Artikel ini terilhami dari hashtag #PCProud yang ditrendingkan oleh Windows Central dengan artikelnya: 12 Reasons we’re proud to be Windows user. Dari situ saya berpikir, sepertinya akan menarik jika saya membuatkan versi saya untuk dinikmati oleh teman-teman sekalian, dan karena memang saya saat ini pengguna PC akut yang sangat bangga menggunakan PC. (Baca juga: 9 Alasan Kenapa Saya Bangga Menjadi Pengguna Mac)

PC Windows memang adalah perangkat pertama yang saya kenal dalam aktivitas komputasi. Keakraban saya dan PC semakin lekat karena pada saat kuliah saya bekerja di sebuah rental komputer pada saat demam game offline sedang merajalela. Saya juga pernah menjadi pengusaha rental komputer kecil-kecilan yang akhirnya tergerus oleh zaman.

Karena hobi saya mencoba berbagai macam perangkat teknologi, saya juga pernah mencoba menggunakan Macbook, namun ternyata tidak merasa begitu cocok hingga akhirnya saya menyerah dan ‘mewariskan’ Macbook tersebut kepada keponakan saya. Dari ‘perjalanan’ tersebut, saya bisa menyebut diri saya sebagai salah seorang pengguna PC Windows yang bangga menggunakan PC dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Berikut ini alasan-alasan saya.

 

1| PC menghasilkan uang untuk saya

Seperti yang saya sempat singgung di atas, keuangan saya sejak dulu banyak ditunjang karena perkenalan saya dengan PC Windows. Saya pernah menjadi tukang ketik, membuat rental komputer, menulis di beberapa portal termasuk Winpoin ini, menekuni pekerjaan sebagai penerjemah profesional, yang kesemuanya memerlukan PC. Mungkin kurang lebih saya punya jodoh finansial dengan PC Windows.

 

2| Lebih Produktif dengan PC

Terkait produktivitas kerja, kebetulan karena tipe pekerjaan saya yang saat ini sebagian besar adalah menulis dan menerjemahkan, saya lebih produktif menggunakan PC Windows.

Ini karena semua software yang saya butuhkan terkait pekerjaan, keakraban penggunaan alat, dan sistem workflow saya dimudahkan oleh Windows. Saya menyelesaikan pekerjaan lebih mudah dan lebih banyak saat menggunakan Windows.

Tentu saja ini bukan berarti saya mengatakan bahwa menggunakan Mac tidak akan produktif. Ini semua tergantung tipe pekerjaannya. Saya beberapa kali menyinggung di beberapa artikel lain bahwa jika kamu adalah pekerja multimedia atau developer software, maka kemungkinan besar kamu akan lebih nyaman menggunakan Mac. Sementara saya sebagai tukang ketik dengan beberapa software spesifik yang hanya didukung Windows, lebih mudah menyesuaikan alur kerja di Windows dan menggunakan berbagai perangkat Windows.

 

3| Gaming Lebih Nyaman di PC

Salah satu hal yang membanggakan dari Windows: Komunitas gaming yang susah digoyahkan. Akhir-akhir ini Apple berupaya menjadikan Mac lebih kompatibel untuk gaming, akan tetapi upaya ini tentu saja masih sangat jauh di belakang perangkat Windows yang telah lama mendominasi game PC. Tren bahkan menunjukkan bahwa esport mulai diakui sebagai sebuah cabang olahraga yang dipertandingkan resmi dengan peluang untuk mendapatkan keuntungan finansial darinya. Tentu saja ini menjadikan banyak anak muda penghobi gaming semakin mantap memilih game sebagai jalan hidup.

 

4| Lebih mudah menyesuaikan nilai yang diinginkan dengan uang yang dimiliki

Perangkat milik Apple mungkin berkualitas tinggi, mudah digunakan, dan mungkin kamu bisa menyebutkan berbusa-busa kelebihannya. Tapi jika kita bicara soal harga, maka dengan PC Windows, kita bisa mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Saya sering mendengar argumen bahwa: Kenapa nggak beli Mac sekalian? Dengan menabung untuk membeli Macbook, maka kamu akan mendapatkan perangkat terbaik, support yang bagus, update jangka panjang, pengalaman pengguna yang menyenangkan.. dan seterusnya.. dan seterusnya. Tapi mungkin hal yang sedikit dilupakan di sini: tidak semua memiliki rentang kebutuhan yang perlu diatasi oleh ‘perangkat terbaik’. Jika yang kamu perlukan hanya perangkat penunjang untuk menulis sementara kamu memiliki anggaran yang ketat dan setiap rupiah akan sangat berjasa membantu kamu hidup hari demi hari pada periode hidup ini, maka lebih bijak untuk segera mendapatkan perangkat pendukung yang terjangkau dan mampu memenuhi kebutuhan. Dalam kasus seperti ini, PC low end yang sudah dapat memenuhi kebutuhan akan lebih masuk akal daripada memaksakan diri membeli barang mahal yang belum tentu semua kelebihannya benar-benar kamu butuhkan.

