Home Editorial 8 Bocoran Info yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flagship Terbaru Lumia

8 Bocoran Info yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flagship Terbaru Lumia

Info Flagship Lumia

Seiring dengan makin dekatnya rilis Windows 10 Mobile, berbagai media teknologi semakin gencar membahas bocoran tentang flagship (produk andalan) terbaru Microsoft yang dijanjikan akan dirilis bersamaan dengan Windows 10 versi mobile. Tentu saja flagship ini diharapkan akan menawarkan berbagai keunggulan yang nantinya dapat menjadikannya bersaing dengan raja-raja ponsel tahun 2015 ini seperti misalnya iPhone 6, LG G4, dan Galaxy S6.

Winpoin sendiri selalu mengulas apabila ada bocoran terbaru terkait dengan flagship Lumia tersebut. Namun kali ini, Winpoin akan mengulas info yang sebagian besar dibocorkan oleh Steve Litchfield, seorang blogger yang nampaknya memiliki jaringan info dari ‘orang dalam’ Microsoft. Info yang disampaikannya terbukti, karena pada tahun 2014 lalu, Steve sudah mengungkapkan bahwa flagship untuk 2015 sudah mulai dibuat dan dia menyinggung adanya 3 led-flash yang terbukti benar baru-baru ini.

Berikut ini rangkuman info tentang bocoran flagship Lumia terbaru tersebut.

 

Flagship Lumia terbaru akan berkode 950, bukan 940

Ini merupakan salah satu pernyataan unik dari Steve yang meskipun belum dibenarkan oleh Microsoft, namun memiliki landasan yang masuk akal. Steve menyatakan bahwa perubahan nama kode ke 950 ini dilakukan agar publik tidak menyejajarkan lini Lumia terbaru ini dengan perangkat Lumia lain yang berkode “40” seperti 540 dan 640. Jika mendengar kode “40” maka otomatis seseorang akan membayangkan bahwa perangkat tersebut merupakan perangkat dengan Windows 8.1 yang merupakan upgrade dari seri berkode belakang “30”. Sedangkan flagship Lumia terbaru ini sudah akan memiliki Windows 10 mobile yang terpasang secara default serta teknologi yang berbeda dengan seri sebelumnya. Untuk itulah digunakan penamaan kode 950 guna menggambarkan “lompatan teknologi” tersebut.

 

Prosesor yang digunakan untuk Lumia 950 adalah Snapdragon 808, sedangkan untuk 950XL adalah Snapdragon 810

Info Flagship Lumia

Ini juga merupakan salah satu pernyataan unik yang berbeda dengan blog teknologi lainnya. Steve menyatakan bahwa Lumia 950 akan menggunakan Snapdragon 808, sedangkan Lumia 950XL akan menggunakan Snapdragon 810. Keduanya merupakan prosesor dengan arsitektur 64-bit yang memberikan jaminan

Pembedaan ini nampaknya dilakukan karena Microsoft mengharapkan performa yang lebih stabil untuk Lumia 950.  Seperti yang kita ketahui, banyak OEM yang kebingungan ‘menjinakkan’ panas berlebih dari snapdragon 810. Perangkat terbaru yang menggunakan prosesor Qualcomm ini, M9, juga tidak lepas dari masalah panas yang cukup mengganggu. Melihat bahwa Snapdragon 810 dipasangkan pada Lumia 950XL, kelihatannya Microsoft telah menemukan solusi untuk masalah panas tersebut. Dari perbincangan para Enthusiast di bidang ponsel, memang kelihatannya Lumia 950XL akan lebih ditujukan untuk kalangan pebisnis, sehingga memerlukan prosesor yang lebih tangguh untuk memastikan pengoperasian yang lebih cepat dan mulus.

 

Lumia 950 tidak memiliki opsi MicroSD

Info Flagship Lumia

Bocoran ini sedikit tidak mengenakkan memang, namun Steve menyatakan bahwa Lumia 950 nampaknya tidak akan memiliki opsi MicroSD, namun akan menggunakan opsi internal storage yang lebih besar dengan pilihan 32GB, 64GB, dan 128GB seperti halnya Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6. Ini dilakukan untuk mendukung keindahan bentuk Lumia 950. Nampaknya Microsoft akan berusaha all out dengan desain Lumia 950 sehingga dapat menarik minat para penggemar gadget di seluruh dunia. Apakah bentuknya akan seperti beberapa desain yang pernah dibocorkan oleh Winpoin? Kita akan mendapatkan jawabannya dalam waktu dekat ini.

Sedangkan untuk Lumia 950XL, karena lebih mementingkan pengguna korporat, maka keberadaan SD Card tetap dipertahankan, karena pengguna korporat dan bisnis tentu saja lebih memerlukan ponsel ini agar fleksibel dan dapat menyimpan file sebanyak mungkin, bahkan harus dapat mendukung pekerjaan di mana saja.

