Beberapa waktu lalu, sempat dikabarkan bahwa salah seorang developer bernama Alexander Graf berhasil menjalankan Windows 10 ARM di Apple M1, bahkan system operasi tersebut berjalan sangat mulus mengalahkan Surface Pro X bahkan jika itu berjalan sebagai virtualisasi.

Dan hari ini, sebuah tool baru telah diluncurkan oleh developer bernama Khaos Tian di GitHub, dimana tool ini bernama ACVM, sebuah simple launcher untuk menjalankan Virtual Machine ARM64 menggunakan QEMU di Apple Silicon.

Launcher ini berisi file biner yang telah dikonfigurasi sebelumnya dari QEMU dan didasarkan pada patch oleh Alexader Graf.

Lalu bagaimana cara menggunakan tool ini?

Dilansir dari halaman GitHub-nya, pertama kamu dapat mengunduh file App dari halaman GitHub berikut, selanjutnya kamu bisa mengunduh Windows 10 ARM dari halaman Microsoft berikut, dan selanjutnya Drag file VHDX ke Main Image Area untuk mulai booting pada system operasi.

Selanjutnya, untuk membuat koneksi internet bekerja, kamu bisa mengikuti tutorial yang diberikan @niw’s, dan pastikan kamu menggunakan virtio-win-0.1.190.iso atau yang lebih baru.

Sayang sekali karena saya tidak memiliki perangkat Apple dengan Chip M1 Apple Silicon, saya tidak bisa mencoba langkah diatas, namun untuk kamu yang penasaran dan kebetulan sudah memiliki perangkat tersebut, kamu bisa mencoba dan menggunakannya.

Nah silahkan dicoba, dan jangan lupa komen dibawah jika berhasil ya.

Via : Deskmodder, GitHub

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.