Untuk hal mendapatkan nilai yang diinginkan dengan anggaran yang disiapkan, perangkat PC Windows jauh lebih fleksibel dibandingkan lini Mac. Kemampuan PC untuk memenuhi kebutuhan semua kalangan ini termasuk hal yang menjadikan saya bangga menggunakan PC.

 

5| Padu padan komponen lebih luwes

Penyesuaian dengan PC lebih mudah. Kita dapat berkaca pada kebutuhan, kemudian membeli perangkat atau komponen yang tepat sesuai kebutuhan tersebut. Fleksibilitas PC dan akses yang diberikan manufaktur juga memudahkan kita untuk memadupadankan komponen yang kita inginkan ke dalam sebuah PC. Ini memuaskan preferensi kita terhadap produk tertentu. Saat kita sudah berhasil meningkatkan nilai guna PC atau merombak komponennya sesuai dengan preferensi kita, tentu saja ini mendatangkan kesenangan tersendiri.

 

6| Varian teknologi unik

PC dewasa ini lebih fleksibel dan lebih cepat beradaptasi terhadap kemajuan. Aneka produk PC yang unik seakan dapat mengisi hampir semua ceruk kebutuhan pengguna. Tahun lalu mungkin kita terkagum-kagum pada teknologi Yoga Book yang terlihat futuristik dengan memadukan tablet/laptop dengan sebuah pad yang bisa digambar dan ditulis dengan mudah ditambah sebuah keyboard pada layar.

Tahun ini Project Precog menjadi salah satu hal unik yang menjadikan penasaran untuk dicoba. Beberapa rumor juga menyebutkan akan adanya perangkat unik yang akan rilis pada tahun ini dengan kode Andromeda. Sepertinya hanya para pembuat PC yang cukup gila untuk mendobrak berbagai batasan dengan aneka form factor unik ataupun fitur-fitur baru yang mencengangkan.

 

7| Kompatibilitas dengan perangkat lain lebih mudah

PC Windows memiliki banyak varian aksesoris dan periferal yang sangat mudah dipasangkan dengan perangkat. Berbagai item teknologi tersebut membantu dan memudahkan pekerjaan kita dalam berbagai skema.

Untuk perangkat mobile (smartphone) sendiri, lebih mudah jika kamu memasangkannya dengan perangkat Windows. Jika kamu menggunakan Android, maka kamu akan mendapatkan pengalaman yang kurang optimal saat berupaya memasangkan perangkat kamu dengan Mac. Akan tetapi baik kamu menggunakan Android atau iOS, kamu tidak akan kesulitan untuk menyambungkan perangkat mobile kamu tersebut dengan sebuah perangkat Windows PC!

 

8| Banyak cerita bersama Windows

Saya mengenal perangkat komputasi Windows sejak kecil, yang mana pada saat itu sebuah komputer masih memerlukan drive DOS untuk menjalankan fungsinya. Sejak saat itu, berbagai macam versi Windows pernah saya rasakan. Pengalaman yang lama yang nyaris terasa nostalgik ini mungkin menjadikan saya sebagai pengguna PC Windows yang bangga untuk terus menggunakannya. Mungkin berakar dari keakraban saya dengan berbagai versi Windows yang sudah saya gunakan sejak dulu. Saya merasa lebih nyaman menggunakan Windows, meskipun Windows berganti banyak tipe dan versi. Banyak cerita yang sudah saya alami bersama Windows ini, dan saya yakin masih banyak cerita lain ke depannya.


Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah kamu adalah seorang pengguna PC yang bangga pada perangkat yang kamu gunakan ini? Apa yang menjadikan kamu bangga menggunakan PC? Jangan ragu menuangkannya di kolom komentar. Seabsurd apa pun cerita kamu, saya yakin itu tidak akan menghalangi kita untuk saling merasakan hal yang sama. Kebanggaan dan kecintaan menggunakan PC Windows!

 

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.