Home PC 7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet

7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet

7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet (1)

Hampir semua pengguna komputer tentunya pernah melakukan mendownload suatu software / aplikasi. Terlepas dari apapun aplikasi tersebut, memastikan bahwa software tersebut aman merupakan hal yang perlu diketahui semua pengguna komputer. Karena tidak semua software yang bertebaran diinternet itu aman, terkadang software bisa saja disisipi oleh adware, virus ataupun malware.

Agar kamu dapat mendapatkan software sesuai dengan keinginan tanpa adanya masalah. Kali ini WinPoin akan memberikan kamu beberapa tips yang dapat kamu gunakan sebelum mendownload suatu software.

 

Manfaatkan Search Engine

Hal mendasar yang perlu dipastikan adalah mendownloadnya dari tempat terpercaya. Ketika kamu mencari dengan mengetikan keyword software yang diinginkan di Google, maka biasanya hasil yang paling atas merupakan pencarian yang sering digunakan banyak orang.

7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet (2)

Download dari Sumber Official

Merupakan lanjutan dari poin pertama, biasanya hasil yang paling atas adalah alamat dari sumber resmi / website official software tersebut.

7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet (7)

Tetapi ada juga software yang tersedia diluar website official. Biasanya ada yang melakukan reupload terhadap software tersebut, beberapa diantaranya adalah MajorGeeks, Filehippo, CNET Download atau Softpedia.

Pastikan Link Download Sudah Benar

Ini merupakan salah satu hal penting jika kamu tidak mendownload software dari sumber official. Karena banyak link download palsu dari ads/iklan yang ditampilkan pada halaman sebelum melakukan proses downloading, biasa hal ini sering muncul ketika ingin mendownload software melalui file sharing.

Salah satu tips yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini adalah perhatikan link download yang ada, arahkan mouse tepat ke link download tersebut. Biasanya akan tertampil preview link pada bagian pojok kiri bawah. Jika link tersebut memang benar dengan software yang kamu inginkan maka bisa dipastikan bahwa link tersebut asli.

7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet (5)

Cara lain yang dapat kamu pastikan adalah, jika kamu sudah terlanjur mendownload dari link palsu, maka biasanya ukuran file yang didownload relatif kecil. Maka bisa dipastikan bahwa itu file installer palsu, jadi jangan dijalankan.

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan memasang Adblock pada browser, sehingga iklan tidak akan muncul.

Cari Review Mengenai Aplikasi Tersebut

Jika software yang ingin kamu download tidak begitu terkenal, maka cobalah untuk melakukan Googling terlebih dahulu mengenai software terkait. Biasanya juga ada orang yang melakukan review terhadap aplikasi tersebut.

Scan dengan Anti Virus

Kamu dapat melakukan scanning terhadap file yang ingin didownload. Kamu dapat melakukannya dengan cara menggunakan bantuan situs VirusTotal, kemudian kamu dapat melakukan uploading terhadap software (yang sudah didownload) atau dengan memasukan link download software.

7 Tips Sebelum Mendownload Software dari Internet (4)

Selain itu, jika kamu sudah menggunakan Anti Virus, biasanya software yang mengandung malware/virus akan mudah dideteksi, sehingga akan muncul peringatan untuk tidak menjalankan software tersebut.

Cermati Proses Installasi

Pada saat melakukan installasi Software, pastikan kamu membaca setiap instruksi pada wizard. Karena terkadang software membawa adware/bloatware pada saat melakukan installasi yang biasanya menyebabkan pergantian default home page dan search engine pada Browser.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka kamu perlu membersihkannya dengan menggunakan bantuan software. (Baca Cara Menghapus Adware yang Menyebalkan)

Pastikan Keaslian Installer Software

Pada saat file installasi software sudah didownload. Maka sebelum melakukan installasi, ada baiknya kamu mengecek keaslian file dengan cara menggunakan metode Checksum yang mana WinPoin sudah bahas sebelumnya. (Baca Cara Cek Keaslian File di Windows dengan Command Prompt)

Poin ini dapat dilakukan dengan catatan, bahwa sumber dari file tersebut juga mencantumkan Checksum (agar dapat kita cocokan dengan hasil yang didownload). Jika tidak maka kamu tidak dapat memastikan keaslian file dengan menggunakan metode ini.

 

Nah itu dia 7 cara yang dapat kamu pastikan sebelum download dan installasi terhadap sebuah software. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.