Home News Windows 10 Mobile Juga Akan Menjadi OS di Tablet Low End

Windows 10 Mobile Juga Akan Menjadi OS di Tablet Low End

Windows 10 Mobile Juga Akan Menjadi OS di Tablet Low End

Ngomonging tentang Windows 10 Mobile biasanya langsung membuat kita kepikiran dengan OS smartphone, karena kita berasumsi bahwa OS tablet merupakan bagiannya Windows 10 PC.

Tetapi ternyata dari rekomendasi hardware yang dikeluarkan oleh Microsoft, Windows 10 Mobile juga direkomendasikan untuk menjadi OS dari tablet low-end.

Untuk tablet berukuran layar 7 inch dengan 1 – 2GB RAM dan 8 – 32GB internal storage, Microsoft merekomendasikan OEM untuk memilih Windows 10 Mobile sebagai OS nya.

Tablet low-end tersebut juga disarankan untuk dilengkapi dengan fitur Continuum for Phones, alias tablet low-end tersebut bisa disulap menjadi seperti PC saat dihubungkan dengan layar besar.

Windows 10 Mobile Juga Akan Menjadi OS di Tablet Low End

Jadi nantinya kamu tidak harus memiliki smartphone berkelas premium untuk bisa menikmati Continuum for Phones, karena melalui tablet low-end pun kamu bisa menikmatinya. (Baca juga: Inilah Acer Jade Primo: Smartphone Pertama di Dunia yang Bisa Menjadi PC)

Berbeda dengan low-end tablet berukuran 7 inch ini, tablet yang sudah berukuran layar 8 inch keatas langsung direkomendasikan untuk menggunakan OS Windows 10 Desktop Edition, yang tentunya membuat pengguna bisa mengakses dekstop dan menginstall berbagai software desktop didalamnya.

via microsoft

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Rizal Faisal Akbar

    whoaaaah
    IS-nya minimal 8GB ya?

    • Kurotsuki Kaitou

      Kalo yang W10 Mobile sih emang 8 GB minimal. Sama lah kayak smartphone.

  • user.unkwon

    Wih low end tablet ada continuum,aksesorisnya aja mahal,haha

    • Kurotsuki Kaitou

      Kalo ga mampu beli aksesorisnya, wireless aja lah. Monitor bisa pake miracast (kayaknya 300rb-an dah dapet. Bisa buat cast dari Windows Phone 8.1 ataupun Android). Keyboard & mouse pake bluetooth.. Udah deh ga perlu aksesoris tambahan. Well … ada sih… Beli miracast dongle, bluetooth keyboard & mouse. Tapi kan bisa dipake di tempat laen juga. Ga spesifik buat 1 device doang. Hape-nya cukup colok ke charger …. :3

      • user.unkwon

        Dulu penasaran pake dongle,sampe skg blum ksampean,wkwkwk

        • Kurotsuki Kaitou

          Hahaha. Saya malah lebih parah. Buat pake dongle kan musti yang SoCnya support Miracast. Kalo ga salah SD400 ke atas. Hapenya aja belum kesampean buat beli. Masih pake 520 yg SoCnya SD S4 (baca: Jadul)… :3

          • user.unkwon

            Oh iya,baru inget,miracast hrus SD 400 ke atas,sayang bgt duitnya hrus beli HP lgi,mending nabung beli SP4/SP3,masih nyaman pake L730 :3

          • Kurotsuki Kaitou

            Lha L730 kan udah pake SD 400…. (-_-)a

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Namanya juga.. OS tunggal

  • 7″ Tablet nya nanti itu pake ARM atau x86? kalau pake ARM berati harusnya surface 1 atau 2 dapat donk

    • Kurotsuki Kaitou

      Resminya sih mungkin ngga. Mengingat umur suportnya yang udah terlewat. Lagipula, Surface kan 10″. Yakin mau korbanin environment desktopnya demi Windows 10 Mobile? Yah … Desktopnya ga gitu guna sih selain buat IE & Office, tapi kan mereka punya Office full version. Ga yakin juga mau korbanin itu demi Windows 10 Mobile yang Officenya cuma versi touch.

    • Rivanda Bakhtiar

      Sebenernya pernah mau pake mobile sih, tapi dari user banyak yg merasa W10M itu tidak cocok menggantikan WRT, karena mobile version gak punya desktop,comand prompt, run mode, safe mode, power shell, join domain dan home network access dll, yg intinya setidaknya WinRT 8.1 sudah mirip desktop minus support win32 app aja…

  • mbah gamblang

    keren semoga tablet os windows 10 mobile dengan harga murah,bertebaran di indonesia

  • perfectminor

    #OOT – Kalau jaman yang akan datang berubah peralihan:
    1. Microsoft cuma rilis sedikit device Windows 10 Mobile dan makin banyak OEM yang merilis Windows 10 Mobile.
    2 Issue di dunia bahwa Windows 10 Mobile itu keren dan user berbondong2 membeli device Windows 10 Mobile dan jamannya kini dipegang oleh Windows 10 Mobile bukan Android lagi. Apalagi di dukung kerennya Windows 10 PC.
    3. Menyikapi perihal nomor 2 yang menjadikan developer jadi mau membuatkan aplikasi dan gamenya di Windows Store.

