Adobe diam-diam menghapus harga terendah untuk bundle fotografi mereka yang sebelumnya dihargai $9.99. Kini bundling fotografi terendah menjadi $19.99 per bulan dengan kapasitas penyimpanan cloud 1TB. Untuk harga Indonesia bundling fotografi tidak berubah. Paling murah masih Rp 134.000,- dengan kapasitas penyimpanan cloud 20GB.

Bundling fotografi tersebut meliputi Photoshop CC, Lightroom CC, dan Lightroom Classic. Berdasarkan pernyataan yang disampaikan pada PetaPixel, Adobe mengatakan bahwa harga ini masih dalam bentuk uji coba. Dengan kata lain, bisa saja harganya kembali ke harga lama, naik, atau malah lebih mahal lagi.

Sebagian besar pengguna akan melihat harga baru ini, namun mereka masih bisa membeli bundling fotografi dengan harga lama disini. Bagi mereka yang tidak menggunakan layanan cloud dari Adobe, dihapuskannya bundling termurah tentu cukup menyayat kantong.

Tergantung bagaimana cara seseorang menggunakannya, sistem langganan bisa jadi mahal atau murah. Misal, seorang designer/fotografer tidak menggunakan Photoshop sebagai software utama, tapi dia mendapatkan proyek yang harus menggunakan Photoshop. Dia cukup membayar selama proyek tersebut dan selesai. Tapi bagi yang hidupnya bergantung pada Photoshop, sistem langganan bisa jadi sangat mahal.

Ada banyak alternatif yang tidak kalah dengan software dari Adobe seperti Affinity. Saya pribadi sudah cukup lama tak menyentuh software dari Adobe. Bagaimana denganmu? Apakah kamu termasuk yang terkena dampak ini? Atau malah sudah memegang cangkul dan siap bertani? Bagikan pendapatmu disini ya!

via MacRumors

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.