 

Flagship Lumia 950XL akan dilengkapi dengan Face/Iris Scanner, namun tidak untuk Lumia 950

Pernyataan ini mungkin akan mengecewakan bagi mereka yang telah menantikan Lumia 950. Memang sudah lama dirumorkan bahwa flagship Microsoft terbaru ini akan dilengkapi dengan Scanner yang dapat memindai bola mata dan wajah untuk mengirimkan informasi biometrik. Ini dimanfaatkan untuk fitur keamanan tambahan terbaru Windows, yaitu Windows Hello, yang nantinya memungkinkan seseorang membuka perangkat Windows cukup dengan menatap atau menempatkan wajah di depan perangkat tersebut. Nah, sedikit kabar buruk, bahwa menurut Steve Litchfield, Lumia 950 tidak akan dilengkapi dengan Face/iris scanner tersebut, sedangkan Lumia 950XL akan dilengkapi, sesuai dengan segmen penjualannya, yaitu untuk kalangan pebisnis. Kalangan korporat ini jelas mengharapkan sebuah perangkat yang aman dan dapat diandalkan untuk mendukung pekerjaan sehari-hari.

 

Flagship Lumia tersebut hadir dengan USB Type-C dan Continuum

Info Flagship Lumia

Telah lama Joe Belfiore menyatakan bahwa perangkat Lumia di masa mendatang akan dilengkapi dengan USB type C yang memungkinkan untuk membaca berbagai macam perangkat yang bisa dihubungkan melalui USB, seperti misalnya flashdisk, mouse, keyboard, bahkan juga Xbox, dan televisi. Bukan hal yang baru jika dinyatakan bahwa Lumia 950 dan 950XL akan dilengkapi dengan perangkat USB type-C tersebut.

Continuum juga merupakan sebuah fitur berorientasi masa depan yang menarik bagi perangkat Windows. Diperkenalkan beberapa bulan lalu, Continuum diperkirakan menjadi salah satu ‘pengubah permainan’ untuk semua perangkat Microsoft, dalam artian ini bisa jadi menjadi andalan Microsoft di masa mendatang. Dengan menggunakan Continuum, dimungkinkan kita menghubungkan perangkat ponsel ke monitor untuk mendapatkan performa yang mirip dengan sebuah PC. Hal ini tentu saja sangat futuristik dan potensial untuk digunakan di masa mendatang.

Belum sempat menyaksikan cara kerja Continuum? Kamu bisa menengok video berikut:

 

Jeroan kamera baru yang prospektif

Info Flagship Lumia

Salah satu yang menjadikan lini Lumia menonjol adalah karena kameranya. Begitu superiornya, hingga flagship zaman sekarang seperti iPhone 6, LG G4, dan Samsung Galaxy S6 pun masih dibandingkan dengan Lumia 1020 yang notabene adalah keluaran tahun 2012. Microsoft berusaha memelihara warisan Nokia tersebut.

Lumia 950 dirumorkan akan menggunakan Toshiba 20MP image sensor, dengan ukuran bukaan f/2.0 atau f/1.8, 1/2.4″, lensa Carl Zeiss 6-lens optics, phase detection autofocus, triple LED super-short-pulse flash, 3-axis OIS, teknologi Pureview, kemampuan merekam video 4K. Hardware tersebut memang cukup menjanjikan. Evan Blass, yang kita kenal sebagai ‘pembocor’ produk ponsel kelas atas, sempat ‘menggoda’ para penggemar Windows dengan mengunggah foto blur dari penampakan flagship terbaru Lumia. Hanya saja timbul keraguan karena sensor yang digunakan adalah milik Toshiba.

Sebagaimana yang kita ketahui, HTC M9, flagship terbaru HTC dibully di media sosial karena kemampuan kameranya yang terkesan medioker jika dibandingkan dengan iPhone 6, LG G4, Xperia Z3, atau Samsung Galaxy S6. Perlu diketahui bahwa sensor yang digunakan HTC M9 adalah dari Toshiba, sedangkan semua perangkat pesaing tersebut menggunakan Sony Exmor. Reputasi Lumia benar-benar dipertaruhkan di sini. Namun masih ada harapan karena kerjasama dengan Carl Zeiss tentu saja akan menjamin hasil yang optimal. Carl Zeiss tidak hanya sekedar ‘setor lensa’ saja, tapi selalu berupaya bekerjasama di laboratorium agar perangkat yang menggunakan lensanya memberikan hasil imaging yang optimal.

 

Flagship Lumia akan mendukung penggunaan Stylus

Info ini sangat menyenangkan bagi para pendukung ‘Surface phone’ yang mengharapkan sebuah perangkat yang dapat mendukung penggunaan tingkat lanjut bagi segmen bisnis dan korporat. Penggunaan stylus di sini nantinya akan dimanfaatkan untuk software desain seperti Photoshop Touch atau mungkin melakukan doodle (sketsa) di OneNote. Dengan dukungan penggunaan stylus, maka Flagship Lumia terbaru akan makin handal untuk digunakan mendukung pekerjaan kita sebagai profesional.