    Apakah ketiga hal tersebut dapat terjadi? hehehehehe

    • Kurotsuki Kaitou

      #1 sih udah pasti. Microsoft sudah melakukan itu di Surface, dan akan menerapkan itu juga di Lumia (terbukti dengan roadmap yang minim device)

      #2 belum tau. Windows 10 sudah pasti booming mengingat pengguna Windows 7 & 8 (& 8.1) mayoritas upgrade ke 10 (karena digratiskan hingga 1 tahun setelah rilis). Diharapkan, dengan adanya begitu banyak Windows 10, app developer akan tergiur untuk bermain di Windows 10. Nah, dengan adanya model universal app, best case-nya sih sekalian aja bikin UI buat versi mobile-nya. Toh core-nya juga udah jadi. Tapi untuk mengejar, apalagi menggantikan dominasi Android, kayaknya belum bisa dibaca deh.

      #3 Kebalik …. Justru diharapkan developer datang duluan dengan pancingan user Windows 10 yang udah berjibun itu. Selain itu, Microsoft juga sedang menyiapkan pancingan lain juga berupa proyek app bridge (Astoria dan Islandwood). Baru nanti setelah developer datang, Windows 10 Mobile bisa menarik minat calon pengguna karena ga ada lagi alasan ga ada app ini itu.

      Sepertinya sih begitu …. :3

  • Ajatsuki Uchiha Supandi

    Klo bisa sih jngan pke os mobile buat tablet… Krna mnurut saya itu sma sja kya hp windows yg layarnya cuma di perbesar doank,,persis kya tablet andro…

    • Wira

      Gapapa sih, kan low end.
      Tablet Android sama ipad juga pake OS mobile kan…

      • Ajatsuki Uchiha Supandi

        Ia tp mndingan pke os desktop aja… Krna sya udh pnya hp lumia os windows10 mobile,,masa tablet.y os windows10 mobile jg…

        • Rasshid

          Ya tapi kalo 7 inch buat OS W10 desktop kan kekecilan

          • Ajatsuki Uchiha Supandi

            Ia gan tp kn ada settingan font atau tmpilan.y biar pas… Dan mnurut saya sih lumayan lah ga kekecilan…

          • Rivanda Bakhtiar

            Kan ada pilihan mau pake versi desktop beli yg 8″ , kalo 7″ inch itu masuk value tablet, yg 7″ os desktop jg banyak kyk axioo windroid 7G, HP stream 7, dell streak 7 dan tablet china lainnya, intinya kemabli ke pilihan end user bukan vendor atau mikocok -_-

        • Wira

          Duh ini orang

  • anggit pras

    klo semua oem dan juga Microsoft bikin smartphone yg support continuum dg harga yg terjangkau, lumayan tuh buat bersaing sama os sebelah.. tapi balik lg ke marketing sama selera sih..

  • Zulmi Kurniawan

    Gak masalah sih kalo 7 inch, harga murah ada fitur continuumnya asal developer banyak yg berbondong-bondong membuat aplikasi yg support w10m jg. Yg 8 inch aja gak ada continuumnya. Semoga bisa masuk hdd eksternal aja.

  • andra

    aq pake MS Lumia , tablet android , yg blm cm iOS , semua aq dalami dan aq dapati kelebihan dan kekurangan…
    — Android : OS yang sangat maju , modern , dukungan aplikasi namum membutuhkan spesifikasi yang cukup baik terutama RAM minimal 2 GB , untuk menjalankan aplikasi apa aj ringan . pada umumnya device yang menggunakan RAM 2 GB pasti mempunyai prosesor yang mumpuni juga … memiliki android kelas menengah / keatas mjeningkatkan pengalaman pengguna .-

    —Windows Phone : OS yang ringan , namum kurangnya aplikasi yang ada di WP Store & aplikasi yang minim update . jika sering di update aplikasinya oleh developer , WP akan terlihat menarik apalagi dengan Lives Tile nya , sangat hidup dan bukan sekedar Icon seperti di Android..

    —iOS : pengen beli tapi , Contoh :– membeli iphone 4s saat ini yang belm tentu asli ( refurbish ) dengan harga diatas 2 juta sangat sayang sekali… bandingkan dengan Xiaomi redmi note / 2 dengan harga sama tp spek kualitas jauhh lebih baik….saya rasa iphone hanya sekedar berkelas saja meskipun memiliki disain yg bagus..klo memiliki dana lebih tetap akan mencoba iPhone

  • pasti win 10 moblie lanjay di 7″ tablet tersebut :D