Rumor: Prototipe Surface Phone Sudah Siap, Bakal Dirilis Tahun Ini

Kemarin WinPoin sudah kabarkan bahwa Prototipe Surface Mobile sudah dikabarkan siap dan mulai masuk ke tahap testing. Menggunakan Snapdragon 845, Surface Mobile bakal menggunakan OS baru Microsoft yang bernama Andromeda. (Baca: Prototipe Surface Phone Sudah Siap, Bakal Dirilis Tahun ini)

Nah kini keberadaan Andromeda semakin ngeksis dengan kemunculannya di Windows 10 SDK Preview terbaru. Jadi di SDK Preview Build 17095, Andromeda terlihat muncul dalam daftar produk Microsoft. Di file winnt.h, terlihat ada kode PRODUCT_ANDROMEDA yang mereferensikan keberadaan Andromeda OS.

Kemunculan Andromeda OS: Pengganti Windows 10 Mobile?

Bagi kamu yang belum tahu, Andromeda OS ini dikabarkan bakal menjadi sistem operasi perangkat layar lipat besutan Microsoft, yaitu Surface Mobile (Surface Phone).

Namun demikian prediksi WinPoin, tujuan dari Andromeda OS ini berbeda dengan Windows 10 Mobile. Seperti yang kamu tahu, Microsoft menempatkan Windows 10 Mobile sebagai sistem operasi ponsel yang memiliki kemampuan “menjadi PC” melalui fitur Continuum. Tetapi Andromeda ini bakal dibalik, OS ini bakal dijadikan sebagai sistem operasi tablet layar lipat yang memiliki kemampuan juga untuk dijadikan ponsel.

Jadi kemungkinan dengan Andromeda OS, Surface Mobile yang merupakan tablet layar tekuk dari Microsoft ini bakal memiliki kemampuan juga seperti ponsel (bisa untuk telepon, SMS, dsb).

Dengan sudah dibuangnya Windows 10 Mobile dari fokus utama Microsoft (dan ini terbukti dari kasus beberapa waktu lalu, dimana update terbaru Windows 10 Mobile malah membawa masalah baru), maka kedepannya bisa jadi fokus utama Microsoft di sistem operasi mobile bakal beralih ke Andromeda OS ini. Jadi tidak salah juga jika Andromeda OS disebut sebagai pengganti Windows 10 Mobile — karena di ranah mobile, Andromeda inilah yang bakal menjadi OS andalan dari Microsoft.

Punya tanggapan seputar Andromeda OS? Sampaikan di kolom komentar.

via tero alhonen (twitter)

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.