Wi-Fi. Apakah kamu punya pengalaman pahit ketika browsing di warnet? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini.

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.