Jauh sebelum orang memiliki uang untuk membeli lisensi Windows original, biasanya mereka pernah mencoba yang namanya Windows bajakan. Yup, hal ini bukan lagi fenomena yang asing di sekitar kita.

Tetapi tahukah kamu bahwa ada beberapa kejadian yang sering dialami oleh pengguna Windows bajakan? Berikut ini adalah 7 kejadian tersebut.

 

7. Males Update

7 Kejadian yang Sering Dialami Pengguna Windows Bajakan

Kalau pengguna Windows original sangat senang ketika ada update yang dirilis (bahkan sangat menantikannya), maka pengguna Windows bajakan biasanya langsung mematikan automatic update setelah melakukan install Windows.

Yup, pengguna Windows bajakan biasanya males melakukan update. Hal ini untuk menghindari kedetect nya Windows sebagai bajakan setelah melakukan update yang sangat sering terjadi, terutama di era Windows 7 ke bawah.

“Update itu gak penting, yang penting OS jalan terus” — begitu salah satu prinsip mereka.

 

6. Kedetect Bajakan

7 Kejadian yang Sering Dialami Pengguna Windows Bajakan

Nah ini yang sering dialami pengguna Windows bajakan kalo gak sengaja melakukan update. Bahkan terkadang hal ini juga muncul dengan sendirinya tanpa melakukan update sekalipun.

Tiba-tiba layar menjadi hitam atau muncul popup bertuliskan “You may be a victim of software counterfeiting”, dipadu dengan munculnya watermark “not genuine” di pojok kanan bawah.

Kalau hal ini sudah terjadi maka hal pertama yang biasa dilakukan adalah menepok jidat dan berkata “aduh”.

 

5. Sering Install Ulang

7 Kejadian yang Sering Dialami Pengguna Windows Bajakan

Entah karena kedetect bajakan atau memang sudah mulai bermasalah, pengguna Windows bajakan lumayan sering melakukan install ulang. Pertama karena mereka bebas install ulang tanpa khawatir masalah validasi license, kedua memang mereka rata-rata sudah sangat familiar dengan oprek-oprek PC, termasuk install ulang Windows.

 

4. Dimintai Tolong Install Ulang

7 Kejadian yang Sering Dialami Pengguna Windows Bajakan

“Eh bro, PC di rumah gue error nih. Gak tau kenapa kok lemot banget, bisa bantuin gue gak bro?”

Jika mendengar keluh kesah dari temannya seperti itu, biasanya pengguna Windows bajakan bakal langsung turun tangan dan berkata:

“Oke gampang ntar gue benerin. Gue install ulang aja Windows nya biar seger. Gue ada installer nya kok!”

Pengguna Windows original sulit memberikan pertolongan yang sama karena sejatinya 1 license Windows harganya cukup menguras kantong.

 

3. Takut Aktivasinya Hilang

Ketika ada upgrade yang dirilis, semisal dari Windows 8 ke Windows 8.1, atau dari Windows 7 ke Windows 10, maka pengguna Windows bajakan mencoba berpikir dua kali untuk melakukan upgrade. Karena sebelum melakukan upgrade mereka harus memastikan bahwa aktivasi yang sudah diperolehnya dengan susah payah tidak hilang.

Tidak jarang mereka mencari informasi atau bertanya di forum apakah aktivasi bakal hilang setelah melakukan upgrade, dan berharap ada banyak orang menjawab “Tidak kok, tenang aja”

 

2. Mantengin Torrent

7 Kejadian yang Sering Dialami Pengguna Windows Bajakan

Ini yang biasa dilakukan oleh mereka ketika ada versi Windows baru yang dirilis: mantengin torrent! Begitu sudah muncul ISO dan aktivasinya, maka sambil teriak “hell yeah..!!!” mereka bakal langsung tancap gas untuk mendownloadnya. Sembari proses download berjalan, mereka berharap-harap cemas agar OS tersebut bisa sukses terinstall.

 

1. Beralih Menggunakan Windows Original

7 Kejadian yang Sering Dialami Pengguna Windows Bajakan

Inilah yang terjadi begitu pengguna Windows bajakan sudah lulus kuliah, mulai bekerja, dan dompet sudah mulai tebal. Karena sudah terbiasa menggunakan Windows sejak masa sekolah, akhirnya dia memilih untuk tetap menggunakan Windows ketika bekerja.

Namun bedanya, karena sekarang dia banyak melakukan kegiatan bisnis, menyelesaikan pekerjaan, transaksi melalui e-banking, dan berbagai aktivitas penting & krusial lainnya, maka mereka mulai was-was jika tetap menggunakan Windows bajakan.

Didukung oleh keuangan yang sudah mulai lancar, akhirnya mereka memutuskan untuk beralih menjadi pengguna Windows original. Ada yang melakukannya dengan membeli laptop yang built-in dengan Windows ori, atau ada juga yang membeli DVD Windows ori retail.

 

Itulah 7 hal yang sering dialami oleh pengguna Windows bajakan. Jika kamu sudah menggunakan Windows original, great job! Tetapi jika belum, yakinlah bahwa suatu saat ketika cash flow kamu sudah mulai lancar, kamu bisa migrasi ke Windows 10 original seperti banyak pengguna Windows lainnya.

Selain lebih aman untuk bekerja, kamu juga bisa lebih tenang dan terhindar dari rasa was-was. Belum lagi kamu sudah mulai menjadi orang yang menghargai karya. That’s cool!

Adakah hal-hal lain yang WinPoin lewatkan selain 7 hal diatas? Jika ada silahkan langsung saja tambahkan di kolom komentar.

  Speaker Bluetooth Murah Tapi Nge-bass!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.