Microsoft baru saja secara resmi merilis build 15254.248 pada hari Valentine kemarin. Namun sangat mengecewakan bagi para pengguna karena alih-alih mendapatkan ‘perbaikan’ dan ‘peningkatan’, justru Edge mengalami masalah sejak perangkat Windows 10 Mobile mendapatkan update tersebut.

Saya sendiri baru aware dengan permasalahan ini setelah teman kita, Dirga, melaporkan bahwa Edge tidak bisa membuka PDF setelah update build 15254.248.

Dan ternyata di portal penggemar Windows lainnya di seluruh dunia, banyak yang melaporkan permasalahan serupa.

Jika kamu ingin menguji kemampuan Edge di Windows 10 Mobile kamu, maka cobalah membuka link yang memiliki konten PDF di dua perangkat, yaitu di Windows 10 dan Windows 10 Mobile. Saya melakukannya dan terlihat bahwa perangkat Windows 10 Mobile saya tidak mampu membuka file PDF yang sebenarnya bisa lancar dibuka oleh Edge di Windows 10.

Masih belum jelas apakah memang Microsoft bertujuan untuk menghapus fitur ini dari Windows 10 Mobile, ataukah hanya bug yang akan segera diperbaiki pada update berikutnya. Namun tentu saja ini sangat mengecewakan bagi para pengguna Windows 10 Mobile yang masih bertahan dengan perangkatnya.

Fitur membaca PDF di Edge merupakan salah satu fitur andalan saya, dan juga mungkin teman-teman mahasiswa yang mendapati fitur ini cukup praktis, terutama saat melakukan penelitian dan mencari sumber referensi untuk tugas-tugas. Dengan kemampuan membuka PDF langsung dari browser, maka kita dapat langsung memeriksa konten file tersebut tanpa perlu download terlebih dahulu. Ketika fitur ini dihilangkan, maka mungkin para pengguna Windows 10 Mobile yang sering memanfaatkan fitur ini akan kecewa.

Saya akan segera memberitakan kembali jika ada tanggapan dari Microsoft seputar ‘bug’ pada Microsoft Edge sejak update 15254.248. Jika kamu mengalami ‘bug’ lainnya, informasikan di kolom komentar.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.