Saat ini sebagai pengguna Windows / Windows Phone, sebagian kecil ada yang tergabung sebagai member Insider dan sebagian besar sisanya tidak. Lalu apa sebenarnya yang membedakan keduanya?

Bagi kamu yang sudah menjadi bagian dari member Insider pasti sudah mengetahuinya, tetapi bagi yang belum bergabung, inilah dia perbedaan member insider vs pengguna Windows / Windows Phone lainnya:

 

7. Insider = Turut Membentuk Windows

Cara Menghilangkan Login Screen di Windows 10 (Agar Tidak Perlu Memasukkan Password Lagi)

Tahukah kamu bahwa Windows 10 dan Windows 10 Mobile yang kita nikmati saat ini tidak lepas dari peran member Insider?

Yup, member Insider memang tidak turut mengembangkan Windows 10 dan Windows 10 Mobile secara langsung (dengan coding dsb), tetapi feedback, review, dan data telemetri dari member Insider lah yang menentukan apakah sebuah fitur layak dimasukkan ke Windows ataupun tidak.

Data dan feedback dari member Insider ini menjadi acuan penting bagi developer Windows 10 dan Windows 10 Mobile untuk melakukan pengembangan selanjutnya.

Bahkan berbagai fitur baru yang bermanfaat di Windows 10 dan Windows 10 Mobile banyak yang berasal dari saran dan masukan member Insider.

 

6. Insider = Bermain dengan Bugs

Seperti Inilah Experience (Fitur dan Bugs) di Windows 10 Mobile Build 10536 (Review)

Sebagai member insider maka seringkali harus menginstall dan menggunakan Windows 10 / Windows 10 Mobile versi build preview. Build ini berisi banyak sekali fitur baru yang belum dirilis ke publik, tetapi karena statusnya yang masih preview maka bugs juga terus ditemui disana-sini.

Member Insider terbiasa dengan itu semua, bahkan bugs tidak lagi dianggap sebagai hal yang menakutkan karena sudah sering mengalaminya dan bersentuhan langsung dengannya.

 

5. Insider = Rela Berkorban Kuota

7 Perbedaan Member Insider dengan Pengguna Windows / Windows Phone Lainnya

Setiap build baru dirilis, besar file updatenya bisa mencapai ukuran GB, bahkan seringkali berkisar di angka 2 – 4 GB. Dan build baru ini muncul bisa dirilis sebulan sekali bahkan lebih sering.

Untuk itu tidak diragukan lagi bahwa agar bisa mencoba dan melakukan testing build baru Windows 10 / Windows 10 Mobile, member Insider harus mengorbankan banyak sekali kuota.

 

4. Insider = Familiar dengan Rollback / Install Ulang

Cara Roll-Back ke Windows Phone 8.1 dari Windows 10 Smartphone yang Bermasalah

Tidak jarang jika akhirnya setelah mendownload dan menginstall build Windows 10 / Windows 10 Mobile, ternyata build tersebut tidak berjalan mulus di device member Insider. Alhasil terpaksa dia harus melakukan rollback / install ulang lagi.

Rollback / install ulang menjadi hal yang sangat familiar bagi member Insider.

 

3. Insider = Berani Mengambil Resiko Bricked / Kerusakan Device

7 Perbedaan Member Insider dengan Pengguna Windows / Windows Phone Lainnya

Tahukah kamu apa resiko terburuk yang bisa dialami oleh member insider? Yup, device bricked / terjadi kerusakan device.

Tidak banyak memang yang mengalaminya, tetapi beberapa member insider sudah pernah menjadi korban dimana devicenya mati total tak bisa digunakan lagi.

Dan setiap kali mengupdate ke build baru, sebenarnya bayang-bayang terjadinya bricked ini selalu ada. Hanya saja member insider berani mengambil resikonya dan tetap mau melakukannya.

 

2. Insider = Passionate dengan Windows / Windows Phone

Sepenggal Kisah Buka Bersama Acer, Microsoft, WinPoin, & idWinPhone

Beberapa pengguna non-insider terkadang melihat member insider dengan keheranan.

Ngapain sih nyobain build yang masih preview dan buggy? Buang2 waktu dan kuota saja. 

Tetapi member insider melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Member Insider memang passionate dengan Windows / Windows Phone. Mereka tertarik mencoba hal-hal baru didalamnya, meskipun masih eksperimental.

Mereka menganggap hal itu sebagai kesenangan, hobi, atau hal yang menarik dilakukan di waktu luang.

 

1. Insider = Sudah Mencoba Fitur Terbaru Sebelum Pengguna Lain tahu

7 Perbedaan Member Insider dengan Pengguna Windows / Windows Phone Lainnya

Karena peran member insider yang sangat penting untuk menguji dan memberikan feedback di setiap fitur baru Windows, maka member Insider sudah bisa mencoba berbagai fitur terbaru di platform tersebut sebelum orang lain bisa merasakannya.

Terkadang fitur baru tersebut berjalan mulus, terkadang penuh dengan bugs, terkadang bahkan tidak fungsional sama sekali. Tetapi seiring build baru yang dirilis fitur-fitur tersebut menjadi semakin bagus dan mendekati versi finalnya.

Begitu versi final dirilis, maka member insider sudah familiar dengan fitur baru di Windows 10 / Windows 10 Mobile tersebut.

 

Bonus: Insider = Geek

7 Perbedaan Member Insider dengan Pengguna Windows / Windows Phone Lainnya

Jika bukan seorang yang geek, cukup paham, dan sangat tertarik dengan dunia tekno, maka kecil kemungkinan dia bergabung menjadi member insider.  Karena itu ketika program Windows Insider dulu dibuka, Microsoft menjelaskan bahwa Windows Insider Program ini is for people who know….

DLL is not the new OMG
PXE boot != Girl Punk Band
BIOS is not a plant-based fuel

I mean..member yang tergabung di Windows Insider kebanyakan adalah seorang geek.

 

Jadi..apakah kamu merupakan salah satu bagian dari member insider?

7 PerbedaanPre-Order: Tunjukkan Identitasmu dengan Memakai Kaos Eksklusif Windows Insider Ini (Terbatas) Member Insider dengan Pengguna Windows / Windows Phone Lainnya

  Speaker Bluetooth Murah Tapi Nge-bass!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.