Sayangnya, masih belum pasti apakah kedua perangkat flagship tersebut akan menggunakan stylus. Karena ada informasi bahwa hanya perangkat Lumia 950XL saja yang akan support stylus. Pertimbangannya, seperti yang sebelumnya adalah memang karena phablet ini diperuntukkan untuk kalangan korporat.

 

Jadwal rilis flagship Lumia tersebut adalah bulan September 2015

Hampir pasti bahwa Microsoft akan merilis dua perangkat high end Lumia tersebut pada bulan September 2015. Ini sekaligus merupakan konfirmasi bahwa Windows Mobile 10 sudah fix akan mulai diluncurkan pada bulan tersebut. Ini sekaligus kabar gembira untuk kita yang menantikan OS khusus untuk perangkat seluler tersebut.

 

Demikianlah beberapa gosip terbaru tentang flagship andalan Microsoft berikutnya. Oya, perlu ditekankan di sini, apabila berikutnya ada artikel Winpoin yang menggunakan penyebutan flagship terbaru sebagai Lumia 940, maka itu adalah hal yang wajar, karena sumber yang digunakan dalam menulis artikel tersebut berbeda. Sepanjang Microsoft belum memberikan konfirmasi resmi, maka masalah penamaan ini masih belum dapat dinyatakan valid. Steve Litchfield yang merupakan sumber utama artikel ini juga menyatakan bahwa info tersebut masih belum sah, dan berupa ‘bocoran’ belaka dari internal Microsoft. Harap sahabat Winpoin memaklumi tentang kode flagship yang masih simpang siur tersebut.

via All About Windows Phone dan CNet

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Dedy De

    Semoga dengan keluarnya henpon ini. Si 930 bisa turun harga wkwkwk
    Turun banyak pastinya :v
    Ngarep

    • IMIEN COVER BOY

      Wwkwkwk,,,lgi jatuh cinta gan ma neng mia 930,,sampai nunggu harga turun…

  • IMIEN COVER BOY

    Ra kuat tuku hahahahhahaaaa….

  • Mochammad Reza

    Nah mungkin yg harganya lebih mahal dari iPhone 6 yg versi 950XL,di liat dari spesifikasi nya mantap,mungkin yg versi reguler harganya sama kaya Lumia 930 pertama rilis,mudah2an deh,udah ngarep banget pengen upgrade Lumia 730 saya

  • Fayyadh Muchlis

    Harusnya Microsoft cepat2 merilis Lumia dengan seri x40 baru untuk penghabisan Lumia di WP 8.1, supaya nanti pas seri x50 udah pake Windows 10 Mobile, ane sih nunggu Lumia 740 aja, soalnya L540 dan 640 terlalu “nanggung” sementara Lumia 640 XL terlalu besar

  • Zahid Fakhruddin

    duh, perbedaan fiturnya kok terlalu jomplang gitu yakk
    btw, bukannya microsoft/nokia (ane lupa yg mana) ada kerjasama sm canon y di sektor kamera ?? apa udahan kerjasamanya ??

  • trus untuk device yang pake kamera monster, gimana? saudaranya Lumia 1020? masa’ mau dilompat jadi 1050? atau.. gimana?

  • Nurcahya

    kenapa yang Lumia 950XL gk pake Prosesor Intel aja ya?
    trus OSnya jangan pake Windows Mobile, tapi Windows. jadi kan fiturnya udah terjamin lebih mantep :v

    • 정승최

      Surface ….

      • Nurcahya

        Surface phone? Cuman rumor doang, belum ada kepastian dari microsoftnya langsung. Selain itu surface yg biasanya bukan smartphone tapi tablet pc/ laptop layar sentuh non keyboard.

  • Faldot

    Kayak nya harga nya bakalan mahal.. Smoga ada fasilitas kredit kayak KPR… Kredit flat slama 6 tahun… Wkwkwkwwk…

  • Whyu Wa

    “Hampir pasti bahwa Microsoft akan merilis dua perangkat high end Lumia tersebut pada bulan September 2015.”

    mungkin saat ini lagi tahap produksi ato mungkin sudah ada prototypenya

  • doblonk

    pembukaan nih :3

  • al

    Aku hanya bisa ngarep windows10 bisa dijalankan di 625ku dgn lancar jaya, ya..h walaupun mungkin gk semua fitur yg bisanya cuma di seri flagship hehe… Waiting that moment comes…

  • sepertinya jarak harga antara L950 dan L950 XL cukup jauh karena perbedaan fitur yang cukup banyak :D

  • Saya mah yg engga kuat nih … (Jeroan) kamera baru yang prospektif.. Haa … :D

  • Fakhrul

    Semoga ada program cicilan 12x

  • Shaquille Jabbar

    9. Harganya mahal.

  • Markodet

    Mantap surantap!

  • oh… thanks infonya gan… ^^