Home News Akhirnya, Windows 10 Bakal Dilengkapi dengan Tab!

Akhirnya, Windows 10 Bakal Dilengkapi dengan Tab!

Inilah Kelebihan Microsoft Edge Dibandingkan Browser Lainnya!

Jika ada salah satu fitur yang paling diharapkan oleh pengguna Windows, itu adalah tab! Banyak pengguna Windows berharap File Explorer dilengkapi dengan tab seperti di Mac ataupun Linux. Bahkan fitur tab juga banyak diharapkan hadir di berbagai aplikasi Windows lainnya. Maklum, membuka beberapa window aplikasi yang sama lebih enak dilakukan melalui tab daripada harus berganti dari satu window ke window lainnya.

Bagi kamu yang juga merindukan hadirnya tab di Windows, ada kabar gembira nih. Dari bocoran terbaru, fitur tab terlihat akan ditambahkan di update mayor Windows 10 selanjutnya. Ditemukan oleh WalkingCat di Insider build 16237, terlihat ada fitur tab yang ditanamkan Microsoft ke Windows 10.

Akhirnya, Windows 10 Bakal Dilengkapi dengan Tab!

Fitur ini dinamakan Sets atau Windows Sets. Jadi dengan fitur baru ini, semua aplikasi (UWP) di Windows 10 bakal otomatis dilengkapi tab. Ada dua jenis tab yang ditanamkan di aplikasi Windows 10, yaitu App Tab dan Web Tab. App Tab ini adalah tab aplikasi, jadi ya semisal kamu buka aplikasi Mail, kamu bisa buka beberapa tab aplikasi Mail lain.

Akhirnya, Windows 10 Bakal Dilengkapi dengan Tab!

Sedangkan Web Tab, ini adalah tab Microsoft Edge yang tertanam juga di aplikasi UWP. Jadi kamu bisa browsing langsung dari dalam tab aplikasi tersebut tanpa harus membuka browser Microsoft Edge secara terpisah.

Akhirnya, Windows 10 Bakal Dilengkapi dengan Tab!

Secara tampilan dan experience, tab di aplikasi UWP Windows 10 ini sama persis seperti yang ada di Microsoft Edge. Kamu tinggal tekan tanda + untuk membuat tab baru, dan bisa berpindah dari satu tab ke tab lain melalui shortcut CTRL + Tab. Untuk menambah tab aplikasi, tinggal tekan CTRL saja saat membuka aplikasi.

Belum ada kejelasan apakah fitur tab juga akan dihadirkan Microsoft ke aplikasi desktop (software klasik). Jika hanya terbatas di aplikasi UWP saja, maka fitur tab ini tidak akan bisa kamu nikmati di File Explorer maupun aplikasi desktop lainnya.

Tetapi melihat bagaimana Microsoft melihat UWP sebagai masa depan bagi Windows 10, WinPoin yakin File Explorer pun nantinya akan diubah menjadi UWP, sama seperti aplikasi bawaan Microsoft lain seperti Calculator, Maps, People, bahkan juga browsed Edge yang juga berupa UWP.

Punya tanggapan atas hadirnya fitur tab ke Windows 10 ini? Sampaikan saja di kolom komentar.

via walkingcat (twitter)

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.