Membahas Windows 10 ARM yang berjalan mulus di Apple Silicon M1 tampaknya tidak akan lengkap jika tidak menyertakan hasil Benchmarknya.

Dan terkait hal tersebut, kamu mungkin akan sedikit terkejut dengan hasil Benchmark yang dapat kamu lihat pada halaman Geekbench berikut, karena ternyata angka benchmark dari Windows 10 ARM yang dijalankan di Apple M1 menunjukkan hasil yang lebih besar daripada perangkat terbaru Microsoft Surface Pro X sendiri.

Untuk melihat perbandingannya, kamu bisa masuk kehalaman Geekbench berikut, dan berikut adalah screenshot yang dapat kamu lihat.

Untuk Single Core, Windows 10 ARM yang berjalan di Apple M1 melalui emulasi QEMU ini mendapatkan angka 1390 dan Multi Core sendiri mendapatkan angka 4769, angka tersebut hampir dua kali lipat dari Windows 10 ARM yang berjalan di Surface Pro X dengan hanya angka Single Core 756 dan Multi Core 2938.

Yang lebih mengejutkan lagi, Apple M1 ini berjalan di 1 GHz dengan hanya 4 Core saja, berbeda dengan Microsoft SQ1 di 3 GHz dengan 8 Core tersedia.

Selain itu berikut juga saya sertakan screenshot hasil benchmark lainnya, diambil dari halaman Windows Latest.

Terkait hal ini, tentunya ini juga menjadi sebuah kabar buruk bagi Microsoft, mengingat perangkat Surface Pro X juga merupakan sebuah perangkat baru dengan chipset khusus yang disebut dengan SQ1 dan langsung dikalahkan begitu saja oleh pendatang yang baru saja lahir dan bahkan menjalankan Windows 10 ARM melalui Virtualisasi Qemu.

Yah mungkin, hal positif dari hal ini akan mendorong Qualcomm untuk terus mengembangkan chipset mereka menjadi lebih baik lagi dan mungkin mereka bersama Microsoft akan lebih semangat untuk meningkatkan performa chip SQ2 mendatang.

Sekali lagi, belum ada informasi dan tanggapan resmi dari Microsoft maupun Apple mengenai hal ini, namun mungkin saja Apple sedang tersenyum dan Microsoft sedang terkejut ketika mendengar kabar ini.

Nah bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Windows Latest

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.